Sukses

Rapor Pemain MU di Matchday Pertama Piala Dunia 2022: Baru Bikin Satu Gol

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United menyumbang total 13 pemain di Piala Dunia 2022. Jumlah tersebut seharusnya menjadi 14 jika mereka tidak memecat Cristiano Ronaldo sesaat sebelum event empat tahunan itu dimulai di Qatar 20 November lalu.

MU memutuskan mengakhiri kontrak Ronaldo lebih awal meski sebenarnya masih berlangsung sampai Juni 2023. Langkah ini diambil setelah Ronaldo memberikan wawancara kontroversial yang menjelek-jelekan berbagai elemen di MU.

Setelah Ronaldo berstatus pengangguran, MU paling banyak menyumbang pemain di Piala Dunia 2022 untuk Brasil dan Inggris dengan sama-sama tiga pemain. Portugal menjadi hanya dua pemain saja minus Ronaldo.

Mayoritas pemain-pemain MU ini diturunkan di laga pertama Piala Dunia 2022. Namun belum ada yang tampil terlalu menonjol dan menjadi pemain terbaik pertandingan.

Praktis hanya satu pemain MU saja yang bisa menyumbang gol pada matchday pertama yakni striker Marcus Rashford. Dia menyumbang satu gol saat Inggris menang 6-2 melawan Iran. Saat itu Rashford dimasukkan sebagai pemain pengganti.

Ada tiga pemain MU lain yang sukses membuat assist di matchday pertama fase grup Piala Dunia 2022. Gelandang serang Bruno Fernandes membuat dua assists ketika Portugal menang 3-2 atas Senegal. Sayangnya gelar pemain terbaik di laga itu tak direbut Fernandes, melainkan jadi milik Ronaldo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Maguire dan Shaw

Assist juga dibuat oleh Harry Maguire. Meski berposisi sebagai bek, Maguire mampu memberikan umpan kepada Bukayo Saka untuk mencetak gol indah saat Inggris melawan Wales.

Bek kiri Luke Shaw juga membuat assist di laga Inggris melawan Iran. Shaw menjadi arsitek terciptanya gol pembuka kemenangan The Three Lions atas Iran yang dibuat gelandang Borussia Dortmund Jude Bellingham.

Sementara itu Casemiro (Brasil), Christian Eriksen (Denmark) dan pemain muda Facundo Pellistri (Uruguay) juga main sebagai starter. Namun ketiganya tak memberikan kontribusi besar.

3 dari 4 halaman

Tiga Jadi Cadangan Mati

Bersama Casemiro di timnas Brasil, juga tampil dua pemain MU lainnya yakni gelandang Fred dan winger Antony. Tapi keduanya cuma masuk sebagai pemain pengganti dan tak mampu membuat gol atau assist.

Bek Lisandro Martinez malah harus merasakan pil pahit negaranya Argentina dikalahkan Arab Saudi 1-2. Pada laga ini Martinez baru dimasukkan di babak kedua saat sudah kebobolan dua kali.

Tiga pemain MU lainnya yakni Raphael Varane (Prancis), Diogo Dalot (Portugal) dan Tyrell Malacia (Belanda) belum dimainkan di laga pertama Piala Dunia 2022. Ketiganya cuma duduk manis di bangku cadangan.

4 dari 4 halaman

Hasil

20 November 2022

Grup A

Qatar vs Ekuador : 0-2

 

21 November 2022

Grup A

Senegal Vs Belanda : 0-2

Grup B

Inggris Vs Iran: 6-2

 

Selasa, 22 November 2022

Grup B

Amerika Serikat vs Wales: 1-1

Grup C

Argentina Vs Arab Saudi: 1-2

Polandia vs Meksiko : 0-0

Grup D

Denmark Vs Tunisia: 0-0

 

Rabu, 23 November 2022

Grup D

Prancis Vs Australia: 4-1

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS