Sukses

Respons Pelatih Argentina Tanggapi Lionel Messi Enggan Tampil di Piala Dunia 2026

Lionel Messi menegaskan tidak akan main di Piala Dunia 2026. Bagaimana reaksi pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni?

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi kembali menegaskan bahwa dirinya tidak akan bermain di Piala Dunia 2026. Dia mengaku sudah puas dengan torehannya bersama Timnas Argentina.

Messi sukses melengkapi trofinya bersama Tim Tango usai meraih juara Piala Dunia yang sudah lama ia dambakan.

La Pulga membawa Argentina menjadi juara di Piala Dunia 2022 Qatar. Gelar tersebut melengkapi trofi Copa America bagi Argentina yang mereka raih pada 2021 lalu.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak berpikir akan main di Piala Dunia berikutnya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, namun saya tidak mengubah pikiran saya. Saya ingin berada di sana untuk menonton, tetapi saya tidak akan berpartisipasi," ujar kata Lionel Messi.

"Setelah mendapat Piala Dunia yang sebelumnya saya lewatkan, saya puas dan bersyukur atas karir yang saya miliki. Itu yang terpenting bagi saya. Saya pikir itu adalah Piala Dunia terakhir saya," jelasnya.

Messi yang kini berusia 35 tahun masih terus melanjutkan kariernya dan belum berpikir untuk pensiun. di Piala Dunia edisi selanjutnya pada 2026, Messi bakal berusia 39 tahun.

Pemain anyar Inter Miami itu kini telah mengemas 174 penampilan untuk Argentina dengan sumbangan 102 gol.

Selain Piala Dunia 2022 dan Copa America, Messi juga telah membawa Argentina berprestasi di berbagai ajang.

Di antaranya adalah FIFA World Youth Championship 2005. Messi memenangkan Piala Dunia FIFA U-20 pada tahun 2005 setelah mengalahkan Nigeria 2-1 di final.

Messi mencetak kedua gol untuk Argentina dalam permainan untuk membantu memenangkan Piala Dunia U-20.

Kemudian, Summer Olympics 2008 (Argentina U23) Messi memenangkan medali emas bersama tim Argentina U23 di Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing setelah mengalahkan Nigeria 1-0 di final kompetisi.

Messi juga membawa Argentina juara CONMEBOL-UEFA Cup of Champions 2022 Argentina yang dipimpin Messi memenangkan gelar CONMEBOL-UEFA Cup of Champions kedua berturut-turut setelah mengalahkan Italia 3-0 di final yang diadakan di Stadion Wembley.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Lionel Scaloni

Lantas, bagaimana reaksi pelatih Argentina terkait keputusan Messi tidak akan main di Piala Dunia 2026?

Juru taktik berusia 45 tahun itu menghargai keputusan sang pemain, meskipun dia yakin bahwa Messi masih bisa bermain hingga berusia 39 tahun.

“Saya pikir sangat bijaksana datang dari seseorang yang tidak menjual rokok dan tidak berbohong. Kenyataannya adalah dia akan melihat dan berdasarkan bagaimana dia menemukan dirinya, kita akan memutuskan dan itu adalah hal yang logis untuk dilakukan," kata Scaloni.

“Masih banyak yang harus dilakukan sehingga tidak masuk akal untuk berpikir lebih dari itu. Dia sangat blak-blakan, dia mengatakan itu dan menurut saya itu sangat logis. Seiring berjalannya waktu, kita akan melihat apakah dia baik-baik saja dan apakah dia mau, yang merupakan hal yang penting. “Dia tahu cara bermain sepak bola hari ini dan dalam waktu sepuluh tahun, itu sudah jelas," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Senang jika Messi Merasa Senang

Scaloni juga berbicara tentang keputusan Messi untuk bergabung dengan Inter Miami. Dia mengaku senang Messi telah memutuskan masa depannya. Baginya, sebuah kesenangan jika melihat sang pemain bersenang-senang.

“Saya senang dia telah memutuskan untuk pergi dan bermain untuk klub dan di kota yang akan memperlakukannya dengan luar biasa. Dia akan baik-baik saja dan bahagia bermain sepak bola, yang kita semua inginkan, terlepas dari liga atau negaranya.

“Yang penting dia merasa baik dan di sana dia akan memiliki kondisi untuk bersenang-senang. Itulah intinya, dia telah mendapatkannya dan dia pantas mendapatkannya.

4 dari 4 halaman

Batal ke Indonesia

Lionel Messi saat ini sedang berada di China untuk membela Argentina dalam laga FIFA Matchday menghadapi Australia, Kamis (15/6/2023) besok.

Selanjutnya, Argentina dijadwalkan akan menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Senin (19/6/2023) mendatang.

Sayangnya, kabar terakhir mengklaim bahwa Messi takkan ikut dalam rombongan skuad Argentina yang terbang ke Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.