Sukses

Utak-Atik Peluang Lolos Real Madrid Vs Chelsea: Duel Langganan Liga Champions

Layaknya langganan, pertemuan kedua tim di fase gugur Liga Champions kali ini merupakan yang ketiga kalinya dalam tiga musim berturut-turut.

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid akan menjamu Chelsea dalam leg pertama babak semi final Liga Champions 2022/2023 di Santiago Bernabeu, Kamis (13/4/2023) pukul 02.00 WIB. Layaknya langganan, pertemuan kedua tim di fase gugur Liga Champions kali ini merupakan yang ketiga kalinya dalam tiga musim berturut-turut.

Dari kedua pertemuan sebelumnya, Chelsea-lah yang pertama kali memberikan pukulan kepada Real Madrid ketika bertemu di babak semi final musim 2020/2021, sebelum akhirnya gantian Los Blancos yang menaklukan tim asal London tersebut di babak perempat final musim lalu. Kedua tim juga berhasil keluar sebagai juara di dua musim terakhir tersebut.

Namun, untuk edisi kali ini nampaknya akan menjadi tugas yang cukup berat bagi pasukan Frank Lampard untuk dapat mengalahkan sang juara bertahan dan melaju ke babak berikutnya. Sebab Real Madrid tercatat baru menelan satu kekalahan dalam 10 laga terakhir di Liga Champions, dengan memenangkan tiga laga terakhir berturut-turut.

Apalagi ditambah dengan performa Mason Mount dan rekan-rekan sepanjang musim ini yang sedang menurun drastis di mana mereka sementara ini harus puas bertengger di urutan 11 klasemen Liga Inggris dan hanya meraih satu kemenangan dalam lima pertandingan liga terakhir (dua kalah dan dua imbang).

Kendati begitu, Chelsea memiliki rekor yang cukup baik ketika berhadapan dengan Real Madrid. Klub yang berbasis di Stamford Bridge itu hanya kalah sekali dalam tujuh pertemuannya dengan Los Blancos di panggung Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Terbaru

Serupa dengan yang dialami tim tamu, Real Madrid juga musim ini sedang inkonsisten di kompetisi domestik, khususnya La Liga. Meski skuad yang dibesut Carlo Ancelotti itu sementara ini ada di posisi kedua, tetapi mereka tertinggal cukup jauh dengan Barcelona di posisi pertama yang juga merupakan kandidat kuat juara liga musim ini.

Namun, seperti yang sudah kita lihat sebelum-sebelumnya, Real Madrid jauh lebih ganas ketika bermain di kompetisi Eropa. Terlihat dari rekor impresif di mana mereka hanya kalah sekali dalam 10 laga terakhir di Liga Champions (delapan menang dan satu imbang). Dan ketika bermain di fase gugur, Madrid selalu berhasil mencetak gol dalam 30 laga kandang terakhir mereka dengan total 69 gol (2,3 gol per laga).

Sementara dari sisi tim tamu, paling baru mereka baru saja dikalahkan oleh Wolverhampton Wanderers akhir pekan lalu yang memperpanjang rekor tanpa kemenangan menjadi empat laga beruntun. Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah sudah 323 menit Chelsea gagal mencetak gol di Liga Inggris. Meski begitu, The Blues hanya kalah dua kali dalam sembilan laga terakhir di fase gugur Liga Champions.

3 dari 4 halaman

Kabar Tim

Real Madrid nampaknya akan tampil dengan skuad yang hampir sempurna dengan hanya memiliki satu pemain yang tidak dapat tampil, yaitu Ferland Mendy yang masih dalam proses pemulihan dari cedera betis yang dideritanya bulan lalu. Pemain asal Perancis tersebut seharusnya menjadi satu-satunya pemain yang absen dari tim tuan rumah.

Sementara Chelsea sepertinya akan memiliki sejumlah nama yang harus absen dalam leg pertama babak semi final ini. Mason Mount sudah bisa kembali setelah skorsing Liga Champions, tetapi pemain berusia 24 tahun itu kabarnya diragukan tampil akibat masalah perut yang dialaminya. Armando Broja (cedera lutut) dan Cesar Azpilicueta (cedera kepala) juga tidak akan tampil karena masih dalam masa pemulihan.

4 dari 4 halaman

Madrid Unggul Jauh

Melansir dari Opta Analyst, berdasarkan kalkulasi yang dihitung menggunakan Opta supercomputer, Real Madrid dinilai memiliki persentase kemenangan yang jauh di atas Chelsea dengan angka sebesar 56,4 persen. Sementara tim tamu hanya memperoleh angka sebesar 20,1 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.