Sukses

Erik ten Hag Minta MU Tetap Waspada usai Hajar Nottingham Forest di Carabao Cup

Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag meminta anak-anak asuhnya tetap waspada meski telah memetik kemenangan atas Nottingham Forest di leg pertama semifinal Carabao Cup, Kamis (26/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag meminta anak-anak asuhnya tetap waspada meski telah memetik kemenangan atas Nottingham Forest di leg pertama semifinal Carabao Cup pada Kamis (26/1/2023) dini hari WIB.

Seperti diketahui, Setan Merah memang cukup nyaman mengalahkan Forest di City Ground. Marcus Rashford bahkan sudah mampu mencetak angka pertama ketika pertandingan baru memasuki menit ke-6.

Rekrutan anyar MU Wout Weghorst menggandakan keunggulan sesaat jelang turun minum. Bruno Fernandes akhirnya melengkapi nestapa Nottingham Forest usai mencetak angka ketiga bagi timnya di menit 89.

Kendati demikian, Ten Hag tak ingin Setan Merah terlalu santai jelang menghadapi duel leg kedua yang dijadwalkan berlangsung Kamis (2/2/2023) mendatang.

Juru taktik berkepala plontos ini mewanti-wanti potensi comeback Forest saat bertandang ke markas MU. Apalagi, Setan Merah juga memiliki tren negatif usai gagal menang dua kali berturut-turut dari Crystal Palace dan Arsenal di Liga Inggris.

“Ada satu momen yang bisa mengubah permainan, dan hal itulah yang harus kami waspadai (di leg kedua semifinal Carabao Cup melawan Nottingham Forest),” tutur ten Hag selepas laga, seperti dilansir dari Metro.

“Kami harus meningkatkan (permainan), tetapi secara keseluruhan, saya pikir tim kami sudah menunjukkan kinerja bagus. Leg pertama sudah selesai, masih ada satu leg lagi (yang harus dituntaskan),” sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waspadai Counter Attack

Ten Hag secara khusus juga menggarisbawahi respons MU terhadap counter attack selama pertandingan. Eks pelatih Ajax Amsterdam itu menilai Bruno Fernandes dan kawan-kawan masih belum bereaksi pada serangan balik.

“Saya harus mengatakan, kami masih tidak bereaksi terhadap serangan balik. Kami sudah tahu hal itu sebelumnya, dan itu tak boleh terjadi,” ujar pelatih MU.

“Ini masih menjadi momen di mana kami harus belajar dan berkembang sebagai sebuah tim. Jika kami ingin menjadi yang teratas, kami tidak bisa melakukan hal itu,” tandas dia.

3 dari 4 halaman

Peringatan Ten Hag

Lebih lanjut, Ten Hag turut memperingati Setan Merah agar tak membuka ruang bagi lawan untuk membalikkan keadaan. Pasalnya, MU sempat nyaris memberi kesempatan bagi Nottingham mengembangkan permainan, meski sudah mendominasi di awal laga.

“Jangan menyalakan api, kami hampir membiarkan mereka (Nottingham) masuk ke dalam permainan. Kita tidak boleh membiarkan lawan kembali ke permainan,” ujarnya.”

“Kami memulai (laga) dengan sangat baik, kami memiliki begitu banyak kendali. Kemudian dalam satu waktu, semuanya bisa berubah. Kita harus menghindari hal itu,” pungkas Ten Hag.

4 dari 4 halaman

Gol Weghorst

Terlepas dari sikap waspadanya mengenai performa MU, Erik ten Hag tetap bernapas lega lantaran Wout Weghorst mampu mencetak gol pertama di laga melawan Nottingham Forest. Ia menilai gol tersebut penting untuk mendongkrak kepercayaan diri sang pemain.

“Gol ini penting untuknya (Weghorst) dan untuk kepercayaan dirinya karena dia akhirnya bisa mencetak gol,” tutur Ten Hag, selepas duel seperti dilansir dari BBC.

Sekadar informasi, pemain pinjaman Setan Merah dari Burnley itu sejatinya sempat diragukan oleh berbagai pihak usai gagal menyumbangkan angka bagi MU dalam dua pertandingan melawan Crystal Palace dan Arsenal di Liga Inggris.

Kepercayaan Ten Hag baru bisa dibayarnya saat menghadapi Forest di Carabao Cup. Kendati demikian, juru taktik berkepala plontos menilai Weghorst sudah memberi kontribusi penting, baik saat timnya ditahan imbang oleh The Eagles maupun kalah dari Meriam London.

“Dia bekerja dengan baik melawan Crystal Palace dan Arsenal dengan pressing, tembakan, serta pergerakannya. Dia menjadi bagian dari gol Bruno Fernandes saat bertemu Palace karena dia melakukan gerakan yang tepat di depan gawang,” beber Ten Hag.

“Dia juga berperan bagi gol Rashford melawan Arsenal karena dia menarik bek ke tengah. Akan tetapi, striker ada untuk mencetak gol dan ketika mereka tidak melakukan itu, mereka tidak senang,” pungkas manajer MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.