Sukses

Akhir Penantian 13 Tahun Sheikh Mansour Bawa Manchester City Juara Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Manchester City berhasil mengukir sejarah usai merebut juara Liga Champions pertama kalinya. Keberhasilan ini diraih usai Man City menang 1-0 atas Inter Milan pada laga final Liga Champions yang berlangsung di stadion Ataturk Olympic Stadium, Minggu (11/6/2023).

Rodri menjadi pahlawan usai mencetak gol di menit ke-68. Ini sekaligus menjadi satu-satunya gol karena Inter Milan yang tidak tampil buruk gagal menyamakan skor.

Keberhasilan ini juga melengkapi kesuksesan Manchester City musim ini. Sebelumnya, Man City juga menjadi juara Liga Inggris dan Piala FA.

Ini juga menjadi akhir penantian pemilik Manchester City, Sheikh Mansour. Sejak mengambil alih Man City 2010 lalu, dia sudah menunggu selama 13 tahun untuk melihat klub berkostum biru muda ini menjadi juara Liga Champions.

Investasi triliunan sudah digelontorkan oleh miliuner asal Uni Emirat Arab itu. Tak hanya juara Liga Champions, Manchester City bahkan meraih treble winners.

Man City dan Inter Milan sama-sama menurunkan pemain terbaik. City menampilkan Manuel Akanji sebagai starter ketimbang Kyle Walker.

Man City sudah mendapatkan peluang di menit ke-6. Namun tembakan Bernardo Silva masih melebar dari sasaran.

Babak 1 final Liga Champions ditandai dengan cederanya Kevin de Bruyne. Bintang asal Belgia ini harus keluar dan digantikan Phil Foden. Hingga babak pertama berakhir skor tetap 0-0.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak 2 Final Liga Champions Man City vs Inter Milan

 

Inter Milan mendapatkan peluang emas di menit ke-58. Akanji lengah karena membiarkan bola lolos dan Lautaro Martinez berhadapan langsung dengan Ederson.

Namun striker Inter asal Argentina itu tak bisa melewati Ederson. Tembakannya masih bisa ditepis kiper asal Argentina itu.

Momen yang dinanti tiba. Lewat serangan cepat, Man City berhasil unggul 1-0 usai Rodri cetak gol. Dia manfaatkan bola muntah tendangan Bernardo Silva.

Kesialan menaungi Inter Milan di laga ini. Federico Dimarco harusnya cetak go penyeimbang di menit ke-70. Namun sundulannya mengenai kaki Romelu Lukaku.

Hingga pertandingan berakhir, Inter Milan tak bisa samakan skor. Man City menjadi juara meski jumlah tembakan ke arah gawang kalah dari Manchester City.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

 

MANCHESTER CITY (3-2-4-1): Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; John Stones, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, Jack Grealish; Erling Haaland

INTER (3-5-2): Andre Onana; Matteo Darmian, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfries, Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Hakan Calhanoglu, Federico Dimarco; Edin Dzeko, Lautaro Martinez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.