Sukses

Hasil BRI Liga 1: Takluk dari Barito Putera, Bali United Makin Sulit Pertahankan Takhta

Liputan6.com, Jakarta - Bali United terhuyung dalam usaha mempertahankan mahkota BRI Liga 1. Sang juara bertahan kembali terpeleset usai dikalahkan Barito Putera 1-2 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (5/2/2023).

Serdadu Tridatu tertinggal terlebih dahulu akibat gol Renan Alves pada menit ke-16. Mereka kemudian menyamakan melalui Fadil Sausu di menit ke-31.

Petaka bagi Bali United datang di menit ke-77. Pemain pengganti Ryota Noma menaklukkan Nadeo Argawinata pada menit ke-77 untuk memastikan kemenangan Barito Putera.

Hasil ini membuat Bali United gagal menang dalam empat pertandingan terakhir Liga 1. Mereka tertahan di urutan enam, tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen sementara Persib Bandung. 

Di sisi lain, kemenangan mengangkat Barito Putera ke posisi 17 tabel. Laskar Antasari masih di kawasan merah, empat angka di bawah zona aman.

Tugas Bali United untuk bangkit tidak akan mudah. Mereka selanjutnya dijadwalkan bersua Persib yang sedang dalam performa apik, Jumat (10/2/2023). Sementara Barito Putera menghadapi PSM Makassar sehari sebelumnya.

 

Jalan Pertandingan

Barito Putera yang menelan dua kekalahan beruntun di liga, berusaha keras mengimbangi permainan apik tuan rumah. Mereka akhirnya dapat memecah kebuntuan pada menit ke-16, melalui tendangan bebas mendatar Renan Alves dari sisi kanan pertahanan Bali, yang melesak tanpa dapat dihalau kiper Nadeo Argawinata.

Unggul satu gol tidak membuat Barito mengendur. Mereka kembali mengancam melalui sepakan Mike Ott yang dapat dihentikan Nadeo.

Usaha keras Bali untuk menyamakan kedudukan baru menuai hasilnya pada menit ke-31. Sebagaimana gol Barito, gol Bali juga tercipta melalui tendangan bebas langsung, yakni dari sepakan kaki kiri Fadil Sausu. Setelah gol tersebut, Fadil memiliki peluang bagus lainnya menjelang turun minum, namun kali ini sepakan spekulasinya melambung jauh ke atas mistar gawang Barito.

Pertandingan pada babak kedua berlangsung seimbang, meski Bali lebih banyak menguasai bola. Beberapa kali mereka menciptakan peluang berbahaya yang masih dapat digagalkan Renan Alves atau kiper Joko Ribowo.

Sundulan Irfan Jaya dari situasi tendangan bebas dapat ditangkap sang kiper, sedangkan sepakan Ardi Idrus mengarah lurus kepada Joko, dan sang kiper juga mampu menepis tendangan gunting Eber Bessa.

Pada menit ke-75, justru Barito yang mencetak gol. Diawali kesalahan Muhammad Rahmat, bola kemudian dapat diintersep pemain Barito Nazar Nurzaidin yang meneruskannya kepada Ryota Noma, untuk diselesaikan dengan sepakan tanpa melihat gawang.

Kiper Joko kembali melakukan penyelamatan-penyelamatan penting pada fase akhir laga. Dari situasi kemelut di depan gawangnya, Ilija Spasojevic dapat menyambar bola yang masih dapat ditahan sang kiper. Joko lagi-lagi menggagalkan peluang Spasojevic dari sundulannya menjelang pertandingan usai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Bali United: Nadeo Argawinata, Novri Setiawan, Wellington Carvalho, Haudi Abdillah, Ardi Idrus, Fadil Sausu, Eber Bessa, Sandi Sute, Privat Mbarga, Ilija Spasojevic, Irfan Jaya

Barito Putera: Joko Ribowo, Bagas Kaffa, Renan Alves, Yuswanto Aditya, Aditya Putra Dewa, Bayu Pradana, Mike Ott, Nazar Nurzaidin, Ferdiansyah, Gustavo Tocantins, Rizky Pora

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Pekan 22

Kamis, 2 Februari 2023

Persikabo 1973 vs Persita Tangerang: 1-1

Persis Solo vs Bhayangkara FC: 1-3

Dewa United vs Madura United: 1-1

Jumat, 3 Februari 2023

Persija Jakarta vs Rans Nusantara: 3-1

Persebaya Surabaya vs Borneo FC: 3-2

Sabtu, 4 Februari 2023:

Arema FC vs PSM Makassar: 0-1

Persik Kediri vs PSIS Semarang: 1-2

Minggu, 5 Februari 2023:

Persib Bandung vs PSS Sleman: 2-0

Bali United vs Barito Putera: 1-2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.