Sukses

Tuah Kylian Mbappe Hapus Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta Sinar bintang muda Prancis Kylian Mbappe sedang cemerlang setelah mencetak dua gol saat mengalahkan Denmark 2-1 pada babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 Qatar. Tuah pemain berusia 23 tahun ini mengantarkan Les Bleus sebagai tim pertama mendapat tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemain bernomor punggung 10 ini juga menghapus kutukan juara bertahan Piala Dunia yang selalu terpuruk di babak penyisihan grup. Sejak Piala Dunia 2002, langkah empat juara bertahan Piala Dunia terhenti di fase grup.

Saat ini tim besutan Didier Deschamps optimistis untuk merajut asa sebagai negara pertama abad ini yang mampu mempertahankan trofi Piala Dunia. Prancis pada Piala Dunia 2022 Qatar menyandang status sebagai juara bertahan.

“Karena dia (Mbappe), itulah peluang Prancis (memenangkan Piala Dunia lagi). Jika dia terus tampil dan dalam mood seperti itu, Prancis punya peluang,” kata Didier Deschamps dikutip dari BBC Sport, Minggu (27/11/2022).

Bukan hanya untuk Prancis, Mbappe juga mengukir rekor gemilang di Piala Dunia 2022 Qatar. Striker Paris Saint-Germain ini mengoleksi 3 gol dari 2 penampilan bersama Prancis di babak penyisihan grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Rekor Mbappe

Bukan sekadar jadi top skor sementara Piala Dunia 2022 Qatar, Mbappe menyamai rekor legenda hidup Prancis Zinedine Zidane yang mencetak 31 gol untuk Les Bleus. Bedanya, Zidane membukukan 31 gol dari 108 penampilan, sementara Mbappe mengepak 31 gol dari 61 laga bersama Prancis.

Mbappe masuk urutan ketujuh pemain Prancis yang mencetak gol terbanyak sepanjang masa bersama Zidane. Enam pemain Prancis yang mencetak gol terbanyak, adalah Thierry Henry 51 gol, Olivier Giroud (51), Antoine Griezmann (42), Michel Platini (41), Karim Benzema (37), dan David Trezeguet (34).

Rekor Thierry Henry yang mencetak 6 gol pada putaran final Piala Dunia antara tahun 1997 hingga 2010, juga sudah dilewati Mbappe. Bintang muda Prancis ini sudah mencatatkan 7 gol dari dua edisi Piala Dunia, 4 gol di Piala Dunia 2018 (Rusia) dan 3 gol di Piala Dunia 2022 Qatar.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Mbappe menyamai rekor legenda sepak bola Brasil Pele yang tak tersentuh selama lebih dari lima dekade. Dua gol saat melawan Denmark menambah koleksi tujuh gol di Piala Dunia, menjadikan Mbappe sebagai pemain kedua setelah Pele yang mencapai jumlah gol itu sebelum ulang tahunnya yang ke-24.

Selama edisi Piala Dunia 2018 Rusia, Mbappe juga sudah menyamai dua rekor lama yang dipegang Pele. Mereka adalah pemain muda yang mencetak gol di babak final Piala Dunia, Mbappe mencetak gol saat laga melawan Kroasia, dan pemain muda yang bisa mencetak dua gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia.

3 dari 5 halaman

Asa Prancis

Prancis membuka jalan mempertahankan gelar juara. Les Bleus menjaga kans usai memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pasukan Didier Deschamps memastikan tempat seusai membekuk Denmark 2-1 di Stadion 974, Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB. Hasil ini membuat Prancis mengoleksi enam angka dari dua laga.

Sebelumnya mereka menghancurkan Australia 4-1 pada pertandingan pertama. Perolehan tersebut tidak mungkin dikejar para rival di Grup D.

Di sisi lain, Denmark dalam posisi terjepit. Baru memiliki satu poin, mereka bakal terlibat duel menentukan melawan Australia untuk memperebutkan satu tempat lain di perdelapan final Piala Dunia Qatar, Rabu (30/11/2022).

Sementara Prancis bertemu Tunisia pada waktu bersamaan.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane (Ibrahima Konate 75), Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Kingsley Coman 75), Antoine Greizmann (Youssouf Fofana 90+3), Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram 63)

Denmark (3-5-2): Kasper Schmeichel; Joachim Adersen, Victor Nelsson, Andreas Christensen; Rasmus Kristensen (Alexander Bah 90+2), Mikkel Damsgaard (Kasper Dolberg 73), Pierre-Emile Hojbjerg, Christian Eriksen, Joakim Maehle; Jesper Lindstrom (Christian Norgaard 85), Andreas Cornelius (Martin Braithwaite 46)

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Grup D

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS