Sukses

Erick Thohir: Jepang Bakal Bantu PSSI Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memanfaatkan momentum Kongres FIFA di Kigali, Rwanda, untuk menjajaki kerja sama dengan federasi negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memanfaatkan momentum Kongres FIFA di Kigali, Rwanda, untuk menjajaki kerja sama dengan federasi negara lain.

Salah satu yang ditemui Erick di sela-sela Kongres FIFA, Kamis (16/3/2023), adalah Presiden Japan Football Association (JFA) Kozo Tashima. Dalam beberapa kesempatan, Erick kerap menyinggung keberhasilan Negeri Matahari Terbit yang secara konsisten melakukan pengembangan berkelanjutan terhadap sepak bola sehingga menjadi barometer sepak bola di Asia.

"Kami berbicara tentang potensi kolaborasi kedua federasi, PSSI dan JFA, untuk kerja sama sepak bola Indonesia dan Jepang ke depannya," ucap Erick.

Erick memaparkan, fokus area kolaborasi meliputi pengembangan liga, perbaikan perwasitan, dan pengembangan sepak bola putri di Indonesia. Mantan Presiden Inter Milan itu mengatakan Jepang sangat antusias dengan rencana kerja sama terhadap pengembangan sepak bola Indonesia.

"Terima kasih kepada JFA yang telah bersama-sama PSSI untuk membangun sepak bola Indonesia ke depan," kata Erick.

Tak hanya dengan Jepang, Erick juga bertemu dengan Presiden Asia Football Confederation (AFC) Shaikh Salman Al Khalifa dan Presiden Federasi Sepak Bola Kerajaan Arab Saudi (KSA) Yasser Al Misehal, Rabu (15/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Pertemuan dengan AFC dan KSA

Shaikh Salman, ucap Erick, menaruh perhatian besar atas sepak bola Indonesia. Dia menilai Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat menggemari sepak bola, namun memiliki pekerja rumah besar dalam memperbaiki iklim agar bisa bersaing di kancah internasional.

"Tadi Presiden Shaikh Salman mendorong untuk pembenahan total PSSI karena Indonesia adalah negara sepak bola terbesar di Asia Tenggara," ujar Erick pada rilis yang diterima Liputan6.com.

Erick pun mengamini dorongan tersebut sebagai tambahan motivasi dalam memperbaiki sepak bola Tanah Air. Dia menyebut perbaikan sepak bola Indonesia sudah menjadi bagian dari program reformasi total dalam tata kelola PSSI.

Sosok yang menjabat Menteri BUMN itu juga menyebut peran penting KSA dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 bagi Indonesia.Dalam perbincangan dengan Yasser, Erick juga menjajaki sejumlah kerja sama PSSI dengan KSA ke depan.

"Saya berterima kasih ke Presiden Yasser. Arab Saudi adalah salah satu tim yang mendukung Indonesia ketika kita bidding untuk Piala Dunia U-20," kata Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.