Sukses

Hasil BRI Liga 1: Ciro Alves Cetak Brace, Persib Bandung Taklukkan PSS Sleman

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung sukses mengemas poin penuh kala menjamu PSS Sleman dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 yang dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (5/2/2023).

Brace Ciro Alves pada menit ke-27 dan 40 gagal diseimbangkan oleh Super Elang Jawa hingga akhir pertandingan. Hasil tersebut mengantar Pangeran Biru kembali ke puncak klasemen sementara BRI Liga 1.

Skuad asuhan Luis Milla mampu menggeser Persija Jakarta dan PSM Makassar setelah menorehkan 45 poin dalam 21 laga.

Duo kesebelasan berupaya mencari ruang untuk mencetak angka pertama. Namun, Persib dan PSS masih sama-sama kesulitan menembus pertahanan masing-masing di menit-menit awal.

Pangeran Biru dan Super Elang Jawa cukup lama buntu. Tak ada peluang yang mampu dikonversi dengan baik hingga pertandingan berjalan lebih dari 25 menit.

Situasi baru berubah tak lama setelahnya. Persib mendapat hadiah tendangan bebas pada menit ke-27. Ciro Alves sukses mencatatkan nama di papan skor setelah eksekusinya yang ciamik di pojok kiri atas gawang PSS gagal dihalau oleh Muhammad Ridwan.

David da Silva berupaya menggandakan keunggulan Pangeran Biru sepuluh menit berselang. Ia bergerak menggiring bola mendekati kotak Super Elang Jawa. Malang aksi tersebut belum berbuah manis. Upayanya langsung digagalkan oleh penggawa tim tamu.

Memasuki menit 39, giliran Beckham Putra yang mencoba peruntungan. Ia melakukan placing dengan menempatkan bola di tiang jauh. Namun, angka kedua lagi-lagi batal didapat oleh Persib. Si kulit bundar yang dikirimnya sedikit melebar dari tiang gawang.

Barulah pada menit ke-40 Persib Bandung mampu mengubah skor menjadi 2-0. Berawal dari umpan Beckham Putra, Ciro Alves lagi-lagi tampil sebagai momok bagi lini belakang PSS Sleman. Sontekannya melewati Muhammad Ridwan sebelum akhirnya bersarang di jaring tim tamu.

Tidak ada gol baru yang tercipta setelahnya. PSS Sleman kesulitan mencari celah untuk mencetak angka penyeimbang di lima menit akhir waktu normal babak pertama. Skor sementara 2-0 pun bertahan hingga turun minum.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

PSS Sleman melakukan sejumlah perubahan demi menambah daya dobrak skuadnya di awal babak kedua. Derry Rachman ditarik keluar dan digantikan oleh Ricky Cawor. Saddam Gaffar juga dikirim masuk mengambil alih tempat Kim Kurniawan.

Sayang, upaya tersebut tak serta-merta membuat Super Elang Jawa sanggup membuka angka pertama. Tim tamu masih buntu hingga pertandingan berjalan lebih dari 60 menit. Sejumlah peluang yang didapat juga belum mampu dikonversi menjadi gol.

Justru Persib Bandung yang nyaris mencetak gol ketiga pada menit 70. David da Silva menyusup ke area pertahanan PSS Sleman dan mencoba melepaskan tembakan. Keuntungan bagi Super Elang Jawa lantaran bola yang dilesakkannya belum menemui gawang.

Ancaman lagi-lagi diberikan oleh Pangeran Biru memasuki menit ke-76. Rezaldi Hehanusa mengirim bola yang berpotensi membuahkan angka tambahan, kalau saja Muhammad Ridwan tak segera mengamankan si kulit bundar di udara.

PSS Sleman masih kesulitan mencari celah untuk menyeimbangkan kedudukan di 10 menit akhir pertandingan waktu normal. Di sisi lain, Persib Bandung juga tak mampu menambah keunggulan. Alhasil, skor 2-0 tak berubah hingga wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Persib Bandung: Teja Paku Alam; Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Daisuke Sato; Henhen Herdiana, Marc Klok, Dedi Kusnandar, Rachmat Irianto; Beckham Putra, David da Silva, Ciro Alves

PSS Sleman: Muhammad Ridwan; Marckho Sandy Merauje, Ifan Nanda Pratama, Nur Diansyah, Derry Rachman; Jonathan Cantillana, Kim Kurniawan, Jihad Ayoub; Haris Tuharea, Yevhen Bokhashvili, Kevin Gomes de Oliveira

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.