Sukses

Cetak Hattrick Lagi untuk Manchester City, Erling Haaland Rusak 2 Rekor di Liga Inggris

Liputan6.com, Manchester- Manchester City berhasil meraih 3 poin saat mengalahkan Wolves 3-0 di stadion Etihad pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (22/1/2023(. Tiga gol Man City diborong Erling Haaland.

Striker asal Norwegia itu membuka keran gol pada menit ke-40. dia memanfaatkan umpan dari Kevin de Bruyne dengan sempurna sehingga membuat skor 1-0. Gol kedua dicetak Haaland di menit ke-50 lewat titik penalti.

Penalti diberikan setelah Ruben Neves jatuhkan Ilkay Gundogan di kotak penalti. Gol ketiga dicetak Haaland di menit ke-54 usai manfaatkan umpan Riyad Mahrez yang manfaatkan kesalahan kiper Jose Sa.

Tiga gol dari Haaland membawa dia pecahkan dua rekor di Liga Inggris. Dia mencetak 3 kali hattrick di kandang Manchester City.

Ini membawa dia menjadi pemain pertama di sejarah Liga Inggris bisa mencetak 3 hattrick beruntun di kandang. Sedangkan rekor kedua, dia menjadi pemain pertama di sejarah Liga Inggris yang bisa mencetak 4 hattrick hanya dari 19 laga.

Dia mengalahkan rekor yang sebelumnya dicetak oleh eks striker MU, Ruud Van Nistelrooy. Namun saat itu striker asal Belanda itu melakukannya di 65 pertandingan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Fantastis

 

Apa yang dilakukan Haaland sulit dikejar pemain lain. Pemain-pemain legendaris seperti Yakubu, Kevin Campbell, Jermaine Defoe, Les Ferdinand, Jimmy Floyd Hasselbaink, Matt Le Tissier, Mohamed Salah, Teddy Sheringham, Chris Sutton, Carlos Tevez, Fernando Torres dan Dwight Yorke melakukannya di banyak laga.

Kini, Haaland menyamai rekor hattrick Harry Kane di Liga Inggris dengan empat hattrick. Dia hanya kalah dari Alan Shearer yang pernah mencetak 5 kali hattrick.

Dengan 19 laga, Haaland sudah mencetak 25 gol. Ini melewati jumlah gol dari peraih golden boot edisi sebelumnya yaitu Son Heung Min 23 gol musim lalu, Harry Kane dan Jamie Vardy di musim 2019/2020.

Begitu juga dengan gol Salah, Sadio Mane dan Pierre Emerick Aubameyang yang meraih golden boot bersama setelah mencetak 22 gol di musim 2018-2019.

 

3 dari 6 halaman

Dekati Gol Salah

 

Dengan 25 gol yang diraihnya, Haaland hanya butuh 7 gol untuk menyamai rekor gol Salah 32 gol di Liga Inggris. Dia juga tertinggal 9 gol dari Alan Shearer dan Andy Cole yang mencetak 34 gol di musim yang berlangsung dengan 42 laga.

Haaland masih punya banyak kesempatan untu menambha golnya di Manchester City. Dia akan main saat menghadapi Arsenal di babak empat Piala FA.

Dia juga akan tampil saat Manchester City melawan Tottenham Hotspur 5 Februari nanti.

4 dari 6 halaman

Jasa Eks Manajer MU

Erling Haaland menjadi monster di depan gawang sejak pindah ke Manchester City. Dia sudah mencetak 30 gol dari 25 pertandingan bersama Man City di semua kompetisi.

Baru berusia 22 tahun, Haaland memiliki karier yang panjang. Namun siapa sangka, ada peran mantan manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer di ketajamannya.

Ya, Haaland mengungkapkan pesan apa yang diterimanya saat masih dilatih mantan manajer MU itu di Molde. Klub ini menjadi klub keduanya usai memulai karier di masa kecil bersama Bryne.

Saat di Molde, Solskjaer memberi pesan penting yang terus diingatnya sampai sekarang. Dia tahu betul pesan apa yang diberikan Solskjaer saat pertam akali berlatih.

"Hal pertama saya pikir yang dia bilang ke saya itu,"Kamu tak tahu caranya menyundul bola. Kita harus banyak melatih itu," kata Haaland seperti dikutip GQ.

5 dari 6 halaman

Terus Berlatih

Sejak saat itu, Solskjaer dan staf pelatih Molde terus giat melatih sundulan Haaland. Dia terus diberi umpan silang agar bisa lebih jago menyundul bola.

"Itulah yang kami lakukan selama dua tahun, seluruh masa bakti saya di Molde. Dan itu bagus, saat saya tak bisa menendang bola, sekarang saya mencetak gol dengan kepala, terimakasih untuk mereka," kata Haaland.

Meski begitu, Haaland tak gabung dengan MU setelah gemilang di Borussia Dortmund. Semua itu berkat pengaruh sang ayah Alf Inge Haaland yang pernah main di Man City.

6 dari 6 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS