Sukses

Witan Sulaeman dan Rizky Ridho Terlambat Dilepas ke Timnas Indonesia, Begini Alasan Persija Jakarta

Witan Sulaeman dan Rizky Ridho akhirnya sudah dilepas untuk menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Surabaya jelang melakoni ajang FIFA Matchday Juni 2023. Pihak klub pun mengungkap alasan Macan Kemayoran tak segera mengirim dua penggawanya untuk mengikuti persiapan bersama Skuad Garuda

Liputan6.com, Jakarta Witan Sulaeman dan Rizky Ridho akhirnya sudah dilepas untuk menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Surabaya jelang melakoni ajang FIFA Matchday Juni 2023.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Persija Jakarta selaku klub yang menaungi kedua pemain. Melalui pernyataan di situs resminya, Macan Kemayoran memastikan pihaknya sudah mengirim Witan dan Ridho ke Kota Pahlawan pada Minggu (11/6/2023).

Seperti diketahui, Skuad Garuda memang tengah menggembleng persiapan sebelum tampil dalam laga uji coba pertengahan bulan ini. Tim Merah Putih bakal bersua dengan dua negara yang ranking FIFA-nya lebih tinggi, yakni Palestina dan Argentina.

Adapun duel melawan Al Fida’i dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (14/6/2023). Sementara itu, laga kontra sang juara Piala Dunia akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023) mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun telah memanggil 26 penggawa untuk mengikuti pemusatan latihan di Surabaya sejak awal pekan lalu. Sayangnya, sesi tersebut sempat menemui sedikit hambatan ada beberapa penggawa yang terlambat bergabung.

Pemain abroad yakni Jordi Amat, Pratama Arhan, Shaynme Pattynama, dan Asnawi Mangkualam memang tak bisa langsung menyusul Skuad Garuda lantaran masih terikat kewajiban bersama klubnya di luar negeri.

Tiga penggawa PSM Makassar: Reza Arya Pratama, Yakib Sayuri, serta Yance Sayuri juga harus meminta kompensasi karena harus memperkuat PSM Makassar di play-off Liga Champions Asia melawan Bali United beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dua nama lain yakni Rizky Ridho dan Witan Sulaeman sempat tertahan di Persija Jakarta. Pihak klub tak segera melepas kedua penggawa, meski Macan Kemayoran sejatinya sedang sudah tidak menjalani kompetisi resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Persija Jakarta Terlambat Lepas Pemain

Presiden klub Persija Jakarta, Mohamad Prapanca, pun mengungkap alasan pihaknya menunda waktu untuk mengirim Rizky Ridho dan Witan Sulaeman ke pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Surabaya.

Ia mengeklaim duo penggawa harus lebih dulu menjalani tes medis dan fisik bersama Macan Kemayoran usai menikmati liburan pasca kemenangan di SEA Games 2023 Kamboja.

“Witan dan Ridho harus menjalani tes medis dan fisik lebih dulu bersama Persija. Pekan ini (5-10 Juni 2023) waktu yang ideal untuk menjalani rangkaian tes tersebut. Sebab, keduanya baru saja menjalani libur pasca-SEA Games 2023,” papar dia.

“sedangkan Liga 1 2023/2024 akan dimulai sekitar tiga pekan lagi. Jadi, mereka baru bisa bergabung dengan Timnas pada akhir pekan ini,” sambung Prapanca seperti dilansir dari unggahan di situs resmi Persija Jakarta pada Sabtu (10/6/2023).

3 dari 4 halaman

Harapan Persija Jakarta untuk Timnas Indonesia

Meski terlambat melepas penggawa, Macan Kemayoran menyadari pentingnya FIFA Matchday bagi Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, mereka berharap kehadiran Witan dan Rizky dapat memberi kontribusi bagi Skuad Garuda saat melawan Palestina dan Argentina.

“Kami berharap Witan dan Ridho dapat memberikan kontribusi besar untuk Timnas. Kami tahu dua laga uji coba itu sangat penting untuk Indonesia,” ujar Prapanca.

“Di sisi lain, mereka pun harus mengambil pelajaran dari laga vs Palestina dan Argentina yang notabene memiliki ranking FIFA yang lebih tinggi dari Indonesia,” katanya lagi.

4 dari 4 halaman

Jadwal FIFA Matchday Timnas Indonesia Juni 2023

Rabu, 14 Juni 2023

Timnas Indonesia vs Palestina

Waktu: 19.30 WIB

Lokasi: Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Senin, 19 Juni 2023

Timnas Indonesia vs Argentina

Waktu: 19.30 WIB

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.