Sukses

Bola Ganjil: Debut di Final, Loris Karius Bukan yang Pertama

Panggung tersedia bagi Loris Karius untuk melakukan penebusan. Dia dijadwalkan mengawal gawang Newcastle United pada final Piala Liga Inggris 2022/2023 melawan Manchester United di Wembley, Minggu (26/2/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Panggung tersedia bagi Loris Karius untuk melakukan penebusan. Dia dijadwalkan mengawal gawang Newcastle United pada final Piala Liga Inggris 2022/2023 melawan Manchester United di Wembley, Minggu (26/2/2023) malam WIB.

Karier Karius sejauh ini berantakan usai penampilan terakhirnya di final lain, yakni partai puncak Liga Champions 2018. Dia melakukan serangkaian kesalahan yang membuat Liverpool takluk 1-3 dari Real Madrid.

Setelah terlunta-lunta, dia dikontrak Newcastle United selama enam bulan hingga akhir 2022/2023. Karius bakal melakoni debut karena kiper utama Nick Pope terkena kartu merah dan harus menjalani sanksi disiplin.

Sementara penjaga gawang kedua Martin Dubravka terganjal peraturan. Musim ini dia sudah memperkuat MU di Piala Liga Inggris ketika menjalani masa pinjaman di sana.

"Inilah sepak bola yang selalu memberi kesempatan kedua. Kita lihat apakah Karius bisa menulis babak baru pada kariernya," ungkap nakhoda Newcastle Eddie Howe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debut Gazza

Karius nyatanya bukan satu-satunya nama yang melakoni debut di final kompetisi. Sebelumnya ada sosok tenar lain yakni Paul Gascoigne. Maret 1998, manajer Middlesbrough Bryan Robson mendatangkannya dari Glasgow Rangers demi membantu klub menunaikan misi.

Mereka tengah berusaha berusaha kasta tertinggi sistem kompetisi sepak bola Inggris. Bonus bagi Gascoigne, Boro sudah sukses menembus final Piala Liga Inggris. Mereka menantang Chelsea di final.

Dalam kedudukan 0-0, Gazza melakoni debut sebagai pengganti di menit ke-65. Sayang kehadirannya tidak membantu tim. Middlesbrough takluk 0-2 akibat gol Frank Sinclair dan Roberto Di Matteo pada perpanjangan waktu.

Merasa minim kontribusi, Gascoigne dilaporkan memberikan medali runner-up kepada rekan yang digantikannya Craig Hignett.

Setidaknya Middlesbrough mewujudkan tujuan utama pembelian Gascoigne. Mereka promosi ke Premier League dengan Gazza tampil di tujuh pertandingan liga.

 

3 dari 4 halaman

Banyak di Final Piala Liga Inggris

Sejumlah nama lain juga melakoni debut pada final Piala Liga Inggris. Jorge Gonzalez Diaz 'Yordi' tampil pertama kali bersama Blackburn Rovers di partai puncak 2002. Dia dipinjam dari Real Zaragoza beberapa hari sebelumnya dan membawa tim berjaya 2-1.

Gudni Bergsson memperkuat Bolton Wanderers di final 1995 kontra Liverpool menggantikan Scott Green. Sepanjang laga, Green dibuat kerepotan oleh Steve McManaman. Namun, kehadiran Bergsson menumbuhkan harapan bagi Bolton.

Sentuhan pertamanya berbuah umpan silang bagi Alan Thompson yang kemudian mencatatkan nama di papan skor.Sayang Bolton tetap takluk 1-2 akibat dua gol McManaman.

Sementara Danny Campbell debut bersama West Bromwich Albion pada partai pamungkas 1966. Dia menggantikan bek veteran Stan Jones yang selalu tampil pada musim tersebut.

Pada dua pertandingan dengan kompetisi masih menggunakan sistem home and away untuk final, Campbell membawa timnya menang agregat 5-3.

 

4 dari 4 halaman

Ada Juga di Jerman

Sementara dari luar Inggris ada Reinhard Lauck. Dia berlabuh di Union Berlin dari Energie Cottbus di akhir musim 1967/1968.

Lauck melakoni debut bersama tim barunya pada Piala Jerman Timur kontra Carl Zeiss Jena yang berlangsung 21 hari berselang.

Union Berlin meraih kemenangan 2-1 dengan Lauck tampil solid sebagai gelandang bertahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.