Sukses

Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Cody Gakpo setelah Cetak Gol di Laga Belanda vs Qatar

Liputan6.com, Jakarta Cody Gakpo kembali menarik perhatian setelah lagi-lagi mencetak skor untuk membantu Belanda meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah Qatar pada laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022).

Satu gol De Oranje lainnya diciptakan Frenkie De Jong memaksimalkan bola muntah tendangan Memphis Depay yang diblok kiper Qatar. Kemenangan tersebut memastikan Belanda lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan runner up Grup B di Stadion Khalifa International, Sabtu (3/12/2022).

Bagi Cody Gakpo, golnya ke gawang Qatar membuat dia jadi pemain Belanda pertama yang selalu mencetak gol di tiga pertandingan babak grup. Menariknya, penyerang PSV Eindhoven itu, juga selalu menjadi menciptakan gol pertama untuk Belanda di tiga laga babak grup Piala Dunia.

Sebelumnya Cody Gakpo mencetak skor yang membuka jalan Belanda mengalahkan Senegal 2-0 di laga pertama dan ke gawang Ekuador yang berakhir imbang 1-1.

Selain Cody Gakpo, ada tiga pemain Belanda yang mencetak gol dalam tiga laga berturut-turut, yakni Johan Neerkens pada Piala Dunia 1974, Dennis Bergkamp di Piala Dunia 1994, dan Wesley Sneijder di Piala Dunia 2010.

Tetapi ketiga legenda sepak bola Belanda itu, menciptakannya bukan di tiga pertandingan pertama De Oranje. Johan Neeskens melakukannya dari laga kedua putaran kedua babak grup hingga final.

Bergkamp mencetak tiga gol beruntun di Piala Dunia 1994, pada laga terakhir babak grup, babak 16 besar, dan perempat final. Sedangkan Sneijder mencetak skor di babak 16 besar, perempat final dan semifinal Piala Dunia 2010.

Performa Cody Gakpo sejauh ini, di Piala Dunia 2022, sepertinya makin membuat klub pengincar bakal makin gencar mendapatkan sang pemain. Manchester United disebut-sebut jadi yang terdepan mendapatkan penyerang berusia 23 tahun itu.

Setan Merah konon menaruh hati pada jebolan akademi PSV, menyusul kontribusinya yang signifikan di level klub. Transfermarkt mencatat Gakpo telah mengoleksi 13 gol dan 17 assist hanya dalam 24 pertandingan sepanjang musim ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Jadi Pemain Paling Diincar MU

Dilansir dari Metro, manajer MU Erik ten Hag akan memprioritaskan transfer penyerang baru di bursa transfer Januari mendatang. Langkah ini diambil usai megabintang Cristiano Ronaldo berpisah lebih awal dengan Setan Merah.

Nama Gakpo kabarnya tercantum dalam daftar pemain teratas yang ingin diboyong juru taktik berkepala plontos ke Old Trafford. Di samping itu, penggawa Chelsea Christian Pulisic juga disebut-sebut masuk dalam pertimbangan.

Menanggapi situasi ini, pemain internasional Belanda ogah ambil pusing. Ia lebih ingin berkonsentrasi membantu Oranje mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, alih-alih memikirkan rumor kepindahannya pada Januari.

 

3 dari 5 halaman

Fokus Piala Dunia

“Saya sekarang fokus ke Piala Dunia. (Rumor transfer) selalu menyenangkan untuk didengar, tetapi saya hanya ingin fokus di sini dan melakukan yang terbaik,” ujar Gakpo saat ditanya mengenai ketertarikan MU, seperti dilansir dari Metro.

“Saya tidak malu dengan rumor itu. Hal yang ditulis orang-orang cukup bagus, tetapi saya tidak terlalu peduli dengan kabar tersebut,” sambung pemain berusia 23 tahun.

Lebih lanjut, Gakpo juga menegaskan saat ini ia ingin fokus mengembangkan kemampuan. Penggawa PSV Eindhoven itu merasa dirinya belum mencapai level tertinggi dalam karier.

“Saya tidak terkejut. Saya tahu kemampuan saya, tetapi untuk mencapai level setinggi mungkin, adalah sebuah tantangan buat saya dan saya pikir diri saya belum sampai di sana. Saya merasa masih bisa berkembang dalam berbagai aspek,” katanya menambahkan.

 

4 dari 5 halaman

Sejak Lama Ingin ke Old Trafford

Eks Direktur Teknis PSV John de Jong sempat mengungkap situasi Gakpo di level klub. Sang pemain diklaim sudah lama menanti kesempatan untuk hijrah ke Manchester United.

Gakpo bahkan menolak peluang untuk bermain di Leeds United dan Southampton pada musim panas lalu. Pesepak bola kelahiran 1999 lebih ingin bergabung dengan Setan Merah, ketimbang merumput bersama tim Liga Inggris lain.

“Cody sudah menanti cukup lama untuk menyelesaikan transfer ke Manchester United, dan sepertinya momen itu akan segera datang,” beber De Jong kepada NOS pada Minggu (27/11/2022), seperti dilansir dari Metro.

“Seminggu sebelum akhir jendela transfer lalu, (Gakpo) memiliki dua opsi di Premier League. Dia membuat pilihan sendiri. Akhirnya, saya berdiskusi dengan para dewan (untuk memutuskan) apakah dia akan dijual atau tidak. Saya pikir memang lebih baik baginya untuk tinggal (di PSV),” sambung dia.

 

5 dari 5 halaman

Sibuk Bersama Belanda

Gakpo sebenarnya tak menutup kemungkinan pada potensi kepindahan ke klub lain di jendela transfer Januari 2023 mendatang. Kendati demikian, pesepak bola berusia 23 tahun mengaku masih sibuk dengan Timnas Belanda.

“Ini adalah tim olahraga, (masalah) ini bukan hanya tentang satu individu. Saya lebih suka (memikirkan) soal tim. Saat ini, saya sibuk dengan Timnas Belanda.”

“Saya akan melihat apa yang terjadi pada musim dingin. Dalam sepak bola, segala hal memang mungkin terjadi,” pungkas penggawa PSV Eindhoven.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS