Sukses

Prediksi Piala Dunia 2022, Belanda Vs Qatar: Awas Tersandung

Liputan6.com, Jakarta Belanda bakal menuntaskan perjalannnya di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, Rabu (29/11/2022) kick off pukul 22.00 WIB. Di laga terakhir, Tim Oranye bersua tuan rumah Qatar yang sudah tak berdaya.

Belanda masih memimpin klasemen Grup A dengan 4 poin. Pasukan Louis Van Gaal terpaksa menunda langkahnya menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai bermain imbang 1-1 melawan Ekuador. Padahal pada laga sebelumnya melawan Senegal, Belanda sudah mengantongi 3 poin usai menang 2-0. 

Melawan Ekuador, gol Cody Gakpo berhasil dibalas oleh Enner Valencia menit 49. Hasil imbang membuat Belanda tak punya pilihan selain memaksimalkan pertandingan terakhir di Al Bay Stadium, malam ini. Pertandingan ini akan disiarkan langsung oleh SCTV, Moji, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. 

Belanda hanya butuh hasil imbang untuk mengunci satu tempat di fase knock out. Dengan tambahan poin satu, Tim Oranye tidak akan tergusur dari posisi dua besar yang jadi syarat menuju babak 16 besar.

Langkah Belanda seharusnya lebih ringan. Sebab, tuan rumah Qatar dipastikan sudah masuk kotak. Tuan rumah bakal jadi penonton di rumah sendiri apapun hasil dari pertandingan terakhir melawan Belanda. 

Kegagalan Qatar tidak lepas dari hasil buruk yang diraih di dua laga Grup A. Pada partai pembuka, timnas Qatar dipermalukan Ekuador 0-2. Sementara di laga berikutnya, The Maroon keok 1-3 dari Senegal. 

Lantas, apakah Qatar bisa jadi sandungan bagi Belanda?

Di atas kertas, Belanda boleh dikatakan unggul segalanya atas Qatar. Di banding tim lawan, pengalaman Belanda di Piala Dunia bak bumi dan langit. Sejauh ini, Belanda sudah 3 kali jadi runner up (1974, 1978, dan 2014. Sedangkan Qatar belum teruji dan lolos pertama kali hanya karena jatah tuan rumah.

Dari sisi materi pemain, Belanda juga lebih mentereng ketimbang Qatar. Meski tidak punya sosok yang terlalu menonjol, pasukan Louis Van Gaal bertabur pemain-pemain dari liga top Eropa. Sebut saja, sosok Cody Gakpo yang bermain di Eredivisie bersama PSV Eindhoven. Pemain berusia 23 tahun itu sudah menunjukkan ketajamannya di Piala Dunia 2022 dengan mencetak dua gol sepanjang penyisihan. 

Selain itu, masih duo Barcelona Mempis Dephay dan Frenkie de Jong. Sementara di lini belakang, Belanda diperkuat bek-bek tangguh seperti Virgil Van Dijk (Liverpool) hingga Jurrien Timber (Ajax Amsterdam).

Modal ini diprediksi bakal memudahkan langkah Belanda untuk melewati babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Apalagi, sejak keok dari  dari Skotlandia pada 1978, tim Oranye belum pernah tersandung pada partai terakhir babak penyisihan grup di setiap Piala Dunia yang mereka ikuti hingga saat ini.  

 

 

  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Beda Kelas

Pelatih Qatar, Felix Sanchez tentu menyadari kelebihan yang dimiliki lawan. Meski demikian, Sanchez tidak akan menyia-nyiakan pertemuan dengan Belanda. Meski hasilnya sudah tidak berarti bagi perjalanan timnya di Piala Dunia 2022, Sanchez tetap berharap Qatar mampu mengalahkan Belanda dalam laga ini. 

"Kami berusaha untuk kompetitif (melawan Belanda). Kami tidak bisa melewatkan kesempatan ini, bermain melawan Belanda. Jadi rencana kami adalah memainkan permainan yang bagus," katanya. 

Bagi Sanchez, kemenangan atas Belanda juga bakal jadi pelipur lara atas kegagalan pasukannya ke fase knock out. Hasil itu juga penting untuk memperbaiki citra para pemain di hadapan pendukung sendiri. 

Misi Qatar bukan hal mustahil. Pada lima dari enam Piala Dunia terakhir, tuan rumah tercatat selalu memenangkan partai terakhir mereka di babak penyisihan grup. Ini termasuk saat Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 lalu. Sementara satu-satunya tuan rumah yang kalah di laga terakhir fase grup adalah Rusia pada Piala Dunia 2018 saat ditekuk Uruguay dengan skor telak 0-3. 

Sementara itu, Pelatih Belanda, Louis Van Gaal kembali mengingatkan pasukannya usai ditahan imbang Ekuador 1-1. Menurutnya, timnya harus bisa meningkatkan permainannya pada laga-laga berikutnya. 

"Kalau kami ingin jadi juara dunia, kami harus banyak berkembang karena kualitas lawan yang kami hadapi masih jauh dari level yang tertinggi," ujar Vaan Gaal. 

 

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Tim dan Prediksi Line Up

Tidak ada kendala berarti yang dihadapi Belanda jelang pertandingan melawan Qatar. Meski demikian, pria berusia 71 tahun itu masih perlu mengutak-atik komposisi timnya untuk mendapatkan skema terbaik. 

Seperti diketahui, Memphis Depay yang jadi andalan lini depan Belanda sejauh ini belum pernah turun sebagai starter. Dalam dua laga terakhir, pemain Barcelona ini hanya turun sebagai pemain pengganti. Van Gaal sepertinya enggan memaksa Depay yang baru pilih dari cedera untuk tampil sejak menit pertama.

Namun melawan Qatar, bukan tidak mungkin Depay bakal turun sebagai starter. Dia akan berduet dengan Steven Bergwijn di depan Cody Gakpo yang tak tergantikan dalam dua laga terakhir. 

Untuk lini belakang, Van Gaal kemungkinan tidak banyak melakukan perubahan. Jurrien Timber kembali akan menempati posisi bek kanan menggantikan Matthijs de Ligt. Sementara di lini tengah, Van Gaal sepertinya akan membuka peluang Steven Berghuis untuk menggantikan peran Teun Koopmeiners. 

Di kubu Qatar, beberapa pemain pengganti yang tampil impresif saat bertemu Senegal kemungkinan bakal naik pangkat. Salah satunya adalah Mohammed Muntari yang mencetak gol Qatar pada laga tersebut. Satu nama lagi yang mungkin bernasib serupa adalah Abdulaziz Hatem yang juga tampil gemilang. 

Berikut adalah prediksi susunan line up Belanda Vs Qatar:

Belanda (3-4-1-2): Noppert; Timber, Van Dijk, Ake; Dumfries, Berghuis, F. De Jong, Blind; Gakpo; Memphis, Bergwijn

Qatar (3-5-2): Barsham; Miguel, Khoukhi, Hassan; Mohammad, Boudiaf, Madibo, Al-Haydos, Ahmed; Afif, Muntari

  

4 dari 5 halaman

Head to Head dan Statistik

Head to Head: -

 

5 Pertandingan Terakhir Belanda

15/06/22 Belanda 3-2 Wales (UNL)

23/09/22 Polandia 0-2 Belanda (UNL)

26/09/22 Belanda 1-0 Belgia (UNL)

21/11/22 Senegal 0-2 Belanda (Piala Dunia)

25/11/22 Belanda 1-1 Ekuador (Piala Dunia).

 

5 Pertandingan Terakhir Qatar

27/10/22 Qatar 1-0 Honduras (Friendly)

06/11/22 Qatar 2-1 Panama (Friendly)

10/11/22 Qatar 1-0 Albania (Friendly)

20/11/22 Qatar 0-2 Ekuador (Piala Dunia)

25/11/22 Qatar 1-3 Senegal (Piala Dunia).

 

Ikuti juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini. 

5 dari 5 halaman

Persaingan Grup A

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS