Sukses

Jadwal Laga Penutup Grup Piala Dunia 2022: Saling Sikut Menuju 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Piala Dunia 2022 memasuki masa krusial yaitu laga terakhir di fase grup. Pertandingan-pertandingan ini akan sangat menentukan siapa yang lolos ke babak 16 besar.

Sampai saat ini, sudah tujuh negara yang mendapatkan tiket lolos ke babak knockout Piala Dunia Qatar yaitu sang juara bertahan, Prancis, Brasil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggris, dan Amerika Serikat.

Artinya masih ada 9 slot lagi yang akan diperebutkan negara-negara lain. Slot ini bakal ditentukan oleh hasil akhir lanjutan pertandingan pamungkas grup.

Lalu kapan jadwal pertandingan terakhir grup Piala Dunia akan digelar? Pertandingan akan digelar mulai Selasa (29/11) hingga Jumat nanti (1/12).

Waktu pertandingan pun sedikit berubah karena hanya dua pertandingan tiap grup akan dimainkan bersamaan, yaitu pada pukul 22.00 WIB dan 02.00 WIB.

Peringkat 1 dan 2 masing-masing grup akan lolos ke babak 16 besar. Kalau jumlah poin sama maka yang akan dihitung adalah selisih gol, Kalau selisih gol masih sama juga maka jumlah gol yang dicetak akan jadi hitungan.

Kalau jumlahnya masih sama baru hitungan poin fair play: kartu kuning (-1), kartu merah tidak langsung atau dua kartu kuning (-3), kartu merah langsung (-4) dan kartu kuning serta kartu merah (-5).

Poin fair play ini bisa sangat menentukan. Masih ingat dengan situasi yang dialami Jepang pada Piala Dunia 2018 lalu? Mereka gagal lolos ke babak 16 besar karena jumlah kartu kuning yang diterimanya.

Lalu siapa saja yang akan bertanding di partai penentuan laga terakhir fase grup? Lihat daftarnya di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Hitung-Hitungan Grup A dan Grup B

Grup A: 29 November 2022 - pukul 22.00 WIB

Ekuador vs Senegal : 1-2

Senegal lolos sebagai runner up

 

Belanda vs Qatar: 2-0

Belandang juara grup

 

Grup B: 30 November 2022 - 02.00 dini hari WIB

Wales vs Inggris: 0-3

Inggris Juara Grup

Iran vs Amerika Serikat: 1-0

Amerika serikat lolos sebagai runner up

3 dari 5 halaman

Hitung-Hitungan Grup C dan Grup D

Grup C: 1 Desember 2022 - 02.00 dini hari WIB

Polandia vs Argentina

Untuk bisa lolos, Polandia hanya membutuhkan hasil imbang di laga terakhir nanti. Tambahan satu poin sudah cukup bagi mereka untuk lolos. Sementara Argentina harus mencatatkan kemenangan kalau ingin terus bertarung di babak 16 besar.

Arab Saudi vs Meksiko

Posisi Arab Saudi sama seperti Argentina. Kalau ingin lolos, mereka harus bisa menang di laga terakhir ini. Sementara posisi Meksiko cukup sulit walaupun menang, karena jumlah selisih gol -2 membuat makin berat.

Grup D: 30 November 2022 - 22.00 WIB

Australia vs Denmark

Pertandingan ini jadi penentu siapa perebut tiket terakhir ke babak berikutnya di Grup D menemani Prancis. Baik Australia atau Denmark harus menang kalau ingin lolos dengan tenang.

Kalau sampai hanya bisa bermain imbang, Australia ada di atas angin tapi menantikan pertandingan antara Tunisia melawan Prancis. Kalau Tunisia menang, posisi Australia bisa keluar dari dua besar.

Tunisia vs Prancis

Prancis sudah bisa tenang karena telah dipastikan lolos berkat dua kemenangan. Sementara Tunisia harus merebut kemenangan kalau mau buka peluang ke 16 besar. Menang pun tidak cukup karena harus berharap Australia dan Denmark hanya bermain imbang.

4 dari 5 halaman

Hitung-Hitungan Grup E dan Grup F

Grup E: 1 Desember 2022 - 02.00 WIB

Jepang vs Spanyol

Persaingan di Grup E ini masih sangat terbuka. Spanyol cukup hasil imbang sudah bisa lolos karena saat ini berada di puncak klasemen dengan 4 poin dan selisih +7 gol.

Sementara Jepang membuntuti di posisi dua dengan 3 poin. "Samurai Blue" harus bisa menang kalau posisinya tidak mau diusik oleh dua negara di bawahnya. Kalau pun imbang, Jepang harus berharap Jerman vs Kosta Rika juga berakhir imbang.

Kosta Rika vs Jerman

Peluang Kosta Rika dan Jerman masih terbuka setelah hasil di pertandingan kedua kemarin. Tetapi Kosta Rika diharuskan untuk menang kalau mau lolos, kalau imbang rasanya berat.

Sementara Jerman diwajibkan untuk meraih kemenangan kalau mau berhasil lolos. Mereka berada di posisi buncit dengan 1 poin saja. Kalau pun menang, mereka harus melihat hasil laga Jepang vs Spanyol.

Grup F: 1 Desember 2022 - 22.00 WIB

Kroasia vs Belgia

Pertandingan pamungkas Grup F ini akan sangat menentukan baik bagi Kroasia maupun Belgia. Keduanya harus menang untuk bisa lolos, terutama Belgia. Sementara Kroasia meski di puncak klasemen masih berpeluang digeser Maroko dan Belgia kalau sampai kalah.

Kanada vs Maroko

Maroko punya peluang bagus untuk lolos ke 16 besar. Tambahan tiga poin dari penghuni juru kunci, Kanada, bisa memastikan posisi mereka ke fase knockout.

5 dari 5 halaman

Hitung-Hitungan Grup G dan Grup H

Grup G: 3 Desember 2022 - 02.00 dini hari WIB

Serbia vs Swiss

Sebagai pengisi posisi juru kunci, Serbia harus bisa meraih kemenangan kalau mau buka peluang lolos. Sedangkan Swiss boleh saja meraih hasil imbang tapi harus melihat hasil di laga lain, karena itu sudah pasti kemenangan jadi incaran.

Kamerun vs Brasil

Kamerun harus bisa menang kalau ingin lolos, tidak ada pilihan lain. Karena hasil imbang saja sudah tidak bisa membantu situasi mereka. Sedangkan Brasil kemungkinan menurunkan skuad pelapis karena sudah dipastikan lolos.

Grup H: 2 Desember 2022 - 22.00 WIB

Ghana vs Uruguay

Kedua negara ini masih berpeluang untuk lolos. Ghana hanya butuh hasil imbang (tapi menunggu laga Korsel vs Portugal), sementara Uruguay diharuskan untuk meraih kemenangan.

Korea Selatan vs Portugal

Usai hasil menyakitkan kontra Ghana, Korea Selatan mau tidak mau harus bisa merebut poin penuh dari tangan Portugal. Kalau hanya hasil imbang maka "Taeguk Warrior" harus pulang lebih cepat dari Qatar.

Portugal juga diprediksi menurunkan skuad pelapis mereka karena sudah dipastikan lolos usai meraih kemenangan di laga kedua kemarin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS