Sukses

Kontroversi Gol Ronaldo Ramaikan Langkah Portugal ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Kontroversi gol Cristiano Ronaldo yang dibatalkan meramaikan langkah Portugal yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Portugal mengamankan satu tiket ke babak knockout setelah menang lawan Uruguay 2-0 pada laga kedua Grup H di Lusail Iconic Stadium, Selasa (29/11/2022).

Dua gol kemenangan Portugal dicetak gelandang Bruno Fernandes pada menit ke-54 dan 90+3 dari titik penalti. Gol pertama Portugal ke gawang Uruguay sempat menimbulkan kebingungan penonton Piala Dunia 2022 Qatar dan menjadi kontroversi.

Awalnya gol tersebut dianggap milik Cristiano Ronaldo setelah bola tandukkan kepalanya, menyambut umpan silang Bruno Fernandes, menggetarkan jala Uruguay. Ronaldo merayakan gol keduanya di Piala Dunia 2022 Qatar tersebut, apalagi penyiar stadion menyebut namanya sebagai pencetak gol.

Namun setelah meninjau rekaman video, FIFA mengubah catatan dan memutuskan bahwa itu adalah gol Fernandes. FIFA menilai Ronaldo tidak menyentuh bola, jadi gol itu dianggap milik Fernandes.

Sepuluh menit setelah gol dicetak, tweet dari akun resmi Piala Dunia berbunyi: "Gol tersebut secara resmi ditetapkan sebagai gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes." Ada banyak kebingungan, apakah gol itu seharusnya diberikan kepada Ronaldo atau Fernandes.

Berbagai rekaman tayangan ulang dari berbagai sudut dianalisa, untuk menentukan apakah Ronaldo menyentuh bola atau tidak. Pakar ITV Graeme Souness dan Hal Robson-Kanu sama-sama mengatakan tidak melihat Ronaldo menyentuh bola.

“Reaksinya menunjukkan dia menyentuhnya tapi saya belum diperlihatkan sudut kamera yang menunjukkan dia menyentuhnya. Hanya dia (Ronaldo) yang benar-benar tahu,” kata Souness.

Robson-Kanu menambahkan, “Apa yang saya lihat di sini adalah tidak ada ruang antara bola dan kepalanya, saya tidak melihatnya dengan jelas. FIFA perlu meningkatkan kualitas kamera mereka.”

Fans juga dibuat bingung dan terbelah sikapnya soal kontroversi gol pertama Portugal ke gawang Uruguay. Apalagi Ronaldo tidak merayakan golnya dengan cara yang khas, selebrasi “Siuu” dengan berlari kemudian melompat berputar di udara dan mendarat sambil menghentakkan kedua kakinya.

Seorang pengguna twitter @JonnyGabriel menyampaikan hasil analisanya menggunakan teknologi Ultra Edge bahwa Ronaldo tidak menyentuh bola umpan Fernandes. “Garis datar di Ultra Edge, tidak ada kontak dengan kepala,” tulisnya

Teknologi Ultra Edge adalah sistem yang digunakan dalam kriket untuk menilai apakah bola telah menyentuh alat pemukul, setelah lemparan yang valid. Ada sistem mikrofon tunggul di belakang batsman dan kamera di sekitar stadion yang mengamati bola dan suara yang dihasilkannya.

Mikrofon tunggul untuk membedakan dengan jelas antara suara dari sumber yang berbeda. Saat memukul pemukul, bola menghasilkan suara tertentu yang ditangkap oleh gawang dan terdeteksi di layar pelacakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bikin Ronaldo dan Fernandes Tersenyum

Kontroversi gol ini tidak membuat Ronaldo dan Fernandes bersitegang, sebaliknya mereka terlihat tersenyum dan bercanda di lapangan setelah pertandingan. Ronaldo pun ikut merayakan gol kedua Fernandes dari titik penalti yang mengokohkan kemenangan Portugal.

Ketika ditanya tentang gol pertama yang kontroversi, Fernandes menolak memperdebatkan siapa yang layak memilikinya. “Saya pikir tidak masalah siapa yang mencetak gol pada saat ini. Terpenting adalah kami menang melawan tim yang sangat tangguh," katanya.

Manajer Portugal Fernando Santos juga menolak mengomentari perdebatan tentang gol Ronaldo atau Fernandes. Dia tetap memuji penampilan Ronaldo saat melawan Uruguay meskipun tidak mencetak gol.

“Ronaldo memainkan permainan yang hebat, tetapi semua tim menunjukkan kinerja yang hebat. Saya pikir itu pertandingan yang hebat, tim kami bermain sangat baik dan sisanya bagi saya tidak masalah,” bebernya.

Bek Portugal yang membela Manchester City Ruben Dias mengakui bahwa suasana dalam tim tidak terpengaruh soal gol Ronaldo atau Fernandes. Semua bergembira merayakan kemenangan dan lolos ke babak 16 besar.

“Kami tahu meskipun kami memiliki semua pemain individu terbaik di dunia, jika kami tidak bekerja sama, kami tidak akan pergi ke mana pun. Jadi ini adalah contoh besar yang kami tunjukkan malam ini,” tegasnya.

3 dari 5 halaman

Amankan Tiket 16 Besar

Portugal berhasil meraih kemenangan atas Uruguay pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. Bermain di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB, Portugal menang dengan skor 2-0.

Bruno Fernandes memborong kedua gol portugal untuk membawa negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Gol pemain Manchester United itu tercipta pada menit ke-54 dan menit 90+8.

Khusus untuk gol pertama, pada awalnya sempat tercatat atas nama Cristiano Ronaldo yang membuatnya sejajar dengan pencetak gol terbanyak Portugal di Piala Dunia Eusebio (9 gol).

Namun, meski sang striker bintang mengisyaratkan bahwa ia melakukan sentuhan akhir, tayangan ulang menunjukkan bahwa kapten Portugal itu, tidak menyentuhnya dan gol tersebut diberikan kepada Fernandes.

Kemenangan 2-0 pun menempatkan Portugal di puncak klasemen dengan poin enam dari dua pertandingan. Pada laga pamungkas, Portugal bakal menghadapi Korea Selatan.

Uruguay harus mengalahkan Ghana dalam upaya mereka untuk mendapatkan tempat di babak 16 besar. Luis Suarez dan kolega kini berada di dasar klasemen dengan poin satu dari dua pertandingan.

Cuma kemenangan yang mampu mengantarkan Uruguay ke babak 16 besar. Selain itu, mereka juga berharap agar Portugal mampu mengalahkan Korsel.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes/Raphaël Guerreiro (42'); Bernardo Silva, Ruben Neves/Rafael Leao (69'), William Carvalho/João Palhinha (83'); Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo/Gonçalo Ramos (82'), Joao Felix (Matheus Nunes 82').

Uruguay: Sergio Rochet; Sebastian Coates, Diego Godin/F. Pellistri (62'), Jose Gimenez; Guillermo Varela, Federico Valverde, Matias Vecino/G. de Arrascaeta (62'), Rodrigo Bentancur, Mathias Olivera; Darwin Nunez /M. Gómez (72'), Edinson Cavani/L. Suarez (73').

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS