Sukses

Hasil El Clasico Barcelona vs Real Madrid Takkan Jadi Penentu Juara La Liga 2022/2023

Liputan6.com, Jakarta- El Clasico jilid dua di La Liga Spanyol 2022/2023 akan berlangsung Senin (20/3/2023) dini hari WIB. Barcelona menjamu Real Madrid di Stadion Spotify Nou Camp. Laga ini dinilai bisa menjadi penentu siapa yang akan juara La Liga musim ini.

Hingga pekan 25, Barcelona begitu berjaya di La Liga 2022/2023. Pasukan Xavi Hernandez sudah mendapat 65 poin, unggul sembilan angka dari Real Madrid yang terdampar di posisi kedua.

Andai Barcelona bisa menang di laga akhir pekan nanti, gelar juara musim 2022/2023 diyakini sudah menjadi milik Ousmane Dembele dan kolega. Namun mantan pemain Barcelona David Villa punya pandangan berbeda.

Villa meyakini hasil akhir El Clasico di Nou Camp tidak akan berpengaruh besar dalam penentuan siapa yang juara La Liga. Eks pemain Valencia itu melihat peluang kedua tim masih bisa juara apapun hasil El Clasico nanti. Pasalnya masih ada 12 laga tersisa.

“Tidak 100 persen [persaingan selesai jika Barcelona menang], karena secara matematika tidak demikian. Jika Real Madrid tidak menang, akan lebih rumit untuk mereka, tapi semuanya terbuka,” tutur David Villa dalam jumpa pers virtual pada pertengahan pekan ini.

"Bila Barcelona menang nanti, jarak di klasemen menjadi 12 poin yang sulit dikejar. Tapi sampai akhir musim semuanya masih mungkin," tegas David Villa.

2 dari 4 halaman

Hasil Barcelona vs Real Madrid Bisa Berbeda

Villa juga menolak jika Barcelona lebih diunggulkan dibandingkan Real Madrid pada El Clasico besok. Meski jarak di klasemen relatif jauh, Villa melihat situasi akan berbeda pada laga El Clasico sehingga sulit memprediksikan siapa yang menang.

"Dari pengalaman saya, ini pertandingan yang sama sekali berbeda dari laga yang lain. Tidak pernah ada tim favorit di El Clasico. Kondisi klub yang tadinya dalam situasi positif atau negatif bisa berubah ketika laga dimulai," kata Villa.

"Laga ini tidak dipengaruhi hasil-hasil pertandingan sebelumnya. Ini sungguh berbeda," lanjut eks pemain timnas Spanyol itu.

3 dari 4 halaman

Pengalaman di El Clasico

Villa sendiri pernah ikut merasakan momen terbaik dalam sejarah Barcelona di El Clasico saat membantai Real Madrid lima gol tanpa balas pada musim 2010/2011. Ketika itu pria yang kini sudah 41 tahun membuat dua gol dan satu assists.

Pada laga tersebut, pelatih Barca saat ini Xavi Hernandez turut mencetak gol. Xavi yang mengawali pesta gol Barcelona dengan menjebol gawang Iker Casillas saat laga baru berjalan sembilan menit.

4 dari 4 halaman

Klasemen La Liga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.