Sukses

Respons Xavi dan Erik Ten Hag Usai MU Singkirkan Barcelona dari Liga Europa 2022/2023

Barcelona harus tersingkir dari Liga Europa 2022/2023 setelah kalah dari Manchester United atau MU di leg kedua babak play off babak 16 besar.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, mengakui keunggulan Manchester United di leg kedua babak play off 16 besar Liga Europa, Jumat (24/2/2023). Dalam duel ini, Barca dipaksa bertekuk lutut 1-2 oleh MU. 

Bertandang Stadion Old Trafford, Barcelona sejatinya sempat unggul 1-0 lewat gol penalti Robert Lewandowski pada menit 18. Namun asa untuk tetap bertahan di Liga Europa 2022/2023 sirna setelah tuan rumah berhasil bangkit di babak kedua dan mencetak dua gol lewat Fred (47) dan Antony (73').

Kekalahan ini membuat Barcelona yang bermain imbang 2-2 di Cam Nou melawan MU, kalah agregat 3-4. 

Menurut Xavi, Barcelona sebenarnya sempat memegang kendali permainan di babak pertama. Namun tuan rumah berhasil bangkit. "United bermain dengan sangat intens di babak kedua,” ujar Xavi. 

"Mereka (MU) saat ini sedang berada pada performa yang sangat baik, khususnya ketika bermain di kandang. Hal tersebut merupakan detail kecil yang dapat membuat perbedaan besar,” tambah Xavi.

Sementara itu, kegembiraan tidak bisa disembunyikan manajer MU, Erik ten Hag. Mantan pelatih Ajax Amsterdam tersebut sangat senang dengan semangat juang yang ditunjukkan pasukannya. 

"Kami memiliki pemain dengan mentalitas luar biasa seperti Raphael Varane dan Lisandro Martinez, mereka tidak takut dengan siapapun,” kata ten Hag kepada BT Sport usai pertandingan.

“Mereka tetap melanjutkan perjuangan, mereka resilien, dan mereka ingin meraih kemenangan. Jika kami bisa menunjukkan semua itu setelah kebobolan lewat penalti, ini adalah tanda-tanda yang bagus."

Ketika ditanya mengenai siapa yang mungkin akan dihadapi MU di babak 16 besar, ten Hag tidak memikirkannya. “Itu tidak penting bagi saya,” tegas ten Hag. “Saya hanya fokus untuk mengalahkan Newcastle sekarang. Siapapun yang akan kami hadapi nanti, kami harus mengalahkannya.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Laga

Barcelona gagal mencuri kemenangan ketika bertandang ke Old Trafford dalam leg kedua play off Liga Europa, Jumat (24/2/2023) dini hari. Manchester United yang tertinggal lebih dulu atas wakil Spanyol tersebut berhasil membalikan keadaan melalui gol yang dicetak duo Brasil, Fred dan Antony.

Sejak dimulainya babak pertama, MU kehilangan kontrol permainan. Terbukti dari jumlah penguasaan bola Barcelona pada 30 menit pertama yang sebesar 62 persen, sementara MU hanya 38 persen.

The Red Devils juga harus mengakhiri babak pertama dengan posisi tertinggal 0-1 melalui gol yang dicetak Robert Lewandowski melalui titik putih pada menit ke-18.

Berambisi untuk membalik keadaan, United langsung tancap gas ketika peluit babak kedua berbunyi. Tidak lama berselang, usaha anak asuh Erik ten Hag tersebut membuahkan hasil. Fred menyamakan kedudukan dua menit setelah kick off babak kedua. Skor sementara 1-1.

Kedudukan imbang antara kedua raksasa sepak bola Eropa ini bertahan cukup lama. Kedua tim saling menyerang satu sama lain tetapi tidak ada yang membuahkan gol. Hingga akhirnya pada menit ke-73, Antony melepaskan tendangan voli keras dengan kaki bagian dalam. Ter Stegen tidak memiliki kesempatan untuk menghalau tembakan yang diberikan bintang muda Brasil itu.

Skor 2-1 bertahan hingga pluit akhir dibunyikan. Dengan hasil ini, Setan Merah sudah mengamankan tempatnya di babak 16 besar Liga Europa. Sementara Barcelona harus mengubur mimpi Eropanya setelah sebelumnya juga tereliminasi dari Liga Champions. 

 

3 dari 3 halaman

Kokoh di Liga, Rapuh di Eropa

Barcelona memang terbilang rapuh di kompetisi Eropa. Sepanjang penampilan di Liga Champions dan Liga Europa 2022/2023, gawang Barca yang dikawal Marc ter Stegen sudah kebobolan 17 gol dalam 8 laga. 

 

Statistik ini berbanding terbalik dengan La Liga. Di kompetisi domestik, Barcelona baru kebobolan tujuh gol dari 22 laga yang dimainkannya. Dari lima laga La Liga terakhir, Blaugrana hanya kemasukan satu gol hingga menempatkan Ter Stegen di urutan pertama kiper dengan catatan clean sheets terbanyak (17).

Kini Perjuangan Barcelona kini fokus ke La Liga. Sejauh ini, Barcelona masih memimpin klasemen sementara dengan torehan 59 poin atau terpaut 8 poin dari Real Madrid yang berada di posisi kedua.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Fútbol Club Barcelona, juga dikenal sebagai Barcelona atau Barça.
    Fútbol Club Barcelona, juga dikenal sebagai Barcelona atau Barça.

    Barca

  • Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.
    Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.

    Ten Hag

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa