Sukses

Eks Menperin Saleh Husin Tak Sabar Nonton Timnas Brasil di Piala Dunia 2022

Timnas Brasil menjadi salah satu peserta yang kiprahnya paling dinanti di Piala Dunia 2022. Skuad asuhan Tite dilengkapi jajaran pemain papan atas, sehingga kerap dijagokan bakal meraih trofi juara FIFA World Cup edisi ini.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia Qatar 2022 resmi bergulir mulai Minggu (20/11/2022) lalu. Ajang sepak bola terakbar sedunia itu dijadwalkan berlangsung hingga 18 Desember mendatang.

Sejauh ini, Timnas Brasil menjadi salah satu peserta yang banyak difavoritkan di Piala Dunia 2022. Komposisi pemain yang apik dan kiprahnya yang menjanjikan di level internasional membuat penampilan Tim Samba layak dinanti.

Eks Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Saleh Husin tidak ketinggalan menanti performa Neymar dan kawan-kawan di Piala Dunia 2022 Qatar. Sekadar informasi, Saleh memang diketahui merupakan penggemar sepak bola.

Ia kerap mengamati penampilan tim-tim papan atas, utamanya negara-negara terkemuka seperti Brasil, Argentina, Jerman, Inggris, Prancis, Belgia, Portugal, Spanyol, dan Kroasia.

Skuad asuhan Tite pun dipandang sebagai timnas dengan banyak kelebihan di FIFA World Cup edisi ini. Pasalnya, perjalanan Tim Samba memang bakal dikawal oleh jajaran pemain populer, baik di lini depan, tengah, maupun belakang.

"Saya melihat ada satu kelebihan Brasil, yakni bertaburnya bintang di semua lini, mulai dari penjaga gawang, pemain belakang, tengah, maupun penyerang,” ujarnya dalam rilis yang diterima Liputan6.com pada Selasa (22/11/2022).

“Mereka semua merupakan pemain bintang yang malang melintang di klub-klub terkemuka dunia. Ini yang seru dan benar-benar ditunggu, termasuk tentang siapa yang bakal diturunkan pelatih sesuai lawan yang akan mereka hadapi,” sambung dia.

Saleh Husin pun berharap dirinya bakal mendapat kesempatan untuk nonton bareng (nobar) bersama para pecinta sepak bola lainnya. Kegiatan itu dinilai bisa memberi nuansa berbeda dan membuat penggemar merasa sedang menyaksikan kompetisi langsung di stadion.

“Saya berharap bisa nonton bareng bersama teman-teman agar mendapatkan suasana seperti berada di stadion; bisa berteriak bila pemain tim pujaannya menguasai bola, apalagi di depan gawang lawan,” pungkas Saleh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandidat Juara

Brasil memang merupakan salah satu tim yang dijagokan untuk menjadi juara di Piala Dunia 2022. Penelitian terbaru mengungkap Tim Samba bersama Argentina merupakan duo favorit yang berpotensi merebut trofi FIFA World Cup edisi ini. Adapun kandidat terkuat dari Eropa ialah Spanyol dan Belanda.

Gracenote, salah satu perusahaan Nielsen, mengedepankan Brasil sebagai pemenang Piala Dunia Qatar dengan peluang 20 persen untuk mengangkat trofi pada 18 Desember mendatang. Brasil dijagokan karena hanya kalah tiga kali dalam 50 pertandingan sejak tereliminasi dari Piala Dunia 2018 oleh Belgia.

Argentina memiliki peluang 16 persen untuk merebut gelar pertama sejak kesuksesan 1986. Seperti Selecao, La Albiceleste juga memiliki rapor baik. Lionel Messi dan kawan-kawan cuma takluk empat kali sejak disingkirkan Prancis pada Piala Dunia Rusia. Argentina bahkan tidak terkalahkan selama lebih dari tiga tahun, sejak menyerah 0-2 dari Brasil pada Juli 2019.

3 dari 3 halaman

Pendapat Lain

Pendapat serupa juga disampaikan oleh ahli matematika dari Universitas Oxford, Joshua Bull. Lewat pemodelan analisasinya, Joshua membuat prediksi lengkap negara mana saja yang akan lolos dari fase grup, serta menjadi juara dan runner-up grup.

Temuan ini merupakan hasil dari 100.000 kali percobaan dengan memasukkan data-data dan latar belakang tim yang bertanding. Dari 100.000 kali kesempatan percobaan simulasi, Joshua menyimpulkan ada 10 tim yang memiliki persentase kemungkinan juara terbesar.

Tim-tim yang dimaksud ialah Brasil (14,72 persen), Argentina (14,36 persen), Belanda (7,84), Spanyol (7,03 persen), Prancis (6,37 persen), Belgia (6,31 persen), Portugal (5,60 persen), Denmark (4,94 persen), Jerman (3,84), dan Uruguay (3,55 persen).

Selanjutnya Timnas Brasil diperkirakan bakal menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar setelah mengalahkan Belgia di final. Sedangkan Timnas Inggris takluk di perempat final oleh Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.