Sukses

Javier Tebas Kembali Peringatkan Barcelona Soal Gaji Pemain

Barcelona tidak dapat mendaftarkan semua pemain baru mereka tepat waktu karena situasi keuangan mereka yang genting

Liputan6.com, Jakarta Presiden Liga Spanyol, Javier Tebas, telah memperingatkan Barcelona bahwa mereka masih harus memangkas tagihan gaji pemain mereka. Dia juga minta klub mengaktifkan tuas ekonomi, karena khawatir tidak akan berfungsi lagi tahun depan.

Seperti diketahui klub raksasa Catalan telah mengalami gejolak keuangan di luar lapangan selama beberapa tahun sekarang. Bahkan, mereka sempat mempunyai utang hingga 870,1 miliar poundsterling.

Karena itu, manajer Barcelona Xavi menyambut baik sejumlah besar pemain yang berstatus bebas transfer di musim panas lalu. Dan, uang tunai meraka dicurahkan untuk Raphinha, Jules Kounde dan Robert Lewandowski.

Namun, Barcelona tidak dapat mendaftarkan semua pemain baru mereka tepat waktu karena situasi keuangan mereka yang genting. Salah satunya Kounde yang terpaksa absen dari pertandingan pembuka La Liga mereka lawan Rayo Vallecano.

Untuk membiayai kesepakatan uang besar mereka, Joan Laporta menjual 25% hak televisi Barcelona selama 25 tahun ke depan ke perusahaan Amerika Sixth Street. Kemudian 49% dari Barca Studios juga dijual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Potong Gaji

Namun demikian, Tebas tetap memperingatkan Barcelona bahwa mereka harus menemukan cara untuk memotong tagihan gaji mereka dari 656 juta euro menjadi 500 juta euro untuk musim 2023-24.

"Jika mereka tersingkir dari Liga Champions, pendapatan mereka akan berkurang tetapi mereka tidak perlu membayar bonus. Itu tidak akan banyak berubah," kata Tebas kepada Mundo Deportivo.

“Pengungkit telah bekerja untuk mereka musim ini tetapi tidak untuk yang berikutnya. Mereka harus mengurangi massa gaji, mereka tidak dapat melanjutkan dengan lebih dari 500 juta euro. Karena jika tidak, musim depan kita akan menemukan aturan 1/4 untuk mereka lagi."

3 dari 6 halaman

Hengkang

Sejumlah bintang besar bisa meninggalkan Barcelona pada tahun 2023 ketika klub berusaha untuk menyeimbangkan buku. Di antaranya Jordi Alba, Gerard Pique, Sergio Busquets dan Sergi Roberto.

Roberto dan Busquets sama-sama memasuki 12 bulan terakhir kontrak mereka dengan tim Catalan, dan keduanya diperkirakan akan mencari tempat baru di akhir musim.

4 dari 6 halaman

Habis Kontrak

Sementara itu, Pique dan Alba sama-sama habis kontrak pada 2024 tetapi sejauh ini sebagian besar merupakan tokoh periferal, dengan yang terakhir sekarang menghadapi persaingan dari Alejandro Balde di bek kiri.

Memphis Depay juga akan pergi dengan status bebas transfer di akhir musim. Dan, Galatasaray dikatakan merencanakan langkah mengejutkan untuk pemain Belanda itu.

5 dari 6 halaman

Liverpool

Barcelona sebenarnya bisa saja mendapat penjualan uang besar, usai masa depan Frenkie de Jong masih diselimuti ketidakpastian setelah Manchester United mencoba dan gagal mendapatkan jasanya di musim panas.

Laporta sudah menekannya untuk meninggalkan klub di jendela musim panas. Klub seperti Liverpool dan Chelsea juga dikabarkan tengah mencoba untuk menariknya dari Camp Nou tahun depan.

6 dari 6 halaman

Lampu Hijau

Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa Chelsea telah diberi lampu hijau untuk mendapatkan De Jong pada bulan Januari. Pasalnya, Xavi lebih menyukai Busquets, Gavi dan Pedri di lini tengah.

Namun, De Jong sempat bermain 90 penuh dalam kemenangan 4-0 Minggu atas Athletic Bilbao., yang membuat Barcelona tertinggal tiga poin dari pemuncak klasemen Real Madrid di tabel La Liga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.