Sukses

Dikepung Lawan Tangguh, Inggris Masih Pegang Kendali di Kualifikasi Euro 2024

The Three Lions semakin nyaman duduk di puncak grup C dengan enam poin, terpaut tiga poin dengan Italia di posisi kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris kembali rebut poin penuh dengan menekuk Ukraina 2-0 pada lanjutan Kualifikasi Euro 2024, Minggu (26/3/2023). Melalui gol yang disumbang Harry Kane (37’) dan Bukayo Saka (40’), The Three Lions semakin nyaman duduk di puncak grup C dengan enam poin, terpaut tiga poin dari Italia di posisi kedua.

Padahal, bagi pasukan Gareth Southgate grup C nampak seperti prospek yang menantang di atas kertas mengingat kehadiran sang juara bertahan Eropa; Italia, negara dengan peringkat tertingi di Pot 3; Ukraina, dan Makedonia Utara yang mengalahkan Italia di play off Piala Dunia tahun lalu.

Namun, Inggris tetap dapat merebut kemenangan yang impresif di Naples pada hari Jumat lalu kala menghadapi Italia. Kemudian dilanjut dengan kemenangan meyakinkan atas Ukraina di Wembley akhir pekan lalu. Meski memulai laga dengan lambat, anak asuh Southgate pada akhirnya mampu memecah kebuntuan melalui sentuhan Harry Kane yang diawali dengan umpan silang dari Bukayo Saka.

Inggris akan melanjutkan perjalanannya  pada bulan Juni nanti dalam matchday tiga dan empat Kualifikasi Euro 2024 ketika mereka bertemu Malta dan Makedonia Utara. Kedua duel tersebut merupakan peluang bagus bagi Harry Kane dan rekan-rekan untuk menutup musim dengan 12 poin yang akan menjadi modal besar untuk mengamankan salah satu dari dua spot teratas yang diperlukan untuk dapat terkualifikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Talenta Istimewa

Melalui satu gol dan satu assist yang dicetaknya dalam pertandingan melawan Ukraina, tidak bisa dipungkiri bahwa Bukayo Saka memiliki talenta yang istimewa di dalam dirinya. Umpan silang Saka membuka pertahanan skuad Ruslan Rotan yang sejak awal terorganisir dengan baik untuk akhirnya dikonversi oleh Harry Kane dan membuka keunggulan bagi Three Lions.

Pemain Arsenal tersebut juga mencetak gol fantastis dari luar lapangan yang bersarang di pojok atas gawang Anatoliy Trubin.

Saka merupakan bagian dari generasi muda Inggris yang diharapkan Southgate dapat menjadi kunci dalam usaha untuk meraih trofi pertamanya. Tidak hanya tampil gemilang ketika berseragam timnas Inggris saja, pemain berusia 21 tahun itu juga menjadi bagian penting bagi Arsenal yang hingga saat ini masih memimpin klasemen Liga Inggris. Sama seperti rekan senegaranya Marcus Rashford, Saka juga menunjukkan peningkatan performa yang signifikan setelah ajang Piala Dunia 2022 di Qatar.

3 dari 3 halaman

Awal yang Sempurna

Dengan hasil baik yang diperoleh anak asuhnya di dua laga pembuka Kualifikasi Euro 2024, nampaknya Gareth Southgate tidak dapat meminta awal yang lebih baik dari apa yang sudah diperoleh. Pasalnya, kedua pertandingan tersebut boleh jadi merupakan duel yang paling menguji ketimbang pertandingan lainnya yang menanti. Dan Inggris mampu mencuri poin maksimal dari Italia dan Ukraina.

Inggris saat ini jelas difavoritkan untuk dapat keluar sebagai pemuncak grup dan mengamankan tempat di Euro 2024. Mereka juga disebut-sebut sebagai salah satu di antara beberapa negara yang berpotensi untuk menjadi juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.