Sukses

Fran Garcia Kembali ke Real Madrid, Kenakan Nomor Punggung Lama Vinicius Jr

Pemain yang biasa mengisi pos bek kiri itu diperkenalkan sebagai pengguna nomor punggung 20 terbaru setelah Vinicius Junior diumumkan akan menggunakan nomor tujuh mulai musim depan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang sangka pemain yang pertama didatangkan oleh Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini adalah mantan pemainnya sendiri, yakni Fran Garcia.

Pemain yang biasa mengisi pos bek kiri itu diperkenalkan sebagai pengguna nomor punggung 20 terbaru setelah Vinicius Junior diumumkan akan menggunakan nomor tujuh mulai musim depan.

“Saya merasa bangga. Saya tiba di sini pada usia 13 tahun dan saya sangat senang berada di sini. Saya selalu mengatakannya: impian saya adalah untuk kembali. Real Madrid adalah rumah saya dan saya sangat senang,” ujar Fran Garcia dalam upacara presentasi dirinya seperti dilansir dari situs resmi Real Madrid.

Pemain dengan nama lengkap Francisco Jose Garcia Torres itu sendiri memang merupakan jebolan akademi Real Madrid.

Garcia mendapatkan debutnya bersama tim senior pada 6 Desember 2018, di mana ia masuk sebagai pemain pengganti Dani Carvajal pada babak kedua dalam kemenangan 6-1 Madrid atas UD Melilla dalam kompetisi Copa del Rey

Sejak itu, ia tidak pernah mendapat kesempatan karena di posisi bek kiri masih ada Marcelo dan Ferland Mendy hingga akhirnya ia dipinjamkan ke Rayo Vallecano pada tahun 2020 dan dipermanenkan setahun kemudian.

Ia menghabiskan tiga tahun di Rayo Vallecano dan mencatatkan 122 penampilan di semua kompetisi, serta mengoleksi lima gol dan delapan assist.

Melihat rekor impresifnya di Vallecano, Madrid pun mengaktifkan klausul pembelian kembali sebesar 5 juta euro yang membuat Garcia kembali pulang ke Santiago Bernabeu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persaingan Bek Kiri Semakin Ketat

Adapun dengan kehadiran Fran Garcia di skuad Carlo Ancelotti musim depan tentunya akan semakin memperkuat lini pertahanan Real Madrid. Selain itu, ia juga akan memberikan persaingan yang lebih besar bagi pemain yang juga mengisi posisi bek kiri seperti Ferland Mendy.

Mendy sendiri sepanjang musim 2022/2023 cukup terganggu performanya akibat cedera otot yang dialaminya. Total ia telah melewatkan 23 pertandingan karena harus melakukan pemulihan cedera.

Oleh karena itu, Eduardo Camavinga yang aslinya berposisi sebagai gelandang pun kerap diturunkan sebagai bek kiri untuk mengisi kekosongan yang ditinggal oleh bek berkebangsaan Prancis tersebut.

Namun, dengan hadirnya sosok bek kiri murni seperti Garcia, Camavinga tidak perlu lagi turun sebagai bek kiri jika Mendy tidak dapat dimainkan.

Begitu juga dengan Mendy yang jelas akan mendapatkan persaingan yang lebih ketat untuk memperebutkan tempat utama di dalam skuad dengan Garcia.

3 dari 4 halaman

Tidak Ingin Berkompetisi

Meski jelas akan bersaing langsung dengan Ferland Mendy untuk tempat di tim utama, Fran Garcia mengakui jika dirinya tidak ingin bersaing dengan siapa-siapa. Pemain berusia 23 tahun itu menegaskan jika kehadirannya di skuad Los Blancos adalah untuk menambah kekuatan tim guna meraih kemenangan.

“Ferland [Mendy] adalah pemain yang luar biasa, ia telah menunjukkan itu selama waktunya di Madrid. Saya di sini untuk melakukan hal-hal hebat di klub. Saya di sini bukan untuk bersaing dengan siapa pun, saya di sini untuk menambah [kekuatan] tim dan kebenarannya adalah bisa datang ke sini adalah mimpi yang luar biasa,”

4 dari 4 halaman

Langsung Dipanggil Timnas Spanyol

Baru saja Fran Garcia diumumkan sebagai rekrutan teranyar Real Madrid, ia langsung disebutkan dalam skuad Timnas Spanyol Luis de la Fuente yang berisikan 23 pemain. Skuad tersebut akan dibawa untuk tampil dalam semifinal UEFA Nations League menghadapi Italia pada Jumat (16/6/2023) mendatang.

Ini merupakan yang pertama kalinya Garcia masuk ke dalam skuad senior Timnas Spanyol, dengan sebelumnya ia hanya bermain untuk negaranya di level junior. Pemain kelahiran 1999 ini akan menggantikan Juan Bernat di posisi bek kiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.