Sukses

Borussia Monchengladbach Buka Akademi Sepak Bola di Indonesia, CSR Perusahaan Diminta Sediakan Beasiswa untuk Talenta Berbakat

Borussia Monchengladbach mengikuti jejak klub-klub Eropa lainnya seperti Arsenal, Liverpoo, Ajax, dan Chelsea membuka akademi sepak bola di Indonesia. CSR Perusahaan diminta sediakan beasiswa anak-anak muda berbakat di Indonesia untuk disekolahkan di akademi sepak bola internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Borussia Monchengladbach resmi mendirikan Borussia Academy di Indonesia. Peluncuran akademi ini digelar di Deutsche Schule Jakarta, BSD City, Tangerang Selatan, Sabtu (3/6/2023).

Borussia Academy hadir mengikuti jejak klub-klub Eropa lainnya, seperti Arsenal, Liverpool, AFC Ajax, Chelsea, hingga La Liga yang telah lebih dulu mendirikan akademi di Indonesia

M. Qodari mengapresiasi pembukaan Borussia Monchengladbach Academy Indonesia. Menurut direktur eksekutif Indo Barometer tersebut, kehadiran akademi sepak bola internasional di Indonesia berpotensi mencetak pemain berkualitas yang dapat memperkuat skuad Garuda di masa depan.

Untuk itu, Qodari mendorong agar perusahaan swasta bisa mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) bagi pengembangan sepak bola Indonesia. Dana itu dalam bentuk beasiswa kepada anak-anak muda berbakat di seluruh Indonesia untuk disekolahkan di klub-klub atau akademi sepak bola internasional demi mengasah talenta muda dan pembinaan usia dini.

"Perusahaan memberikan CSR berupa beasiswa sepak bola di klub-klub sepak bola, di sekolah sepak bola internasional kepada bakat-bakat muda di daerah," kata Qodari kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sepak Bola Banyak Dimainkan dan Digemari di Indonesia

Menurut Qodari, beasiswa itu diberikan mengingat sepak bola adalah cabang olahraga yang banyak dimainkan dan digemari oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Tidak hanya di kota, melainkan juga sampai ke pelosok daerah.

Qodari menilai, talenta-talenta muda berbakat juga banyak lahir dari daerah-daerah yang notabenenya berasal dari kalangan menengah ke bawah. Sehingga harus dijaring dan dibantu pengembangan bakatnya di tempat yang tepat.

"Banyak juga pemain muda Indonesia yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, oleh sebab itu beasiswa CSR dari perusahaan menjadi salah satu pendorong pengembangan bakat-bakat muda," ucap Qodari

Dengan ditempa dan dilatih di akademi sepak bola internasional, lanjutnya, diharapkan pembinaan bibit-bibit muda memiliki standar kualitas yang tidak hanya level nasional namun juga tingkat internasional. Sehingga ada kesempatan direkrut oleh klub top Eropa.

"Ini kesempatan emas bagi pemain muda kita untuk disekolahkan salah satunya di situ. Dilatih dan dibina oleh pelatih berasal dari Jerman langsung," ujarnya.

Lebih lanjut Qodari menerangkan, berkaca dari peserta Piala Dunia 2022 di Qatar, setidaknya salah satu variabel yang bisa membuat sepak bola suatu negara itu bisa bersaing pada tingkat global adalah pemain Indonesia harus merumput di liga top Eropa dan Asia.

"Pemain Indonesia harus bisa berkarier dan bermain di liga utama Eropa. Argumentasi untuk menunjang variabel ini itu bisa dilihat dari Tim Nasional Jepang misalnya yang mengalahkan Jerman, 26 pemain Timnas Jepang yang didaftarkan Piala Dunia 2022 itu ada 8 pemain yang berkarier di liga utamanya Jerman," paparnya.

"Profesionalitas dan kualitas permainan liga terbaik dapat meningkatkan kemampuan pemain, mental dan juga pengalaman, seperti yang dilakukan Jepang, Korsel, Iran dan Australia." imbuh Qodari.

 

3 dari 3 halaman

Filosofi Sepak Bola Jerman

Sementara itu, Co-Founder Borussia Academy Indonesia Saras Desch mengatakan bahwa akademi ini akan menerapkan filosofi sepak bola Jerman. Borussia Monchengladbach Academy Indonesia bakal memulai pelatihan pada 12 Juni 2023.

"Borussia Academy Indonesia akhirnya akan mulai kita start 12 Juni bertempat di sekolah Jerman Jakarta di kawasan BSD dan nanti ke depannya mungkin kita akan melihat bibit-bibit anak-anak Indonesia mudah-mudahan kita bisa kirim juga untuk trial untuk kita bisa kirimkan ke klub Borussia Monchengladbach," kata Saras Desch.

Kehadiran akademi ini membuat anak-anak Indonesia bisa bermimpi tampil di Eropa. Saras menegaskan nantinya ada kesempatan untuk seleksi bersama Gladbach.

"Nanti ke depannya mungkin kami akan melihat anak-anak Indonesia, mudah-mudahan bisa dikirim untuk seleksi ke Borussia Monchengladbach. Yang membedakan adalah filosofi semua anak bisa bermain sepak bola," tutur Saras Dech.

"Mudah-mudahan ke depannya dan di sini kita juga di Indonesia membuka kesempatan untuk segala pihak semua pihak untuk bekerjasama dengan kami untuk membangun bagaimana kepelatihan di Indonesia membina anak-anak Indonesia begitu," pungkas Saras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.