Sukses

Inggris Disingkirkan Prancis dari Piala Dunia 2022, Harry Kane Bertanggung Jawab

Harry Kane menyamai rekor Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa. Tetapi, kegagalannya mengeksekusi penalti membuat Inggris kalah dari Prancis dan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Harry Kane mengambil tanggung jawab atas tersingkirnya Inggris dari Piala Dunia 2022 Qatar usai tendangan penaltinya melambung di atas mistar gawang Prancis. The Three Lions takluk 1-2 dari Les Bleus di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (11/12) dini hari WIB.

Prancis unggul terlebih dahulu lewat gol Aurelien Tchouameni pada menit ke-17. Inggris kemudian membalas pada menit ke-54 dengan tendangan penalti Harry Kane.

Namun, Olivier Giroud mengembalikan keunggulan juara bertahan Piala Dunia itu pada menit ke-78. Inggris punya peluang untuk kembali menyamakan skor setelah mendapat hadiah penalti lantaran Theo Hernandez melanggar Mason Mount.

Kane kembali menjadi algojo. Tapi, tendangan penalti keduanya ini melambung di atas mistar gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris.

Kegagalan tersebut membuat Kane gagal mengungguli Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak inggris sepanjang masa. Tak hanya itu, The Three Lions juga harus tersingkir di perempat final Piala Dunia 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akui kesalahan

Setelah pertandingan, Harry Kane mengungkapkan kesalahannya dan memuji rekan satu timnya. "Sulit untuk menerima saya secara pribadi dan untuk tim," kata kapten Inggris itu kepada BBC Sport.

"Saya sangat bangga dengan para pemain. Kami memiliki permainan yang lebih baik, peluang yang lebih baik, tetapi sepak bola hanya memiliki detail kecil."

"Sebagai kapten dan orang yang gagal mengeksekusi penalti, saya bertanggung jawab untuk itu. Saya tidak bisa menyalahkan persiapan saya atau detail sebelum pertandingan," ucap Kane menambahkan.

"Saya merasa percaya diri mengambilnya, saya hanya tidak mengeksekusinya seperti yang saya inginkan. Itu akan menjadi sesuatu yang harus saya jalani dan hadapi."

"Tim berada di tempat yang sangat bagus dan akan ada yang tertinggi di masa depan. Berdiri di sini sekarang, kami sedih ini telah berakhir karena kami memiliki keyakinan penuh bahwa kami bisa melangkah jauh. Kami bangga dengan apa yang kami sudah selesai," pungkas Kane.

Harry Kane adalah pemain pertama yang mencetak gol dan gagal mengeksekusi penalti dalam pertandingan Piala Dunia (tidak termasuk adu penalti). Sebelumnya ada Michal Bilek yang melakukannya untuk Cekoslowakia melawan Amerika Serikat pada 1990.

Dia telah mencetak lebih banyak penalti di Piala Dunia daripada pemain lain, yakni empat.

 

3 dari 3 halaman

Wayne Rooney

Harry Kane kini sejajar dengan Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang sejarah, yakni dengan 53 gol. Rooney pun menyatakan dukungannya untuk kapten Three Lions itu setelah kekalahan dari Prancis.

"Benar-benar sedih untuk para pemain tetapi bangga dengan cara mereka bermain di turnamen ini dan mereka seharusnya bangga," kata mantan bintang Manchester United itu di Twitter.

"Selamat kepada Harry Kane karena telah menyamai rekor, dia akan segera berdiri sendiri dan aku tidak bisa memikirkan orang lain yang lebih baik untuk mengambil alih. Tegakkan kepalamu Harry."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.