Sukses

Argentina Bungkam Meksiko, Lionel Messi Kembali Bikin Rekor di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Argentina berada di bawah tekanan besar menjelang pertandingan kedua Grup C Piala Dunia 2022 menghadapi Meksiko. Sebab, sebelumnya Tim Tango secara mengejutkan kalah 1-2 dari Arab Saudi dan kekalahan melawan Meksiko akan membuat mereka tersingkir.

Akan tetapi, Lionel Messi mampu mengurangi tekanan lewat golnya pada menit ke-64 ke gawang Meksiko dalam laga di Lusail Iconic Stadium, Minggu (27/11) dini hari WIB. Kemudian pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu memberi umpan kepada Enzo Fernandez untuk mencetak gol pertamanya tiga menit jelang pertandingan usai.

Argentina pun menang 2-0 atas Meksiko dan menjaga peluang untuk melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Selain membawa Argentina menang, Messi kembali mencetak rekor di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kini, pemain berjuluk La Pulga itu menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang memberikan assist di lima edisi Piala Dunia. Messi memecahkan rekornya sendiri, setelah membuat satu gol pada 2006, 2010, 2014, dan sekarang 2022 serta dua gol pada 2018.

Sebelumnya ketika Argentina dikalahkan Arab Saudi paga pembuka Piala Dunia Qatar 2022, Messi membuat rekor sebagai pemain Argentina pertama yang mencetak gol dalam empat Piala Dunia berbeda. Hanya ada lima pemain yang bisa mencetak empat gol di empat Piala Dunia berbeda. Selain Messi, ada legenda Brasil Pele, Uwe Seeler, Miroslav Klose, dan Cristiano Ronaldo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pemain termuda dan tertua

Seperti dilansir Sportsmole, Lionel Messi juga mencatat sebagai pemain termuda dan tertua yang mencetak gol serta memberikan assist dalam satu pertandingan Piala Dunia sejak awal Piala Dunia 1966.

Messi mencetak gol serta mencatatkan assist pada usia 18 tahun 357 hari melawan Serbia dan Montenegro di babak penyisihan grup 2006. Dia kini mengulangi prestasi melawan Meksiko di turnamen tahun ini pada usia 35 tahun 155 hari.

Messi kini telah mencetak delapan gol setelah 21 penampilannya di putaran final Piala Dunia. Messi membuat dirinya sejajar dengan legenda Argentina Diego Maradona, yang juga mencetak delapan gol dari 21 penampilan di pesta sepak bola terbesar itu.

Pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu berpeluang untuk menambah pundi-pundi golnya di Piala Dunia. Karena, Argentina masih akan menghadapi Polandia pada laga terakhir Grup C.

Selain itu, Messi juga dalam performa bagus di depan gawang sejak awal musim 2022-23. Dia telah membuat 19 gol dan 15 assist dalam 24 pertandingan untuk klub dan negara di semua kompetisi.

 

3 dari 4 halaman

Laga penentuan

Kemenangan atas Meksiko membuat Argentina sekarang berada di urutan kedua klasemen sementara Grup C Piala Dunia dengan tiga poin. Tim Tango satu poin di belakang Polandia yang memuncaki klasemen.

Argentina akan menghadapi Polandia pada laga terakhir Grup C. Ini akan menjadi laga hidup mati bagi kedua tim karena menjadi penentu siapa yang lolos ke babak 16 besar.

Arab Saudi yang dikalahkan Polandia 0-2 masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Arab Saudi yang memiliki tiga poin akan menghadapi Meskiko di laga terakhir.

Jadwal pertandingan

Kamis, 1 Desember 2022

02:00 WIB, Polandia vs Argentina

02:00 Arab Saudi vs Meksiko

4 dari 4 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS