Sukses

Hasil Indonesia vs Curacao: Laga Panas, Tim Garuda Kembali Petik Kemenangan

Liputan6.com, Bogor - Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan atas Curacao pada FIFA Matchday. Tim Garuda berjaya 2-1 di Stadion Pakansari, Selasa (27/9/2022).

Ini adalah pertemuan kedua negara dalam hitungan hari. Sebelumnya Indonesia vs Curacao berlangsung di Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022). Ketika itu anak asuh Shin Tae-yong unggul 3-2 berkat gol Marc Klok, Fachruddin Aryanto, dan Dimas Drajad. Sedangkan gol Curacao dicetak Rangelo Janga dan Juninho Bacuna.

Pada duel jilid kedua, Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian starter dari laga sebelumnya. Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanto, dan Marc Klok menepi ke bangku cadangan. Sebagai gantinya hadir Syahrul Trisna Fadillah, Rizky Ridho, dan Saddil Ramdani.

Tidak butuh waktu lama untuk menunjukkan dampak perubahan tersebut. Dimas Drajad mencatatkan nama di papan skor pada menit ketiga.

Witan Sulaeman melepas tendangan jarak jauh yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Tyrick Bodak. Bola muntah kemudian disambar Dimas Drajad ke gawang kosong.

Setelah memimpin, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Kali ini giliran Saddil Ramdani yang mendapat peluang.

Tidak tinggal diam, Curacao yang bertengger di peringkat 84 FIFA baru meningkatkan tempo permainan pada 15 menit akhir babak pertama. Peluang didapat Rangelo Janga dan Giomar Nepomuceno. Namun, mereka urung menyamakan kedudukan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Curacao mengubah personel pada jeda. Salah satu pergantian terbukti efektif. Pemain pengganti Jeremy Antonisse mencetak gol pertamanya di pentas internasional pada menit ke-47.

Gol tercipta setelah lini belakang Indonesia gagal membuang bola dengan sempurna. Si kulit bundar dikuasai Juninho Bacuna yang langsung melepas umpan terobosan kepada Antonisse. Tinggal berhadapan dengan kiper, penggawa Jong PSV Eindhen itu menyepak bola ke tiang jauh untuk mencatatkan nama di papan skor.

Rachmat Irianto membalas dengan melakukan tendangan jarak jauh yang masih melebar. Tim Garuda terus meningkatkan intensitas serangan. Saddil memamerkan teknik sebelum menedang bola keras yang memaksa Bodak kerja keras.

Curacao membalas. Leandro Bacuna melepas dua tendangan jarak jauh, salah satunya memaksa Syahrul akrobatik. Tingginya tensi laga kemudian memaksa wasit mengusir Juninho yang mengoleksi dua kartu kuning di menit ke-80.

Unggul jumlah pemain, Indonesia berada di atas angin. Terbukti lewat gol Dendy Sulistyawan enam menit berselang. Dia dalam posisi bebas untuk menyambut umpan silang Witan.

Timnas lalu tampil tenang di sisa waktu demi memastikan kemenangan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Indonesia: Syahrul Trisna Fadillah; Elkan Baggott, Rizky Ridho, Rachmat Irianto; Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Yakob Sayuri; Egy Maulana Vikri, Dimas Drajad, Witan Sulaeman

Curacao: Tyrick Bodak; Justin Ogenia, Nathangelo Markelo, Rhu-Endly Cuco Martina; Juninho Bacuna, Leandro Bacuna, Rolieny Bonevacia, Shermaine Martina; Gevaro Nepomuceno, Kenji Gorre, Rangelo Janga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.