Sukses

Ada Shin Tae-yong hingga Kim Pan-gon, Piala AFF 2022 Jadi Ajang Adu Cerdik Trio Pelatih Korea Selatan

Persiangan Piala AFF 2022 diramaikan oleh trio pelatih asal Korea Selatan. Mereka adalah Shin Tae-yong yang menjadi juru taktik Timnas Indonesia, Park Hang-seo selaku manajer Vietnam, serta Kim Pan-gon yang bertugas menukangi Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Piala AFF 2022 resmi bergulir sejak Selasa (20/12/2022). Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni duel perdana Grup A kontra Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/12/2022).

Seperti diketahui, Piala AFF merupakan turnamen sepak bola yang cukup bergengsi di kawasan Asia Tenggara. Sebanyak 10 negara yang terbagi ke dalam dua grup berbeda akan berpartisipasi dalam kompetisi dua tahunan tersebut.

Adapun Indonesia saat ini menjadi bagian dari Grup A. Skuad Garuda didampingi oleh empat negara lain, yakni Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Tak hanya menjadi sarana unjuk kebolehan bagi tim-tim sepak bola level ASEAN, Piala AFF belakangan juga bertransformasi menjadi ajang adu taji pelatih-pelatih Korea Selatan.

Hingga kini tercatat ada tiga juru taktik asal Negeri Ginseng yang berjuang mengantar anak-anak asuhnya memperebutkan trofi Piala AFF 2022. Mereka adalah Shin Tae-yong, Park Hang-seo, dan Kim Pan-gon.

Shin Tae-yong merupakan juru kemudi Timnas Indonesia. Park Hang-seo bertugas menukangi skuad Vietnam. Sementara itu, Kim Pan-gon berstatus sebagai manajer Malaysia.

Keberadaan trio pelatih Korea Selatan tak pelak membuat kompetisi Piala AFF kian masyhur di Negeri Ginseng. Hal ini diakui sendiri oleh manajer Skuad Garuda saat memberi keterangan pers jelang laga kontra Kamboja di SUGBK, Jakarta, Kamis (22/12/2022).

“Piala AFF ini memang bisa disebut sebagai Piala Dunia ASEAN, (kompetisi ini) begitu populer. Sebelumnya, (Piala AFF) tidak begitu diketahui di Korea Selatan, tetapi dengan adanya tiga pelatih Korea (di) Vietnam, Malaysia, dan Indonesia, media Korea pun mulai memperhatikan (turnamen) ini,” ujar Shin Tae-yong kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persaingan Sengit

Sebelum penunjukan Kim Pan-gon, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo telah lebih dulu terlibat persaingan sengit di Piala AFF 2020. Mereka bahkan dipaksa saling sikut kala tim racikannya bersua di babak penyisihan grup.

Juru taktik Skuad Garuda sendiri tak menampik bahwa duo kompatriotnya memang memiliki kualitas mumpuni untuk menjajal kompetisi sekelas Piala AFF. Walau begitu, Shin Tae-yong berambisi tampil lebih baik demi membuktikan kualitas Indonesia di kancah internasional.

“Nama-nama pelatih di Vietnam dan Malaysia memang cukup baik juga, jadi lebih banyak perhatian (yang diberikan) oleh media Korea Selatan,” katanya.

“Menurut saya, ketiga pelatih ini harus menunjukkan yang terbaik agar Piala AFF makin banyak diketahui. Saya juga akan bekerja keras untuk menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia (kian) maju,” pungkas manajer berusia 52 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Tidak Satu Grup

Sekadar informasi, Skuad Garuda tidak berada di grup yang sama dengan Timnas Malaysia dan Vietnam. Kedua negara tersebut tergabung dalam grup B.

Dengan demikian, Shin Tae-yong dipastikan tak akan bersua dengan Kim Pan-gon dan Park Hang-seo di babak penyisihan. Situasi hanya akan berubah jika Indonesia, Malaysia, dan atau Vietnam mampu tembus ke fase empat besar.

Berikut adalah peta pembagian grup di Piala AFF 2022.

Grup A:

Thailand

Kamboja

Indonesia

Filipina

Brunei Darussalam

 

Grup B:

Vietnam

Malaysia

Singapura

Myanmar

Laos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.