Sukses

Livoli Divisi Utama 2022: Putra Pasundan Bandung Menjadi Tim Pertama Lolos ke Final Four

Putra Pasundan Bandung menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke final four Livoli Divisi Utama 2022 usai mengalahkan DPUPR Rafabinar Gribogan di GOR Tawangalun, Banyuwangi, Rabu (12/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta Putra Pasundan Bandung menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke final four Livoli Divisi Utama 2022. Tiket itu didapat usai mengalahkan DPUPR Rafabinar Gribogan 3-0 (25-22, 25-17, 25-23) di GOR Tawangalun, Banyuwangi, Rabu (12/10/2022).

Ini adalah kemenangan kedua bagi tim yang baru promosi dari Livoli Divisi Satu Livoli itu. Sehari sebelumnya, Farhan Halim dan kawan-kawan mengalahkan BIN Samator Surabaya dengan skor 3-1.

Berbekal dua kemenangan itu, Pasundan dipastikan tampil pada final four Livoli Divisi Utama yang dijadwalkan di Magetan, mulai 4 November mendatang. Tetapi, tim asuhan Anwar Sadat itu harus memastikan dulu finis di posisi kesatu atau kedua Pul B babak reguler putaran pertama.

Pasundan masih menyisakan satu laga melawan Yuso Yogyakarta, Jumat (14/10). Jika menang, maka tim asal Jawa Barat itu menjadi juara pul. Tapi, urutan juara itu masih harus ditentukan hingga Minggu, 15 Oktober.

Seperti diketahui, tim yang lolos final four hanya juara dan runner up pul. Sedangkan peringkat empat di tiap pul, yakni Banyuwangi dan Solo, akan terkena degradasi ke divisi satu.

Mengomentari laga kontra DPUPR Rafabinar Grobogan, pelatih Pasundan Anwar Sadat mengatakan kalau tim asuhannya bermain sesuai instruksikan yang diberikan. "Anak-anak bermain sesuai dengan instruksi pelatih. Sehingga bermain baik sejak set pertama," ujar Sadat usai laga.

Meski sudah memastikan melaju ke final four, Sadat pastikan Pasundan akan tetap tampil baik melawan Yuso Yogyakarta. "Kita tetap ingin tampil seperti biasa," tukasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BIN Samator buka peluang

Pada laga putra lainnya, BIN Samator menang atas Yuso Yogyakarta 3-0 (25-19, 25-18, 25-21) di GOR Tawangalun, Banyuwangi, Rabu (12/10/2022). Hasil itu membuat Rivan Nurmulki dan kolega menjaga peluang lolos ke final four.

Sehari sebelumnya, Samator dipecundangi Pasundan dengan skor 1-3. Klub asal Surabaya itu hanya tinggal menyisakan satu laga melawan DPUPR Rafabinar Grobogan, Jumat, 14 Oktober.

Pelatih BIN Samator Sigit Ari Widodo mengatakan permainan timnya pada hari kedua lebih baik ketimbang pertama melawan Pasundan.

"Selesai kalah dari Pasundan anak-anak saya kumpulkan senior dengan junior supaya padu. Alhamdulillah ternyata bisa padu dan hasilnya kita menang," tandas Sigit.

 

3 dari 3 halaman

Bank Jatim menang

Pada bagian putri, Bank Jatim menundukkan TNI AL 3-1 (25-20, 25-23, 21-25, 25-9) dalam laga kedua Pul DD babak reguler putaran pertama Livoli Divisi Utama 2022. Hasil itu membuat sang juara bertahan membuka peluang lolos ke final four.

Sehari sebelumnya, tim asal Surabaya itu dikalahkan Petrokimia Pupuk Indonesia Gresik dalam partai derby yang berlangsung lima set dengan skor 2-3. Megawati Hangestri Pertiwi dan kolega hanya tinggal menyisakan satu laga lagi melawan Vita Solo, Kamis, 13 Oktober.

Jika menang, maka Bank Jatim dipastikan lolos ke final four dan berhak tampil memperebutkan posisi satu dan dua di babak reguler putaran pertama. "Hari ini kami bermain lebih baik dibanding sehari sebelumnya. Anak-anak lebih tenang dan bisa mengusai jalannya pertandingan," ujar pelatih Bank Jatim Labib.

Menurutnya, kondisi pemainnya Ajeng Violena Adelea tidak seperti sewaktu melawan Petrokimia, di mana kondisinya kurang enak badan. "Alhamdulillah sekarang kondisi Ajeng sudah membaik, sehingga bisa diturunkan," ucap Labib.

Sementara itu, pelatih TNI AL, M. Ansori mengatakan kalau tim asuhannya kurang beruntung meski sempat mencuri satu set pada set ketiga dengan skor 25-21. "Semoga saja pada pertandingan terakhir melawan Petrokimia, anak-anak bisa memenangkan pertandingan," ucap Ansori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.