Sukses

18 Debutan Meriahkan Indonesia Offroad Expedition 2023

Sebanyak 73 kendaraan offroad super ekstrim, terdiri dari 54 kendaraan peserta akan ikut serta.

Liputan6.com, Jakarta- Petualangan bergengsi off-oad super ekstrim tahunan oleh klub off-road Indonesia Offroad eXpedition (IOX), yang diikuti oleh kendaraan 4x4, kembali digelar di tahun 2023 di Sumatera dengan nama IOX 2023 PALA (Pagar Alam – Lampung). Ajang ini sudah digelar sejak tahun 2012.

Sebanyak 73 kendaraan offroad super ekstrim, terdiri dari 54 kendaraan peserta, 13 kendaraan service car, dan 6 kendaraan official dengan total  234 personil dari berbagai Chapter IOX di seluruh Indonesia siap beraksi jelajahi Pagar Alam ke Lampung, pada 7-20 Mei 2023. 

Kepastian jumlah peserta ini disampaikan Alpian Maskoni SH, Ketua Panitia IOX 2023 PALA, sekaligus Walikota Pagar Alam, pada Press Conference IOX 2023 PALA di Vila MTQ , Pagar Alam, Jumat ini (5/5/2023).

Dari 54 peserta, terdapat 18 peserta baru yang merupakan calon anggota IOX. Dimana untuk bisa menjadi anggota IOX maka setiap calon anggota wajib mengikuti main event IOX dan berhasil finis. Bagi calon anggota IOX untuk bisa mengikuti main event diwajibkan mengikuti dan finish di event IOX lainnya.

Untuk IOX 2023 PALA terdapat 10 peserta berstatus calon anggota baru yang telah lolos dari IOX Friends & Challenge 2022 Jawa Barat dan 8 peserta dari IOX Ultimate Challenge 2022 Riau.

IOX 2023 PALA merupakan event tahunan, kelanjutan event IOX sebelumnya yaitu IOX 2012 Bukit Tinggi – Palembang, IOX 2013 Sabang – Medan, IOX 2014 Lahat – Monas, IOX 2015 Jakarta – Surabaya, IOX 2016 Jogja – Bali, IOX 2017 Kendari – Makasar, IOX 2019 Medan – Bukit Tinggi, IOX 2020 Maumere – Lombok, IOX 2021 Yogja – Malang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ujian untuk Peserta

Dalam IOX 2023 PALA ini, peserta akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraan dengan warna khas orange-nya, untuk menembus rute-rute super ekstrim di dua provinsi di Sumatera Selatan dan Lampung sekaligus menikmati wisata alam dan budayanya yang indah, jelas Alpian. IOX 2023 PALA direncanakan start dari kota Pagar Alam tanggal 7 Mei dan finish di kota Kalianda, Lampung tanggal 20 Mei 2023. Menurut Alpian, yang juga peserta IOX 2023 PALA, tujuan dari ekspedisi off-road IOX-2023 PALA ini, selain untuk menikmati alam dan budaya setempat juga memperkenalkan kota Pagar Alam sebagai satu satunya kota di dunia yang kebutuhan listriknya sepenuhnya dipenuhi dari Energi Baru Terbarukan. Dimana kebutuhan listrik Pagar Alam 7,8 MW dipenuhi dari PLTA dengan kapasitas 9,9 MW.

Untuk mendukung program Green Energy, IOX akan turut membantu program penanaman pohon yang akan menjaga keunikan kota Pagar Alam, yang telah sukses melepaskan diri dari ketergantungan energi fosil.

3 dari 4 halaman

689 Km

Perjalanan off-road super ekstrim sepanjang sekitar 689 Km dalam 14 hari perjalanan kali ini tidak lagi dipimpin oleh Syamsir Alam, tokoh offroader senior legendaris sekaligus salah satu pendiri Indonesia Off-road Federation (IOF), yang selalu memimpin event-event IOX sejak tahun 2012 yang telah wafat pada tahun 2022 lalu.

Menurut Sri Hascaryo atau Yoyok, Ketua Umum IOX, event IOX 2023 PALA menjadi momentum penting alih generasi dari almarhum Syamsir Alam kepada generasi penerus di IOX yang dikenal sebagai komunitas off-road adventure super ekstrim dengan durasi perjalanan panjang yang jarang di Indonesia.

Yoyok menjelaskan, IOX sempat kesulitan mencari sosok yang tepat untuk menggantikan peran almarhum Syamsir Alam, mengingat langkanya off-roader dengan kemampuan Master seperti almarhum Syamsir Alam. “Akhirnya seluruh pengurus IOX sepakat menunjuk Yudi Suganda menggantikan peran almarhum Syamsir Alam, untuk menjadi track master” kata Yoyok.

4 dari 4 halaman

Tolak Ukur

Yudi walau usia muda namun telah memiliki jam terbang off-road yang tinggi dan telah mengikuti event IOX sejak pertama kali diselenggarakan di tahun 2012. Yoyok dan Alpian bersyukur Yudi telah berhasil menyelesaikan survey dan menyiapkan track dengan standard IOX yaitu super ekstrim.

Tetap tingginya animo peserta yang tembus 50 peserta dengan total 73 kendaraan menjadi tolak ukur keyakinan peserta bahwa ciri khas almarhum Syamsir Alam yang telah menjadi warna IOX tidak akan luntur dengan tiadanya almarhum Syamsir Alam kata Yoyok.

Event IOX ini sendiri merupakan hasil kerjasama Klub IOX Pusat dengan IOX Chapter Pagar Alam serta IOF dan IMI Sumatera Selatan dan Lampung yang didukung oleh Pemkot Pagar Alam dan Kapolda Sumatera Selatan dan Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.