Sukses

Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Qatar, Belanda Juara Grup A

Liputan6.com, Jakarta- Belanda memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup A. Kepastian didapat usai pasukan Louis van Gaal menghajar tuan rumah Qatar 2-0 pada laga terakhir Grup A di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022) malam WIB.

Kemenangan ini membuat Belanda mengoleksi poin tujuh dari tiga laga. Mereka unggul satu poin dari Senegal yang menjadi runner-up dan ikut melenggang ke 16 besar. Qatar sendiri jadi juru kunci Grup A karena selalu kalah di tiga laga yang dilakoni.

Pada laga ini, Van Gaal kembali mencadangkan bek Mathijs de Ligt. Memphis Depay dikasih kesempatan main sejak menit awal mendampingi Cody Gakpo di lini serang Belanda.

Qatar hampir membuat kejutan saat laga berjalan tiga menit. Hatem merebut bola dari Frenkie de Jong dan melepaskan tendangan jarak jauh. Beruntung bagi Belanda, bola masih bisa diamankan kiper Noppert.

Setelah sengatan di awal, Belanda terus mendominasi jalannya pertandingan. Gol akhirnya tercipta di menit 26. Penyerang Cody Gakpo kembali menjadi pencetak gol.

Pemain PSV Eindhoven itu melakukan kolaborasi apik dengan Davy Klaassen dan dengan dingin menyelesaikannya lewat tendangan akurat ke tiang jauh.

Qatar merespons dengan baik. Di menit 29 mereka nyaris menyamakan skor. Sepakan Mohammad dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan oleh Noppert. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Belanda melakukan start gemilang setelah turun minum. Di menit 49, De Jong menggandakan keunggulan Belanda. Pemain Barcelona itu menyambar bola muntah tembakan Memphis Depay yang ditepis oleh Barsham.

Tertinggal dua gol, permainan Qatar semakin buruk. Mereka kesulitan bangkit dan terus berada dalam tekanan Belanda.

Belanda bahkan sempat mencetak gol ketiga di menit 69 melalui pemain pengganti Steven Berghuis akibat buruknya koordinasi pertahanan Qatar. Namun setelah mengecek VAR, wasit membatalkan gol ini. Gakpo handball dalam proses terciptanya gol.

Di menit 74, Belanda seharusnya bisa mencetak gol lagi. Denzel Dumfries beraksi dengan melepaskan tembakan dari sudut sempit. Kali ini Barsham bisa menepisnya.

Belanda kembali mendapat peluang emas mencetak gol ketiga pada menit 90. Tendangan jarak jauh Berghuis masih membentur mistar gawang Qatar.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Belanda: Noppert; Ake, Van Dijk, Timber; Blind, Dumfries, De Jong (Taylor 86'), De Roon (Koopmeiners 83'), Klaassen (Berghuis 66'); Gakpo (Weghorst 82'), Depay (Janssen 66')

Qatar: Barsham; Mohammad (Khidir 85'), Hassan, Khoukhi, Miguel, Ahmed; Hatem (Alaa 85'), Madibo (Boudiaf 64'), Al Haydos (Asad 64'); Ali (Muntari 64'), Afif

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS