Sukses

Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Zainudin Amali Beri Update soal Naturalisasi 3 Pemain: Dua Oke, Satu Perlu Konfirmasi

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali memberi update informasi soal progres naturalisasi Justin Hubner, Ivan Jenner, dan Rafael Struick. Menurutnya, dua penggawa masih punya keinginan untuk lanjut menjadi WNI. Adapun satu nama lain, yakni Hubner, tengah dimintai konfirmasi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali memberi update informasi soal progres naturalisasi tiga pemain yang semula ditargetkan memperkuat Timnas Indonesia U-20 dalam ajang Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Terdapat tiga nama yang sebelumnya diproses untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Justin Hubner, Ivan Jenner, dan Rafael Struick. Tahapan naturalisasi trio pemain tersebut pun berjalan cukup lancar.

Hubner, Jenner, dan Struick sudah mengantongi persetujuan dalam rapat Komisi III dan Komisi X DPR. Usulan mereka juga sudah dibahas dalam rapat Paripurna DPR. Adapun menurut Amali, proses naturalisasi mereka saat ini sudah mencapai Sekretariat Negara (Setneg).

Sayangnya, baik Hubner, Jenner, dan Struick sudah dipastikan tidak bisa tampil dalam Piala Dunia U-20 2023. Timnas Indonesia kehilangan tiket mentas di ajang tersebut usai FIFA mencabut status Tanah Air sebagai tuan rumah beberapa waktu lalu.

Kondisi tersebut dikhawatirkan bakal berdampak pada keinginan para pemain untuk melanjutkan naturalisasi. Terkait hal ini, Zainudin Amali menjelaskan sebanyak dua penggawa masih punya keinginan untuk meneruskan tahapan. Sementara itu, satu nama lain yakni Justin Hubner tengah dimintai konfirmasi.

“Kan (dokumen) sudah di setneg, di istana sekarang. Pembahasan sudah, paripurna sudah, mana yang akan diloloskan lagi, kan kita belum tahu. Bbelum tentu juga tiga-tiganya kan,” tutur Amali saat ditemui awak media di GBK Arena, Senayan, Selasa (4/4/2023).

“Konfirmasinya (dari para pemain sendiri) sih oke, yang dua, ya. Yang satu (Justin) sedang dikonfirmasi lagi. Kan harus kita komunikasi lagi,” tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Main di Timnas Belanda U-20

Seperti diketahui, komitmen Justin Hubner untuk menyelesaikan proses naturalisasi dengan Indonesia memang masih menuai tanda tanya. Pasalnya, pesepak bola berusia 19 tahun itu baru saja memenuhi panggilan tampil bersama Timnas Belanda U-20.

Nama Hubner masuk dalam daftar skuad muda Oranje dalam laga uji coba melawan Timnas Prancis U-20 yang dihelat di Marbella Football Center, Sabtu (25/3/2023). Sang pemain bahkan dipercaya tampil sejak menit pertama dan tak tergantikan hingga akhir laga.

Padahal di saat yang sama, Hubner juga tengah menjalani proses naturalisasi agar bisa bergabung dengan skuad Garuda. Namanya bahkan turut disertakan Shin Tae-yong dalam daftar pemain untuk pemusatan latihan sebelum pencabutan status tuan rumah Indonesia.

3 dari 3 halaman

Harapan Shin Tae-yong

Adapun Shin Tae-yong- selaku pelatih Timnas Indonesia U-20, sebelumnya telah mengutarakan harapan terkait naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick.

Ia berharap trio pesepak bola tersebut masih mau melanjutkan komitmen menjadi WNI sebab jasa mereka diperlukan untuk memperkuat Skuad Garuda.

“Jujur, belum ada laporan apa-apa tentang pemain naturalisasi,” tutur Shin Tae-yong kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (1/4/2023) lalu.

“Akan tetapi. saya berharap tiga pemain ini tetap menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia,” tambah pelatih asal Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.