Sukses

Daftar 16 Negara Peserta Piala Sudirman 2023, Indonesia Lolos Meski Melempem di Kejuaraan Asia

Kejuaraan bulu tangkis beregu campuran regional baru saja berlangsung akhir pekan lalu. Ajang tersebut berfungsi sebagai kualifikasi Piala Sudirman 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kejuaraan bulu tangkis beregu campuran regional baru saja berlangsung akhir pekan lalu. Ajang tersebut berfungsi sebagai kualifikasi Piala Sudirman 2023.

Menyusul berakhirnya persaingan, muncul 16 negara yang bakal memperebutkan gelar tersebut di Suzhou, 14-21 Mei mendatang.

China sudah otomatis lolos sebagai juara bertahan dan tuan rumah. Meski begitu, Negeri Tirai Bambu tetap menunjukkan kehebatan dengan memenangkan Kejuaraan Beregu Campuran Asia mengandalkan pemain pelapis.

Mereka unggul 3-1 atas Korea Selatan di laga puncak. Sementara India dan Thailand mengantongi medali perunggu.

Dari Eropa, Denmark mengunci gelar usai membekuk Prancis 3-2 di final. Kedua negara pun melaju ke Piala Sudirman 2023 bersama semifinalis Inggris dan Jerman.

Di luar Asia dan Eropa, kawasan lain hanya mengirimkan juara regional. Muncul Mesir (Afrika), Kanada (Pan America), dan Australia (Oseania).

Dari situ muncul lima tempat tersisa. Satu jatah Asia yang didapat China dari kejuaraan beregu kemudian diberikan ke tim dengan peringkat terbaik asal kawasan tersebut. Tiket tersebut pun jadi milik Jepang.

Sementara empat posisi lain diberikan kepada negara dengan peringkat terbaik. Indonesia lolos ke Piala Sudirman 2023 melalui jalur ini setelah meraih hasil mengecewakan pada Kejuaraan Beregu Campuran Asia. Di turnamen itu Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan disisihkan Korea Selatan pada perempat final.

Berikut daftar lengkap peserta Piala Sudirman 2023:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Peserta

Tuan Rumah/Juara Bertahan: China

Asia: Korea Selatan, Thailand, India, Jepang

Eropa: Denmark, Inggris, Prancis, Jerman

Pan America: Kanada

Oseania: Australia

Afrika: Mesir

Jalur Peringkat: Indonesia, Malaysia, Chinese Taipei, Singapura

3 dari 3 halaman

Tentang Piala Sudirman

Piala Sudirman merupakan kejuaraan beregu yang mempertandingkan seluruh nomor di bulu tangkis. Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada 1989 dan dinamakan berdasar mantan Ketua Umum PBSI Dick Sudirman. 

Indonesia keluar sebagai juara di edisi pertama. Namun setelah itu Korea Selatan dan China mendominasi. Korea Selatan tercatat berjaya di empat kesempatan, dengan China menjadi tim tersukses dengan 12 titel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.