Sukses

Bola Ganjil: Derby di Liga Champions, Real Madrid Paling Sering

Derby dalam sepak bola menghadirkan pertandingan dua tim dengan kedekatan geografis, biasanya kota. Tapi dalam kompetisi regional, lingkup laga tersebut meluas menjadi duel satu negara.

Liputan6.com, Jakarta - Derby dalam sepak bola menghadirkan pertandingan dua tim dengan kedekatan geografis, biasanya kota. Tapi dalam kompetisi regional, lingkup laga tersebut meluas menjadi duel satu negara.

Liga Champions sudah menghadirkan banyak derby, terutama setelah kompetisi mengizinkan kehadiran empat klub pada 1999/2000.

Ajang musim ini juga sudah menghadirkan dua duel klub sedaerah. AC Milan menghadapi Napoli pada perempat final. Usai melewat I Partenopei, Milan kembali meladeni wakil Serie A lainnya yakni Inter.

Ini adalah Derby della Madonnina ketiga sepanjang sejarah di turnamen. Pada 2003, Milan mengungguli Inter berkat peraturan gol tandang dalam agregat setara. Kemenangan itu membawa mereka ke final melawan klub Italia berikutnya yakni Juventus.

Dua tahun berselang, duo Kota Mode itu terlibat duel yang dikenang karena kericuhan suporter. Milan ditetapkan sebagai pemenang karena aksi suporter Inter yang melempar suar ke lapangan sehingga mengenai kiper Dida.

Meski terlihat sering, Milan nyatanya bukanlan klub yang paling sering menjalani derby di Liga Champions. Sebagai klub tersukses dengan 14 gelar, status itu jadi milik Real Madrid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Kali Derby di Final

Ketika masih belia dan menggunakan nama Piala Champions (1955/1956 hingga 1992/1993), hanya terjadi 10 derby di kompetisi. Laga spesial tersebut pertama kali hadir pada musim ketiga yakni 1957/1958.

Bertarung di perempat final, Real Madrid menunjukkan superioritas dan unggul 8-0 atas Sevilla pada pertemuan pertama. Laga kedua menghasilkan empat gol dan skor 2-2 sehingga Los Blancos melangkah ke babak berikut.

Real Madrid tercatat sudah menjalani 11 derby, tiga di antaranya pada final. Mereka melawan Valencia (1999/2000) dan Atletico Madrid (2013/2014 dan 2015/2016).

 

3 dari 3 halaman

Rivalitas Liverpool-Chelsea

Membuntuti Real Madrid adalah duo Inggris Liverpool dan Chelsea. Mereka berada di posisi dua setelah dipertemukan takdir dalam periode singkat.

Pada 2004/2005 hingga 2008/2009, dua tim itu tercatat bertemu enam kali. Kebetulan ini pun menempatkan Inggris sebagai negara asal berlangsungnya derby di kompetisi.

Sudah ada 16 pertemuan sesama tim Premier League di Liga Champions, mengungguli Spanyol (14) dan Jerman (7).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.