Sukses

Cari Pengganti Graham Potter, Chelsea Kembali Lirik Mauricio Pochettino?

Chelsea tengah berburu manajer baru usai pihaknya memutuskan berpisah dengan Graham Potter. Laporan mengeklaim nama Mauricio Pochettino masuk dalam daftar kandidat yang ingin diwawancarai The Blues.

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea tengah berburu manajer baru. Klub berjuluk The Blues itu konon berencana mewawancarai lima kandidat untuk menggantikan posisi Graham Potter yang baru saja didepak dari kursi kepelatihan Stamford Bridge.

Laporan Metro mengeklaim Mauricio Pochettino menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan oleh sang raksasa Premier League.

Seperti diketahui, The Blues baru saja mengakhiri masa kerja Potter. Ahli takti yang baru dikontrak tujuh bulan lalu sebagai suksesor Thomas Tuchel itu harus kehilangan pekerjaan lantaran gagal mengantar Chelsea tampil menjanjikan.

Di bawah kepemimpinan Graham Potter, Enzo Fernandez dan kawan-kawan hanya mampu menempati peringkat 11 klasemen sementara Premier League dengan torehan 38 poin dari 28 pertandingan.

The Blues juga gagal memetik kemenangan dalam dua laga terakhirnya di Liga Inggris. Teranyar, Chelsea dipaksa tunduk oleh Aston Villa di kandang sendiri. Mereka takluk 0-2 usai jaring Kepa Arrizabalaga dibobol oleh Ollie Watkins dan John McGinn.

Catatan tersebut membuat The Blues langsung ambil sikap. Melalui keterangan dalam situs resminya, Chelsea mengumumkan pemecatan Potter dari Stamford Bridge.

"Chelsea FC mengumumkan bahwa Graham Potter telah meninggalkan klub. Graham sepakat dirinya akan berkolaborasi dengan pihak klub demi memfasilitasi transisi yang lancar," tulis The Blues pada Senin (3/4/2023).

"Selama waktunya di klub, Graham telah mengantar kami lolos ke perempat final Liga Champions, di mana kami akan berhadapan dengan Real Madrid. Chelsea ingin menyampaikan terima kasih kepada Graham atas semua upaya dan kontribusinya, serta mendoakan yang terbaik untuk masa depannya," sambung mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Chelsea Berburu Pelatih Baru

Chelsea pun langsung bergerak cepat untuk berburu pelatih baru. Menurut laporan The Telegraph, Direktur Olahraga Laurence Stewart dan Paul Winstanley yang ditugaskan menangani proses rekrutmen Chelsea tengah bersiap mewawancarai sejumlah kandidat.

Salah satu nama yang muncul ialah Mauricio Pochettino. Eks pelatih Paris Saint-Germain (PSG) itu sejatinya pernah dikaitkan dengan kursi panas Stamford Bridge pasca pemecatan manajer Thomas Tuchel beberapa waktu lalu.

Pemilik Chelsea Todd Boehly bahkan dikabarkan sempat mewawancarai juru taktik asal Argentina tersebut. Namun sayang, Pochettino kalah saing dari Graham Potter lantaran pihak klub lebih memilih meletakkan kepercayaan pada mantan pelatih Brighton.

3 dari 5 halaman

Calon Kandidat Lain

Nama lain yang juga santer dikabarkan masuk dalam daftar incaran Chelsea adalah Julian Nagelsmann. Pelatih berusia 35 tahun itu baru saja kehilangan pekerjaan di Bayern Munchen usai posisinya diambil alih oleh Tuchel.

Laporan mengeklaim Nagelsmann kini menjadi salah satu manajer yang dipandang tinggi di kancah sepak bola Eropa. Juru taktik asal Jerman pun kabarnya tertarik untuk berdiskusi dengan Chelsea terkait lowongan di Stamford Bridge.

Walau demikian, The Blues nampaknya harus menghadapi persaingan sengit jika ingin memboyong Nagelsmann ke London Barat. Pasalnya, mereka bukanlah satu-satunya klub yang menaruh hati pada sang pelatih.

Tottenham Hotspur juga dikabarkan berniat menyewa jasa eks manajer Bayern Munchen. Seperti diketahui, klub yang sementara ini bertengger di peringkat empat klasemen sementara Liga Inggris baru saja memutuskan berpisah dengan Antonio Conte.

4 dari 5 halaman

Kandidat Alternatif

Chelsea masih punya kandidat alternatif jika gagal mendaratkan Nagelsmann di Stamford Bridge. The Blues kabarnya berencana mewawancarai eks manajer Barcelona Luis Enrique, pelatih Napoli Luciano Spalletti, serta satu nama lagi yang belum diketahui.

Walau demikian, klub asal London Barat tak boleh lama-lama mengambil keputusan. Pasalnya, sejumlah klub raksasa mulai dari Tottenham hingga PSG dan Real Madrid diyakini bakal ikut meramaikan bursa manajer baru akhir musim ini.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.