Sukses

Hasil Piala Dunia 2022: Kurang Banyak Bobol Arab Saudi, Meksiko Tersingkir Menyakitkan

Liputan6.com, Jakarta Meksiko dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022 meski berhasil menang 2-1 atas Arab Saudi pada laga pamungkas Grup C hari Kamis dini hari WIB (1/12).

Butuh kemenangan dengan setidaknya dua gol, Meksiko menggila di babak kedua dan sukses mencetak gol lewat Hendry Martin di menit ke-47 dan tendangan bebas indah Luis Chavez lima menit kemudian.

Dengan skor ini, Meksiko posisinya sama dengan Polandia di papan klasemen baik dari segi poin maupun selisih gol. Meksiko butuh satu gol lagi untuk lolos meyakinkan.

Tapi malah malapetaka yang terjadi di menit ke-95 setelah striker Arab Saudi, Salem Al-Dawsari, membobol gawang Guillermo Ochoa dan membuat skor jadi 1-2.

Dengan hasil ini, Meksiko gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar karena hanya bisa menduduki peringkat tiga Grup C dengan poin 4, sama dengan Polandia tetapi kalah selisih gol.

Sementara Arab Saudi harus puas mengakhiri perjalannya di Piala Dunia dengan menduduki posisi juru kunci Grup C dengan tiga poin.

Jalannya Pertandingan:

Meksiko langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit babak pertama ditiupkan.

Kiper Arab Saudi, Mohammes Al Owais, bahkan sudah dipaksa membuat dua penyelamatan dari peluang yang didapat Alexis Vega dan Henry Martin dalam 10 menit pertama.

Meksiko terus mendikte jalannya pertandingan. Pemain-pemain Arab Saudi berusaha keras untuk menekan tetapi masih belum bisa membuat ancaman berarti.

Arab Saudi sempat dapat peluang di menit ke-12 lewat tendangan bebas. Sayang, eksekusi Mohammed Kanno hanya melayang tipis dari gawang Guillermo Ochoa.

Memasuki menit ke-20, Meksiko membuat beberapa peluang yang mengarah ke gawang Arab Saudi. Tetapi baik tendangan Luis Chaves, maupun tendangan dan sundulan Orbelin Pineda masih bisa diredam.

Dalam 15 menit akhir babak pertama, Meksiko masih mengontrol jalannya pertandingan. Sementara Arab Saudi mencoba sesekali menyerang lewat counter attack.

Peluang terbaik didapatkan lewat tendangan jarak jauh Edson Alvarez pada menit ke-41. Tapi masih belum bisa menemukan sasaran karena bola melebar di sisi kanan gawang Arab Saudi.

Di akhir paruh pertama, Meksiko melancarkan gelombang gempuran ke kotak penalti lawan. Beruntung, lini pertahanan Arab Saudi masih disiplin menjaga ruang tembak.

Arab Saudi nyaris membahayakan gawang Meksiko. Namun, sundulan Ali Al Hassan memanfaatkan umpan silang Feras Al Brikan masih melebar tipis. Skor 0-0 pun bertahan sampai turun minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Meksiko Menggila di Babak Dua

Meksiko langsung menyengat di babak kedua. Pasukan El Tri bermain agresif dan membuahkan hasil positif saat babak kedua baru berjalan dua menit saja.

Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Cesar Montes berhasul diselesaikan Henry Martin dengan sontekan cantik di bibir gawang. 1-0 untuk Meksiko.

Menit ke-52, Meksiko berhasil menggandakan keunggulan lewat sebuah tendangan bebas yang bisa masuk nominasi gol terbaik di Piala Dunia 2022 ini.

Luis Chavez maju sebagai eksekutor dan tendangan kaki kirinya dari jarak 30 meter berhasil menghujam keras ke pojok gawang Mohammes Al Owais. Meksiko unggul 2-0.

Empat menit berselang, Meksiko lagi-lagi mengoyang gawang Arab Saudi lewat tendangan mendatar Edson Alvarez. Namun, gol dianulir wasit karena sang pemain dinilai sudah berdiri offside.

Pertandingan semakin seru karena Meksiko membutuhkan satu gol lagi demi memuluskan langkah ke babak 16 besar, karena selisih gol sama dengan Polandia.

Banyak peluang pun tercipta dan mengancam pertahanan Arab Saudi. Salah satu yang terbaik kembali lewat tendangan bebas Chavez di menit ke-73. Tetapi tendangan kerasnya kali ini mampu ditepis Al Owais.

Berkali-kali Meksiko melancarkan gelombang serangan, bahkan dua di antaranya berujung gol namun dianulir karena offside. Mereka harus mencetak gol karena kalah poin disiplin dari Polandia.

Bukannya mencetak gol, gawang Meksiko malah kebobolan pada menit ke-95 lewat gol Salem Al Dawsari memanfaatkan lengahnya lini belakang lawan.

Skor 2-1 untuk Meksiko pun bertahan sampai bubaran. Hasil yang membuat Meksiko gagal lolos ke babak 16 besar.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Meksiko vs Arab Saudi

Susunan Pemain:

Arab Saudi: Mohammed Al Owais; Ali Al Bulayhi (Riyadh Sharahili 39'), Abdulelah Al Amri, Hassan Tambakti; Mohammed Kanno, Ali Al Hassan (Abdullah Madu 46'), Saud Abdulhamid, Sultan Al Ghannam (Hattan Bahbri 88'); Salem Al Dawsari, Feras Al Brikan, Saleh Al Shehri (Abdulrahman Al Obud 62')

Cadangan: Nawaf Al Abid, Mohammed Al Yami, Nasser Al Dawsari, Sami Al Naji, Abdullah Otayf, Haitham Asiri

Pelatih: Herve Renard

Meksiko: Guillermo Ochoa; Jesus Gallardo, Hector Moreno, Jorge Sanchez (Kevin Alvarez 87'), Cesar Montes; Luis Chavez, Edson Alvarez (Rogelio Funes Mori 87'); Hirving Lozano, Alexis Vega (Uriel Antuna 46'), Orbelin Pineda (Carlos Rodriguez 77'); Henry Martin (Raul Jimenez 77')

Cadangan: Johan Vazquez, Gerardo Arteaga, Rodolfo Cota, Erick Gutierrez, Roberto Alvarado, Luis Romo, Andres Guardado, Hector Herrera, Nestor Araujo, Alfredo Talavera.

Pelatih: Gerardo Martino

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS