Sukses

Perjalanan Maroko ke Semi Final Piala Dunia 2022: Belum Pernah Dibobol Lawan

Perjalanan Maroko dari fase grup sampai semi final Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Maroko menggoreskan tinta sejarah sebagai negara Afrika pertama yang lolos ke babak semi final Piala Dunia. Dalam perjalanannya, tim berjuluk Singa Atlas sudah teruji dengan menumbangkan banyak unggulan seperti Belgia, Spanyol dan terakhir Portugal.

Sebelum sampai di babak semi final, Maroko memulangkan Portugal beserta Cristiano Ronaldo. Hakim Ziyech dan kawan-kawan menang 1-0 lewat gol tandukan Youssef En-Nesyri di menit ke-42.

Gol sundulan En-Nesyri ini memecahkan rekor Cristiano Ronaldo dalam tinggi lompatan menanduk bola. Striker Sevilla itu menyundul dari ketinggian 2,78 meter, lebih tinggi dari sundulan CR7 saat melawan Sampdoria pada Desember 2019 ketika ia bermain untuk Juventus, yang hanya 2,5 meter.

"Kami semua senang, sangat gembira atas kemenangan atas Portugal dan kami bisa ke semi final," kata En-Nesyri dilansir Marca.

"Saya berterima kasih kepada rekan satu tim saya dan para supoter. Setelah gagal pada 2018, saya memberi tahu rekan satu tim saya bahwa kami akan mengalahkan Spanyol dan Portugal," ucap dia menambahkan.

Sebelum mengalahkan Portugal, Singa Atlas juga tampil mengejutkan menghadapi Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Maroko tampil apik saat menghadapi La Roja dengan menahan imbang 0-0 pada waktu normal dan unggul 3-0 pada adu penalti.

Pada laga yang digelar di Stadion Education City, Selasa (6/12/2022) malam itu kiper Maroko, Yassine Bounou menjadi pahlawan. Penjaga gawang Sevilla ini menggagalkan tiga atau seluruh tendangan dari Spanyol, yaitu Pablo Sarabia, Carlos Soler dan Sergio Busquets

Sementara tendangan penalti Maroko yang diawali oleh Abdelhamid Sabiri dan dilanjutkan Hakim Ziyech mampu membobol gawang Unai Simon. Tendangan penalti Maroko yang gagal hanya dilakukan oleh Badr Banoune yang menendang ketiga dan ditutup oleh panenka dari Achraf Hakimi membawa Maroko unggul 3-0.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fase Grup

Di fase grup, Maroko sebenarnya juga sudah membuat kejutan dengan lolos dari Grup F Piala Dunia 2022 Qatar sebagai juara grup. Maroko berhasil memulangkan negara unggulan, Belgia.

Maroko memulai pertandingan di Piala Dunia 2022 di Qatar ini tidak terlalu meyakinkan. Namun, bisa dibilang positif karena menahan finalis Piala Dunia 2018 denga skor 0-0.

Di pertandingan kedua Singa Atlas mengalahkan Belgia 2-0 dan di pertandingan penentu berhasil menang 2-1 melawan Kanada yang sedang on fire. Maroko berhak dengan status juara grup dengan 7 poin dan tanpa mengalami kekalahan.

Selama babak fase grup dan sampai saat ini, Maroko berhasil menjaga tidak kebobolan dari pemain lawan. Satu gol yang masuk ke gawangnya hanya berasal dari gol bunuh diri pemain Maroko saat melawan Kanada.

Di babak semi final, Maroko sudah ditunggu tim unggulan lainnya, Prancis. Pertandingan Prancis vs Maroko akan berlangsung di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB. Laga ini juga akan disiarkan oleh SCTV, Indosiar, NEX Parabola, dan Vidio.

 

3 dari 6 halaman

Momen Dramatis

Di babak semifinal, Maroko merupakan satu-satunya wakil benua Afrika yang masih tersisa. Mereka melewati sukses Kamerun, Senegal dan Ghana yang berhasil melaju sampai babak perempat final.

Lolosnya Maroko sampai babak semi final juga menjadi sejarah tersendiri bagi Singa Atlas. Sebelumnya, perempat final Piala Dunia 2022 juga adalah langkah terjauh Maroko di event sepak bola empat tahunan ini.

Momen dramatis bagi Maroko adalah ketika menghadapi Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Spanyol yang diisi pemain-pemain dunia mendominasi pertandingan, bahkan penguasaan bola mencapai 75% berbanding 25%.

Tendangan dari Spanyol juga menghujani gawang Maroko, total ada 8 tendangan namun hanya 2 yang mengarah ke gawang. Beberapa di antaranya mengenai mistar dan tiang gawang.

Maroko tetap fokus dan pada akhirnya menahan imbang Spanyol di waktu normal 0-0 dan dilanjutkan ke babak adu penalti. Sebelum mengeksekusi tendangan 12 pas, para pemain Maroko berdoa dengan melantunkan surat Al-Fatihah.

Pada babak adu penalti, tiga tendangan pertama Spanyol dimentahkan oleh Yassine Bounou. Ketiga penendang itu yaitu Pablo Sarabia, Carlos Soler dan Sergio Busquets.

Sedangkan seluruh penendang Maroko bwrhasil menceploskan bola ke gawang Unai Simon. Maroko menang 3-0 di adu penalti.

 

4 dari 6 halaman

Hasil Pertandingan

Grup F:

Maroko vs Kroasia 0-0

Belgia vs Maroko 0-2 (Romain Saiss 73', Z. Aboukhlal 92')

Kanada vs Maroko 1-2 (Naif Aguerd OG 40' - Hakim Ziyech 4', Y En-Nesyri 23')

Babak 16 Besar:

Maroko vs Spanyol 0-0 (3-0 adu penalti)

Babak Perempat Final:

Maroko vs Portugal 1-0 (En-Nesyri 42')

 

5 dari 6 halaman

Data dan Fakta

Jumlah gol: 5

Kemasukan: 1

Pemain yang diragukan tampil:

- Hakim Ziyech (benturan)

- Romain Saiss (benturan)

- Noussair Mazraoui (demam)

- Nayef Aguerd (hamstring)

- Walid Cheddira (kartu merah)

 

6 dari 6 halaman

Jadwal Maroko

Babak Semi Final Piala Dunia 2022

Kamis (15/12/2022)

02.00 WIB: Prancis vs Maroko (Al Bayt Stadium)

Siaran langsung: SCTV, Indosiar, NEX Parabola, dan Live Streaming di Vidio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.