Sukses

Hasil Lengkap Piala Dunia 2022, 5-6 Desember: Brasil Pesta Gol, Jepang Pulang Dramatis

Liputan6.com, Jakarta Babak 16 besar Piala Dunia 2022 kembali menghadirkan pertandingan seru dan penuh drama pada Senin (5/12) dan Selasa dini hari WIB (6/12) tadi. Dua negara pun berhasil rebut tiket ke delapan besar.

Pada laga pertama hari Senin, mempertemukan tim kejutan pada Piala Dunia Qatar yaitu Jepang melawan finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, di Al Janoub Stadium.

Jepang berhasil mencetak gol lebih dulu pada akhir babak pertama. Umpan silang Ritsu Doan diteruskan Maya Yoshida dengan sundulan. Bola langsung disambar oleh Daizen Maeda di mulut gawang. Jepang memimpin 1-0 sampai jeda.

Kroasia memulai babak kedua dengan baik. 10 menit setelah turun minum papan skor sudah imbang 1-1. Ivan Perisic menjebol gawang Jepang lewat sundulan keras usai meneruskan umpan Dejan Lovren.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit 63. Luka Modric melepaskan tendangan setengah voli dari luar kotak penalti. Gonda dengan cekatan terbang menepis sepakan cantik Modric. Di sisa 90 menit, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol lagi. Pertandingan pun dilanjutkan ke extra time.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Eksekutor Jepang Lemah

Di extra time, kedua tim sama-sama sudah kelelahan. Tak banyak peluang yang bisa dihasilkan baik oleh Jepang maupun Kroasia.

Jepang memiliki satu peluang di extra time pada menit 104. Winger Kaoru Mitoma melakukan solo-run dan diakhiri dengan tembakan keras. Tapi Dominic Livakovic masih sigap menepisnya.

Karena tak ada gol, pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti.

Pada babak adu penalti keberuntungan tak berpihak kepada Jepang. Livakovic jadi pahlawan Kroasia. Dia berhasil menepis eksekusi Takumi Minamino, Mitoma dan Maya Yoshida. Hanya Takuma Asano yang berhasil memperdaya Livakovic.

Di sisi lain Gonda tak bisa menepis satupun eksekusi pemain Kroasia. Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic dan Mario Pasalic sukses memperdaya Gonda. Cuma Marko Livaja yang gagal membuat gol karena sepakannya membentur tiang gawang.

3 dari 4 halaman

Korea Kalah Kelas Lawan Brasil

Pada laga setelahnya atau Selasa dini hari WIB (6/12), Brasil tanpa masalah mengalahkan Korea Selatan di 974 Stadium, Doha. "Tim Samba" berhasil menang telak 4-1.

Gol pertama Brasil dicetak pada menit ke-8. Rapinha menusuk di sisi kanan pertahanan lawan masuk kotak penalti dan melepaskan umpan ke arah titik penalti.

Bola lewat dari semua pemain dan jatuh ke kaki Vinicius Junior, yang dengan tenang menceploskan bola meski disergap pemain-pemain Korea Selatan.

Brasil sukses menggandakan keunggulan di menit ke-13 dari hadiah penalti, yang diberikan usai kaki Richarlison tertendang pemain belakang Korsel.

Neymar yang maju sebagai eksekutor dengan tenang menceploskan bola menyusur tanah ke sisi kiri kiper Korsel, Kim Seung-Gyu, yang tertipu.

Brasil kembali menambah gol untuk membuat skor jadi 3-0 di menit ke-29 lewat aksi menawan Richarlison. Permainan umpan pendek berhasil dituntaskannya menjadi gol.

Permainan impresif Brasil kembali berbuah gol pada menit ke-36. Kerjasama Richarlison, Neymar, Vinicius dan dituntaskan oleh Lucas Paqueta untuk membuat skor jadi 4-0 yang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Korsel hanya bisa memperkecil ketinggalan pada menit ke-76. Tendangan keras setengah volley Paik Seung-ho menghujam keras gawang Brasil tak bisa digagalkan Alisson.

4 dari 4 halaman

Hasil Lengkap Piala Dunia 2022 Semalam

Hari Senin, 5 Desember 2022:

Jepang 1-1 Kroasia (Kroasia menang 3-1 dalam adu penalti)

Jepang: Daizen Maeda 42'

Kroasia: Ivan Perisic 55'

Adu penalti:

Jepang: Minamino (x), Mitoma (x), Asano (o), Yoshida (x)

Kroasia: Vlasic (o), Brozovic (o), Livaja (x), Pasalic (o)

 

Hari Selasa dini hari WIB, 6 Desember 2022:

Brasil 4-1 Korea Selatan

Brasil: Vinicius Junior 7', Neymar 13' (pen), Richarlison 29', Paqueta 36'

Korsel: Paik Seung-ho 76'

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS