Sukses

Gol Cantik Rodri Bawa Manchester City Juara Liga Champions untuk Pertama Kalinya

Liputan6.com, Jakarta- Manchester City untuk pertama kalinya berhasil menjadi juara Liga Champions. The Citizens menjadi yang terbaik di musim 2022/2023 setelah menang 1-0 atas Inter Milan pada final yang berlangsung di Ataturk Olympic Stadium, Turki, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Meski kurang diunggulkan di final kali ini, Inter Milan mampu lebih banyak menekan Manchester City di 15 menit awal pertandingan. City baru bisa mendapat peluang emas pertama pada menit 26.

Penyerang Erling Haaland lepas dari jebakan off-side. Namun bola masih bisa dimentahkan kiper Inter Milan Andre Onana.

City kembali mendapat peluang dua menit kemudian. Kali ini tembakan Kevin de Bruyne yang membentur Hakan Calhanoglu masih tepat ke arah Onana.

Malapetaka menimpa City pada menit 36. Kevin de Bruyne mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Pemain asal Belgia itu terpaksa digantikan oleh Phil Foden.

City masih memegang kendali permainan meski De Bruyne sudah tidak bermain. Namun pasukan Josep Guardiola begitu kesulitan menciptakan peluang. Skor kacamata menutup babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Final Liga Champions Manchester City vs Inter Milan

Inter hampir mencuri gol di menit 57 akibat kesalahan bek Manuel Akanji. Lautaro Martinez menyia-nyiakan peluang ini. Martinez tak memberikan umpan tarik dan memilih menembak langsung. Namun bola masih bisa dibendung kiper Ederson Moraes.

Kegagalan Lautaro ini harus dibayar mahal. Pada menit 68 justru Manchester City yang bisa memecah kebuntuan. Rodri mencetak gol setelah menyambar umpan silang Bernardo Silva yang membentur pemain Inter. Sepakan indah Rodri membuat Onana terpana.

Inter hampir langsung bisa membalas gol ini. Sayangnya sundulan Federico Dimarco masih membentur mistar gawang. Bola muntah coba disambar Dimarco dengan sundulan, sial bagi Inter karena bola malah mengenai kaki striker mereka Romelu Lukaku.

City nyaris menambah gol di menit 77. Phil Foden melakukan gerakan cantik di depan kotak penalti Inter. Sayangnya sepakan Foden masih lemah sehingga mudah ditangkap oleh Onana.

Lukaku lagi-lagi membuat kesal fans Inter Milan. Pria Belgia itu membuang peluang emas untuk menyamakan skor di menit 88. Sundulan Lukaku dimulut gawang City masih bisa dimentahkan oleh Ederson. Skor 1-0 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit. City pun juara Liga Champions musim ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Manchester City vs Inter Milan

City: Ederson, Akanji, Dias, Ake, Stones (Walker 82'), Rodri, Silva, De Bruyne (Foden 35'), Gundogan, Grealish, Haaland.

Inter Milan: Onana; Darmian (D'Ambrosio 84'), Acerbi, Bastoni (Gosens 76'); Dumfries (Bellanova (76'), Barella, Brozovic, Çalhanoglu (Mkhitaryan 84'), Dimarco; Dzeko (Lukaku 55'), Lautaro Martínez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini