Sukses

Gagal Gantikan Deschamps di Timnas Prancis, Kylian Mbappe Minta Zidane Tetap Dihormati

Zinedine Zidane sempat disebut-sebut bakal menggantikan posisi Didier Deschamps di Timnas Prancis.

Liputan6.com, Jakarta Zinedine Zidane dipastikan belum akan menangani Timnas Prancis dalam waktu dekat ini. Didier Deschamps yang membawa Les Bleus hingga ke final Piala Dunia 2022 tetap bertahan dan melanjutkan tugasnya hingga 2026.

Nama Zidane seperti diketahui sempat mencuat sebagai kandidat pengganti Deschamps usai Les Bleus gagal mengangkat trofi di Qatar. Rumor kian berkembang setelah pria yang akrab disapa Zizou itu menolak tawaran dari salah satu klub di Amerika Serikat.

Namun Zidane harus gigit jari. Kesempatannya menangani Les Bleus tertutup setelah Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) memilih untuk mempertahankan Deschamps. FFF telah resmi memperpanjang kontrak pria 54 tahun itu bersama timnas Prancis hingga 2026.

Kegagalan Zidane menangani Les Bleus sebenarnya tidak terlalu memgagetkan. Sebab Presiden FFF, Noel La Graet sejak awal sudah menunjukkan gelagat tidak welcome terhadap legenda timnas Prancis tersebut. Kepada media, La Graet bahkan mengaku tidak akan mengangkat telepon dari Zidane.

"Saya tidak perduli. Dia bisa pergi ke mena saja dia mau. Dia bisa pindah ke klub atau timnas. Zidane selalu berada di bawah radar, dia punya banyak pengikut, sebagian menunggu Deschamps pergi. Tapi siapa yang benar-benar mengkritik Deschamps? Tidak ada," ujarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Zidane

Perjalanan Deschamps bersama Les Bleus memang tidak buruk. Mantan pemain timnas Prancis itu berhasil membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia dan final Euro 2016. Meski demikian, ada banyak usulan agar Deschamps meninggalkan Les Bleus usai Piala Dunia 2022. Pada turnamen empat tahunan kali ini, Les Bleus gagal mempertahankan gelarnya usai kalah lewat adu penalti atas Argentina di babak final. 

Nama Zidane pun muncul sebagai salah satu kandidat pengganti Deschamps. Zidane juga punya rekam jejak yang tidak kalah mentereng bersama Real Madrid. Saat menukangi Los Blancos, Zidane mampu mempersembahkan 3 gelar Liga Champions dan La Liga secara beruntun. Dia juga membawa Los Blancos menjuarai Piala Dunia Antarklub sebelum memutuskan hengkang pada musim panas 2018 lalu. Pria yang kini berusia 50 tahun tersebut kembali ke Santiago Bernabeu pada tahun 2019 dan berhasil mempersembahkan satu gelar La Liga sebelum kembali hengkang pada Juni 2021 lalu. 

 

3 dari 3 halaman

Pembelaan Mbappe

Bersama timnas Prancis, Zidane juga menorehkan banyak prestasi. Selama memperkuat Les Bleus, Zidane pernah menjuarai Piala Dunia 1998 dan runner up 2006. Selain itu, Zidane juga ikut mengantar Les Bleus memenangkan Piala Eropa tahun 2000. 

Bintang timnas Prancis di Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe, pun menganggap Zidane sebagai legenda yang perlu dihormati. Karena itu, pemain Paris Saint Germain (PSG) tersebut segera angkat bicara menanggapi komentar 'sinis' La Graet terkait rumor Zidane ke Timnas Prancis. 

"Zidane adalah Prancis, kita tidak memperlakukan legenda dengan cara tidak hormat seperti itu," tulis Mbappe lewat akun Twitternya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.