Sukses

Perjalanan Portugal ke Perempat Final Piala Dunia 2022: Mulai Lepas dari Ketergantungan Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta Portugal sukses mengunci satu tempat di perempat final Piala Dunia 2022. Hasil itu, tentunya, tidak mereka dapatkan dengan mudah.

Timnas Portugal memulai perjalanan mereka dengan tergabung di H bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan. Saat pembagian grup, Os Navegadores tak dimungkiri dijagokan untuk melaju jauh.

Dan benar saja. Di babak Grup H, Portugal memenangi laga perdana kontra Ghana. Adapun, skor akhir berkesudahan dengan 3-2.

Tapi, raihan 3 poin Portugal tidak didapatkan dengan enteng. Kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Pada babak kedua, Portugal membuka angka via sepakan penalti Cristiano Ronaldo. Namun, keunggulan mereka tak bertahan lama karena Andre Ayew menyamakan kedudukan.

Tak lama berselang, Portugal kembali unggul via Joao Felix dan disusul Rafael Leao. Kedudukan 3-1.

Saat pertandingan tersisa 10 menit, Ghana memberikan tekanan intens dan mencetak 1 gol satu menit jelang waktu babak kedua rampung. Beruntung, tak ada gol tambahan dan membuat Portugal pulang dengan kemenangan.

Laga kedua juga tak kalah sengit. Sat jumpa Uruguay, lagi-lagi Portugal bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Situasi ini cukup sulit. Sebab, Portugal butuh tiga angka untuk mengamankan satu tempat di babak 16 besar.

Nasib baik memihak pada Portugal. Dua gol Brono Fernandes, yang salah satunya lahir via titik putih, berhasil membuat Portugal menang 2-0 di akhir laga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sempat Kalah di Babak Grup

Di laga ketiga babak grup, Portugal bertemu Korea Selatan. Berstatus sebagai juara grup dan sudah mengunci satu tiket ke babak gugur, Portugal tetap menurunkan nama-nama terbaik.

Berbeda dengan dua laga sebelumnya, Portugal unggul cepat via Ricardo Horta di menit kelima. Namun setelahnya, mereka dipaksa untuk merespons serangan-serangan kilat pemain Korea Selatan.

Memasuki menit ke-27, Korea Selatan sukses menyamakan kedudukan. Adalah Kim Young-Gwon yang mencatatkan namanya di papan skor.

Hasil imbang sejatinya sudah cukup buat Portugal. Namun, tidak untuk Korea Selatan karena pasukan Taeguk butuh kemenangan untuk menemani Portugal ke babak 16 besar.

Hasil akhir kemudian berpihak pada Korea Selatan. Di waktu tambahan babak kedua, Hwang Hee-chan sukses membalikkan kedudukan dan memaksa Portugal kalah dengan skor 1-2.

Hasil ini sejatinya tak memengaruhi perolehan poin di tabel klasemen. Sebab, Portugal berhak untuk menjadi juara grup.

 

3 dari 5 halaman

Babak 16 Besar Dilalui dengan Mudah

Memasuki babak 16 besar, Portugal berhadapan dengan Swiss. Adapun, negara yang disebutkan barusan adalah wakil dari Grup G selaku runner-up.

Menghadapi Swiss, Portugal melaju kencang tanpa kesulitan. Di babak pertama mereka unggul dua gol via Goncalo Ramos dan Pepe.

Di babak kedua, Portugal mengamuk dengan mencetak 4 gol yang masing-masingnya dicatatkan atas nama, Raphael Guerreiro dan Rafael Leao. Adapu, dua tambahan lainnya dicetak oleh Ramos yang sekaligus mencatatkan hattrick di laga ini.

4 dari 5 halaman

Sempat Tanpa Ronaldo

Portugal sempat mengguncang publik dunia dengan mencadangkan Cristiano Ronaldo. Pemain kelahiran 5 Februari 1985 ini tak masuk daftar susunan 11 awal saat Portugal jumpa Swiss.

Tak bermainnya Ronaldo menimbulkan sejumlah spekulasi. Salah satunya sikap Ronaldo yang tak menerima saat ditarik keluar ketika Portugal vs Korea Selatan yang berujung kekalahan.

Alhasil, guna meredakan konflik, pelatih Portugal, Fernando Santos, akhirnya memberikan keterangan resmi.

"Tak ada hubungannya dengan insiden Korea Selatan. Ini murni strategi," kata Santos.

"Ronaldo adalah pemain profesional. Jika dia bermain, dia akan membantu tim," jelas sang pelatih.

 

5 dari 5 halaman

Portugal Bertemu Maroko

Melaju ke babak perempat final, Portugal dijadwalkan bentrok dengan Maroko. Adapun, negara yang disebutkan barusan sukses memukul pulang Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Duel Maroko vs Portugal akan tersaji di Al Thumamam Stadium pada Sabtu (10/12) pukul 22:00 WIB dan dapat disaksikan dengan mengeklik tautan berikut ini.

Duel Maroko vs Portugal dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola. Untuk jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia lainnya bisa diperoleh di link berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS