Sukses

Jelang Ladeni Slovakia, 2 Pemain Calon Naturalisasi Gabung Timnas Indonesia U-20

Liputan6.com, Jakarta - Kekuatan Timnas Indonesia U-20 bertambah. Dua pemain Belanda keturunan Indonesia yakni Zico Soree dan Rafael Struick bergabung jelang laga persahabatan melawan Slovakia di Spanyol, Sabtu (19/11/2022).

Dilaporkan media sosial PSSI, Zico dan Rafael sudah berlatih bersama skuad berjuluk Garuda Nusantara yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol.

Mereka menambah tenaga pemain asing di timnas U-20 yang tengah mempersiapkan diri menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya pelatih Shin Tae-yong sudah menurunkan Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Kuartet ini tengah dibidik untuk dinaturalisasi agar dapat memperkuat timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Ivar dan Justin sudah mencicipi tiga laga uji coba bersama timnas Indonesia. Sementara Zico dan Rafael berpeluang tampil pada laga melawan Slovakia.

Zico Jamai Soree merupakan penyerang berusia 19 tahun dan kini bermain untuk tim U-21 PEC Zwolle. Sementara Rafael Struick (19 tahun) adalah pemain sayap klub ADO Den Haag.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Menuju Piala Asia dan Piala Dunia

Laga-laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela TC, menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung mulai 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Adapun Piala Asia U-20 2023 digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Dihajar Prancis

Timnas U-20 Indonesia sudah menjalani satu uji coba di Spanyol. Mereka harus mengakui keunggulan Prancis 0-6, Kamis (18/11/2022) malam WIB. 

Menanggapi kekalahan telak dari Prancis, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak kaget. Pasalnya, para pemain Timnas Indonesia U-20 masih kelelahan karena baru tiba di Spanyol setelah sebelumnya menjalani pemusatan latihan di Turki.

Seperti diketahui, Garuda Nusantara baru tiba di Spanyol pada Selasa (15/11/2022). Sebelum ke Negeri Matador, tim U-20 Indonesia harus transit di Wina, Austria. Rombongan keberangkatan dibagi dalam dua kelompok. Karena itu, tim U-20 Indonesia baru melaksanakan satu kali latihan di Spanyol pada Rabu (16/11).

Shin Tae-yong langsung akan mengevaluasinya dan menjadikan kekalahan melawan Prancis sebagai pelajaran berharga untuk timnya.

"Karena kondisi mereka belum pulih karena kelelahan, para pemain belum bisa memberikan kemampuan terbaik di laga ini. Tentu ada evaluasi untuk tim, karena di pertandingan tadi banyak melakukan kesalahan," kata Shin Tae-yong.

"Kami ingin jika pemain melawan tim yang kuat serta kualitasnya diatas mereka agar jangan takut dan harus kuat mental. Kemampuan pemain sebenarnya baik sekali, namun karena takut duluan jadi kita tidak bisa menampilkan permainan terbaik,"

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS