Sukses

Kekalahan Lawan Manchester City Bikin Karier Kiper MU Makin Singkat

Liputan6.com, Manchester- Manchester United menelan kekalahan telak 3-6 atas Manchester City di laga derby Liga Inggris yang berlangsung di Etihad, Minggu (2/10/2022) malam. Dua pemain Erling Haaland dan Phil Foden berbagi 3 gol di kemenangan telak Man City.

Kekalahan Man utd membuat Gary Neville, legenda Setan Merah yang kini jadi pundit, memberi analisa. Dia meyakini kekalahan lawan Man City makin mempersingkat karier kiper MU David de Gea, kok bisa?

Dalam analisanya, dia melihat manajer MU Erik Ten Hag ingin mengubah tim menjadi skuad yang menguasai bola. Dengan kondisi ini, dia pun menuntut seorang kiper menahan bola.

Erik Ten Hag harus menunggu untuk mengoptimalkan strategi dimiliknya hingga enam laga. Itu, sebut Gary Neville, baru bisa dilakukan Ten Hag saat menghadapi Manchester City.

Gaya main yang mengoptimalkan penguasaan bola disebut Neville bakal memaksa De Gea untuk pergi. Soalnya kiper asal Spanyol ini tak terbiasa dengan gaya seperti itu.

"Kita melihat banyak kegagalan dengan gaya bermain defensif. Kecuali Leicester, bisakah Anda menyebut tim yang tidak menguasai bola bisa menangkan Liga Inggris di 15-20 tahun? Tak ada," kata Neville.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Aktif

 

Neville mengatakan hanya tim yang aktif bisa mengejar gelar juara Liga Inggris. Itulah yang ingin dibentuk Ten Hag di MU.

"Anda harus menerima fakta. Anda harus menjadi tim yang proaktif di lini depan, menekan dan melakukan hal dengan benar," katanya.

"Dan disitu saya pikir Erik Ten Hag agak mundur. Dari grafik permainan, dia justru kalah saat MU menguasai bola 60 persen," katanya.

"Ten Hag inginkan pemain yang bisa menahan bola, tak hanya di lini tengah, tapi juga bek yang menahan bola."

 

3 dari 6 halaman

Brilian

 

Neville mengatakan, seorang kiper harus bisa proaktif dengan gaya main Ten hag. Dia menilai itu sulit dilakukan De GEa.

"Kiper harus hebat dengan bola, kalau itu dilakukan De Gea, saya pikir kariernya akan pendek dengan Ten Hag," katanya.

"Anda harus main seperti kiper Man City yang berani lakukan umpan-umpan berisiko, seperti yang dilakukan Ederson."

4 dari 6 halaman

Sosok Pengganti

Manchester United mulai bersiap melepas kiper David de Gea. MU sedang menggodok sosok yang tepat untuk menjadi pengganti penjaga gawang berkebangsaan Spanyol tersebut musim depan.

Kontrak De Gea bersama MU akan habis pada Juni 2023. MU sebenarnya punya opsi untuk dapat langsung memperpanjang kontrak David De Gea selama setahun lagi sampai 2024.

Namun hingga September 2022, MU masih ragu-ragu apakah akan terus mempertahankan pria 31 tahun itu lebih lama lagi atau menggantinya dengan kiper yang baru.

Pasalnya performa De Gea kerap tidak konsisten. Di satu laga De Gea bisa tampil begitu hebat. Namun di pertandingan lain, eks pemain Atletico Madrid itu bisa membuat blunder fatal yang mengakibatkan MU kalah.

The Telegraph melaporkan MU ada kemungkinan akan bersedia membiarkan De Gea pergi dengan gratis di musim panas 2022. Dengan tak memperpanjang kontrak De Gea secara otomatis maka MU akan berhemat banyak dalam anggaran gaji pemain.

De Gea saat ini mendapat bayaran sangat besar yakni 350.000 poundsterling per pekan. Hanya megabintang Cristiano Ronaldo yang mendapat bayaran lebih mahal daripada De Gea di skuad Manchester United saat ini.

5 dari 6 halaman

Kiper Inggris

Gaya bermain De Gea juga kurang sesuai dengan keinginan pelatih MU Erik ten Hag. Arsitek asal Belanda itu menyukai kiper yang penuh kepercayaan diri saat bola berada di kakinya dan dapat ikut terlibat dalam permainan dari belakang. Sayangnya De Gea tidak terlalu bagus.

Nah untuk menggantikan De Gea, MU dan Ten Hag dilaporkan melirik sosok mengejutkan yakni kiper Everton Jordan Pickford. Pemuda Inggris itu telah menunjukkan mampu memainkan peran seperti yang diinginkan Ten Hag.

6 dari 6 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.