Sukses

Profil Emiliano Martinez, Kiper Argentina di Final Piala Dunia 2022 yang Jago Tepis Tendangan Penalti

Profil Emiliano Martinez yang jaga gawang Argentina di final Piala Dunia 2022. Dia selalu jadi pahlawan untuk Albiceleste saat adu penalti.

Liputan6.com, Jakarta Argentina berhasil melaju ke babak final Piala Dunia 2022 Qatar setelah membantai Kroasia 3-0. Pada laga itu pemain muda, Julian Alvarez dan megabintang Lionel Messi menjadi aktor utama kesuksesan La Albiceleste kembali maju ke partai puncak setelah terakhir pada Piala Dunia 2014.

Julian Alvarez mencetak dua gol dan satu asis untuk kemenangan Tim Tango. Sementara Lionel Messi mencetak satu gol dari titik putih dan satu asis untuk gol kedua Alvarez pada menit ke-69.

Selain kedua pencetak gol, kiper Argentina, Emiliano Martinez menjadi sorotan ketika dia mencatatkan cleansheet atau nirbobol. Martinez juga melakukan dua penyelamatan penting pada saat laga Argentina vs Kroasia di semi final Piala Dunia 2022.

Di babak final mempertemukan Argentina vs Prancis yang mengalahkan Maroko 2-0. Selain adu lini serang, kedua negara ini juga akan beradu ketangguhan kiper menahan serangan lawan.

Khusus untuk Martinez, nampaknya dia akan lebih diuntungkan jika pertandingan berjalan sampai babak adu penalti. Pasalnya, kiper Aston Villa ini sudah mengalami situasi menegangkan itu pada saat melawan Belanda di babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Martinez pada saat itu menepis dua tendangan awal Belanda dan memastikan La Albiceleste melenggang ke semi final. Tendangan yang berhasil ditepis yaitu Virgil van Dijk dan Steven Berghuis.

Martinez juga beberapa kali melakukan penyelamatan pada babak adu penalti untuk timnya. Contohnya pada saat Argentina memenangkan adu penalti 3-2 atas Kolombia di semi final Copa America 2020, Martinez menepis tiga tendangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Emiliano Martinez

Emiliano Martinez lahir dengan nama lengkap Damián Emiliano Martínez Romero. Ia lahir di Mar del Plata, Argentina pada 2 September 1992. Martinez sebenarnya bisa memiliki dua kewarganegaan yaitu Argentina dan Spanyol.

Pria pemilik tinggi badan 1,95 meter tersebut saat ini bermain sebagai penjaga gawang untuk klub Aston Villa, Inggris. Mengutip Transfermarkt, Martinez telah mengikuti enam pertandingan di Piala Dunia 2022 dan seluruhnya dilakukan sejak menit pertama.

Kepiawaiannya di bawah mistar membuatnya berhasil menangkis dua tendangan penalti dari pemain Belanda dalam adu penalti, saat babak perempat final.

Sebelum merumput untuk Aston Villa, Emiliano Martinez berlaga untuk Arsenal. Di Arsenal, Martinez membantu klub Liga Inggris tersebut meraih tiga kali juara English Super Cup pada tahun 2015, 2016, dan 2021. Selain itu Arsenal juga meraih dua kali juara English FA Cup pada 2017 dan 2022.

Sementara saat main untuk Argentina, ia membantu timnas tersebut menjuarai Copa America pada 2021 dan Conmebol-UEFA Cup of Champions pada 2022. Sekadar infromasi, saat ini harga transfer kiper ini adalah Rp434,54 miliar.

 

3 dari 4 halaman

Diberi Julukan Dibu

Martinez diberi julukan "Dibu" kependekan dari Dibujo yang berasal dari masa-masa awal karirnya di Independiente. Julukan ini mengacu pada kemiripannya dengan karakter dari kartun Argentina telenovela Mi familia es un Dibujo.

Kiper menjadi sedikit tidak biasa adalah salah satu klise tertua dalam sepak bola dengan kepribadian besar menarik sarung tangan selama bertahun-tahun di panggung Piala Dunia.

Emiliano Martinez mengatakan kepindahannya ke Aston Villa dari Arsenal sangat menguntungkan dirinya. Lantaran, Martinez menjadi kiper utama dan banyak menit bermain, imbasnya dia dipanggil Timnas Argentina dan langsung menjadi kiper utama Tim Tango.

Saat berseragam Arsenal, Martinez memang lebih sering duduk di bangku cadangan. Arsenal yang diarsiteki Mikel Arteta lebih memilih Bernd Leno pada saat itu yang sudah digantikan oleh Aaron Ramsdale.

"Kepindahan saya ke Aston Villa membawa saya fokus ke Liga Premier yang lebih besar dan membawa saya bersama Argentina ke level baru," ujar Martinez dilansir dari The Sporting News.

 

4 dari 4 halaman

Mental Kuat

Keunggulan lainnya dari Martinez adalah dia memiliki mentalitas yang kuat saat berada di bawah tekanan. Pada situasi sulit, Martinez kerap kali bisa menyikapinya dengan 'nakal' dan justru memenangkan adu mental atas lawannya.

Pada semi final Copa America 2021, Martinez mengejek Yerry Mina yang menjadi penendang ketiga Kolombia. Akhirnya, Martinez memenangkan adu mental dan berhasil menepis tendangan Mina.

Pada saat Argentina mengalahkan Belanda di babak perempat final Piala Dunia 2022 juga Martinez terlihat memenangkan duel adu mental dengan para penendang Belanda. Walaupun, Louis van Gaal menyebut The Oranje akan diuntungkan jika laga berakhir dengan adu penalti.

"Saya menunjukkannya kepada Martín (Tocalli ) dan psikolog saya dan saya memberi tahu bahwa mereka (van Gaal) telah menyalakan dinamit," tegas dia.

"Saya tidak berpikir, saya hanya berpikir bahwa saya akan tutup mulut dia. Itu adalah cinta yang mereka berikan kepada saya dan saya harus membuktikannya (menang di adu penalti)," lanjut Emi Martinez usai laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.