Sukses

Eks Real Madrid dan Arsenal Mesut Ozil Resmi Pensiun

Liputan6.com, Jakarta- Mantan pemain Real Madrid dan Arsenal Mesut Ozil memutuskan pensiun. Pria keturunan Turki tersebut mengumumkan langsung langkahnya mundur dari sepak bola profesional pada Rabu (22/3/2023) petang WIB.

"Setelah pertimbangan yang matang, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari sepak bola profesional," tulis Mesut Ozil di akun media sosialnya.

Ozil pensiun di usir 34 tahun. Keputusan gantung sepatu diambil Ozil setelah melihat kondisi fisiknya. Ozil merasa serangkaian cedera membuatnya sulit bersaing di level profesional lagi.

"Saya memiliki hak istimewa untuk menjadi pemain sepak bola profesional selama hampir 17 tahun sekarang dan saya merasa sangat berterima kasih atas kesempatan itu. Tetapi dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, setelah menderita beberapa cedera, semakin jelas bahwa inilah saatnya untuk meninggalkan panggung besar sepak bola," lanjut Ozil.

Setelah mundur dari sepak bola profesional, Ozil belum memutuskan akan mencoba karier baru sebagai pelatih. Untuk sementara Ozil ingin menghabiskan waktu bersama istri dan dua anaknya.

Ozil memulai karier profesionalnya bersama Schalke 04 di Liga Jerman. Kemudian pindah ke Werder Bremen. Aksi menawan bersama Bremen dan timnas Jerman membuat Ozil dibeli Real Madrid pada tahun 2010.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Arsenal dan Real Madrid

Di Real Madrid, Ozil mampu menjadi pelayan yang baik bagi Cristiano Ronaldo. Sayangnya Ozil cuma bertahan selama tiga tahun saja sebelum dilepas ke Arsenal pada bursa transfer musim panas 2013.

Bersama Arsenal, Ozil mampu jadi pemain andalan selama beberapa musim dan mencetak gol terbanyak di liga sepanjang kariernya dengan total 33 gol. Akan tetapi Ozil harus berpisah dengan kurang baik.

Ozil di musim terakhirnya bersama Arsenal kerap dicadangkan dan terbuang dari tim utama. Muncul dugaan Ozil dibuang Arsenal karena melontarkan kritik kepada pemerintah China soal Uyghur via media sosial.

3 dari 3 halaman

Mudik ke Turki

Ozil meninggalkan Arsenal pada Januari 2021 dan hijrah ke Turki membela Fenerbahce. Tapi Ozil cuma bertahan sebentar. Ozil jarang dimainkan dan kemudian cabut ke Istanbul Basaksehir di musim panas 2022.

Istanbul Basaksehir memberikan kontrak setahun dengan opsi perpanjangan. Namun belum selesai kontraknya, Ozil memutuskan pensiun akibat serangkaian cedera.

Sepanjang kariernya, beberapa gelar bergengsi mampu diraih Ozil seperti Piala Dunia 2010, La Liga, Copa del Rey, Piala FA, Community Shield hingga DFB Pokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.