Sukses

Hasil Piala Dunia 2022: Brasil Cetak 4 Gol Cepat, Bantai dan Pulangkan Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta Brasil berhasil melangkah ke babak delapan besar Piala Dunia 2022 usai pesta gol 4-1 ke gawang Korea Selatan, pada lanjutan babak 16 besar hari Selasa dini hari WIB (6/12).

Pertandingan Piala Dunia Qatar pukul 02.00 dini hari WIB itu menghasilkan banyak gol, sayang hanya untuk Brasil saja. Sementara Korea Selatan babak belur hadapi raksasa Amerika Selatan tersebut.

Vinius Junior membuat keunggulan Brasil lebih dulu di menit ke-8. Lalu ditembah eksekusi penalti Neymar (menit ke-13'), aksi Richarlison (29'), dan sontekan Lucas Paqueta (36').

Sementara Korea Selatan hanya bisa membalas satu gol lewat tendangan jarak jauh Paik Seung-ho pada menit ke-76.

Dengan hasil ini, Brasil melangkah terus masuk perempat final Piala Dunia dan akan menghadapi Kroasia di Education City Stadium pada 9 Desember 2022 pukul 22.00 WIB.

Jalannya Pertandingan:

Awal yang buruk dirasakan Korea Selatan. Bagaimana tidak, tim berjuluk Taeguk Warriors itu sudah kebobolan dua kali dalam rentan waktu 15 menit awal babak pertama.

Gol pertama Brasil dicetak pada menit ke-8. Rapinha menusuk di sisi kanan pertahanan lawan masuk kotak penalti dan melepaskan umpan ke arah titik penalti.

Bola lewat dari semua pemain dan jatuh ke kaki Vinicius Junior, yang dengan tenang menceploskan bola meski disergap pemain-pemain Korea Selatan. 1-0.

Brasil sukses menggandakan keunggulan di menit ke-13 dari hadiah penalti, yang diberikan usai kaki Richarlison tertendang pemain belakang Korsel.

Neymar yang maju sebagai eksekutor dengan tenang menceploskan bola menyusur tanah ke sisi kiri kiper Korsel, Kim Seung-Gyu, yang sudah lebih dulu bergerak ke kanan.

Korsel langsung menyerang demi mengejar ketinggalan. Hwang Hee-chan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang memaksa Alisson melakukan penyelamatan sambil terbang.

Ini adalah tendangan ke arah gawang pertama yang dihadapi Alisson sepanjang Piala Dunia 2022.

Brasil kembali menambah gol untuk membuat skor jadi 3-0 di menit ke-29 lewat aksi menawan Richarlison. Permainan umpan pendek berhasil dituntaskannya menjadi gol.

Permainan impresif Brasil kembali berbuah gol pada menit ke-36. Kerjasama Richarlison, Neymar, Vinicius dan dituntaskan oleh Lucas Paqueta untuk membuat skor jadi 4-0 yang bertahan hingga turun minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Korea Cetak Gol Indah

Pada babak kedua, Korea Selatan langsung coba menyengat di menit ke-48. Umpan bola panjang berhasil direbut Son Heung-min dari jangkauan Marquinhos. Son pun lepaskan tendangan tapi masih gagal karena membentur bahu Alisson.

Korsel mencoba lebih tenang dan coba menurunkan tempo pertandingan yang sebelumnya dikuasai Brasil.

Kendati demikian, Brasil masih tetap bisa membuat peluang. Kali ini sosok Rapinha yang berkali-kali menjadi ancaman.

Satu tendangannya di menit ke-54 melayang di atas gawang, sementara peluangnya mencetak gol di menit ke-62 masih mampu ditepis Kim Seung-gyu.

Korsel akhirnya memperkecil ketinggalan pada menit ke-76. Tendangan keras setengah volley Paik Seung-ho menghujam keras gawang Brasil tak bisa digagalkan Alisson.

Moral pemain Korsel tampak mulai pulih usai gol tersebut. Beberapa peluang lewat kedua pemain sayap berhasil dibuat namun masih belum ada yang berujung menjadi gol.

Brasil juga sempat mendapatkan peluang lewat tendangan salto Dani Alves di menit ke-88. Namun bola masih bisa diblok bek lawan.

Skor 4-1 untuk Brasil pun bertahan sampai bubaran.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Brasil vs Korsel

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson (Weverton 81'); Danilo (Bremer 72'), Thiago Silva, Marquinhos, Eder Militao (Dani Alves 63'); Lucas Paqueta, Casemiro; Vinicius Junior (Gabriel Martinelli 72'), Neymar (Rodrygo 81'), Rapinha; Richarlison

Cadangan: Ederson, Bremer, Fred, Fabinho, Bruno Guimaraes, Everton Ribeiro, Antony, Pedro, Gabriel Martinelli

Pelatih: Tite

Korea Selatan: Kim Seung-Gyu; Kim Jin-Su (Chul Hong 46'), Kim Young-Gwon, Kim Min-Jae, Kim Moon-Hwan; Jung Woo-Young (Jun-ho Son 46'), Hwang In-Beom (Paik Seung-Ho 65'); Son Heung-Min, Lee Jae-Sung, Hwang Hee-Chan; Cho Gue-Sung

Cadangan: Song Beom-keun, Jo Hyeon-woo, Yoon Jong-gyu, Kyung-won Kwon, Tae-hwan Kim, Yu-min Cho, Na Sang-ho, Lee Kang-in, Kwon Chang-Hoon, Woo-yeong Jeong, Song Min-kyu

Pelatih: Paulo Bento

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS