Sukses

Jelang Final Liga Champions, Intip Rekor Manchester City vs Klub Italia

Inter Milan adalah klub Liga Italia Serie A keenam yang Manchester City hadapi pada pentas regional.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City bertemu Inter Milan pada partai puncak Liga Champions 2022/2023 di Ataturk, Minggu (11/6/2023) dini hari pukul 02.00 WIB. Pecinta sepak bola Tanah Air bisa menyaksikan pertandingan melalui SCTV atau streaming Vidio.

Final Liga Champions nanti jadi pertemuan resmi pertama sepanjang sejarah kedua klub. Man City dan Inter sebelumnya sudah bertarung dua kali pada laga bertajuk persahabatan. 

Masing-masing meraih kemenangan 3-0. Inter Milan terlebih dahulu mencapainya pada Juli 2010, dengan Manchester City membalas setahun berselang.

Baru mencuat sebagai klub super sekitar satu setengah dekade terakhir, Manchester City memang tidak memiliki banyak pengalaman melawan wakil Italia. I Nerazzurri adalah klub Serie A keenam yang mereka tantang pada pentas regional. 

Keseluruhan kinerja The Citizens kontra wakil Italia tergolong bagus. Berikut rapor lengkap Man City vs klub Italia: 

 Lawan  Main  Menang  Imbang  Kalah  Gol
 AC Milan  2  1    1    0  5-2
 AS Roma   2  1   1   0   3-1
 Atalanta   2  1  1   0   6-2 
 Juventus   6   1   2   3   4-7 
 Napoli   4  2   1   1   8-6
 TOTAL  16  6  6  4  26-18

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Pertemuan Inggris vs Italia di Final Liga Champions

Jika melihat asal kedua klub, duel Man City vs Inter Milan merupakan pertemuan kelima Inggris kontra Italia pada partai puncak kompetisi. Wakil Inggris pada empat kesempatan sebelumnya seluruhnya diwakili Liverpool.

The Reds meladeni AS Roma, Juventus, dan AC Milan (2) pada perebutan gelar. Klub Merseyside itu memetik dua kemenangan atas Roma dan Milan.

Kedua tim juga sama-sama memburu gelar ketiga pada musim ini. Manchester City baru saja memenangkan Piala FA untuk melengkapi titel Liga Inggris.

Inter Milan juga memburu status treble winners, meski gengsinya sedikit di bawah. Pasalnya, I Nerazzurri gagal menjuarai Serie A. Namun, mereka sudah menguasai Coppa Italia dan Piala Super Italia.

3 dari 3 halaman

Sepak Terjang Man City di Liga Champions Musim Ini

Setelah menjadi klub super berkat kehadiran Sheikh Mansour, ini adalah kali kedua The Citizens mencapai pertandingan penutup kompetisi. Sebelumnya mereka harus mengakui keunggulan Chelsea pada edisi 2021.

Walau belum pernah merebut gelar, Manchester City kerap masuk daftar favorit dengan skuad penuh bintang dan keberadaan manajer jenius Pep Guardiola. Pembelian Erling Haaland musim panas lalu pun membantu tim melengkapi kekurangan yang ada.

Hasilnya terlihat pada perjalanan mereka musim ini. Kevin De Bruyne dan kawan-kawan tanpa kesulitan mengatasi rival untuk memuncaki Grup G. 

Mereka lalu berturut-turut menggilas RB Leipzig, Bayern Munchen, dan Real Madrid di babak gugur setelah meraih kemenangan besar pada satu leg.

Haaland memainkan peran besar di balik kinerja tersebut lewat torehan 12 gol hingga memuncaki daftar top skor sementara Liga Champions musim ini.

Berbekal performa tersebut, Man City pun kembali diunggulkan untuk mengatasi Inter Milan pada partai pamungkas nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.