Sukses

Kenali Macam-Macam Teknik dalam Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis menjadi cabang olahraga yang banyak menyumbang kejuaraan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga yang paling banyak diminati di Indonesia salah satunya adalah bulu tangkis. Kalangan muda hingga tua mungkin pernah bermain bulu tangkis semasa hidupnya.

Bulu tangkis merupakan permainan bola kecil yang mudah dimainkan. Untuk memainkan permainan tepok bulu ini, pemain memerlukan tiga alat utama yaitu raket, net, dan kok.

Banyak digemari semua kalangan, cabang olahraga ini sudah kerap kali mengharumkan nama Indonesia. Tanah Air memang menjadi salah satu produsen utama atlet-atlet terbaik.

Anak vokalis Sheila on 7 Akhdiyat Duta Modjo bahkan mengikuti kejuaraan bulu tangkis Malaysia Junior International Series 2022 yang berlangsung 6-11 September 2022.

Dilansir melalui laman resmi PBSI, tercatat 14 perwakilan Indonesia yang berkesempatan berlaga di Malaysia Junior International Series 2022. Di antaranya, kedua anak vokalis Sheila on 7, yaitu Aishameglio Duta Chiara dan Bima Al Ayman Modjo.

Kesempatan yang dimiliki Aishameglio dan Bima tentu menjadi peluang bagi kamu yang ingin menggeluti bulu tangkis dengan serius.

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja teknik yang ada pada permainan bulu tangkis.

Terdapat teknik servis bulu tangkis yang perlu kamu kuasai, yaitu servis, lob, drive, dropshot, dan smash. Simak teknik yang perlu dikuasai di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Servis

Servis pada permainan bulu tangkis bertujuan untuk melambungkan kok sebagai permulaan. Pemain akan memukul kok ke arah sisi lawan.

Berikut merupakan macam-macam servis dalam permainan bulu tangkis:

Servis Panjang

Servis panjang umumnya dilakukan dengan cara memukul kok dari bawah yang diarahkan ke bagian belakang atas lapangan permainan lawan.

Servis Pendek

Servis pendek dilakukan dengan cara mengarahkan kok ke bagian depan lapangan lawan dan biasanya, servis ini dilakukan untuk permainan ganda.

Flick

Flick merupakan teknik servis yang dilakukan hampir sama seperti servis pendek, namun pada saat hampir menyentuh kok, pergelangan tangan segera dilecutkan sehingga laju kok menjadi kencang dan melambung ke bagian belakang daerah servis.

3 dari 4 halaman

Teknik Dasar Pukulan Bulu Tangkis

Lob

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VIII, pukulan lob dapat dilakukan dari bawah ataupun dari atas kepala. Pukulan ini sangat penting untuk menciptakan pola pertahanan maupun penyerangan. Pukulan lob dibagi menjadi dua, yakni lob serang dan lob penangkis.

Lob Serang

Lob serang terbagi menjadi dua macam, yakni dari atas dan dari bawah. Lob serang dari atas dilakukan dengan cara mengambil kok dari depan badan atas kepala, yang kemudian dilambungkan dengan cepat dan rendah.

Sedangkan, lob serang bawah dilakukan dengan cara mengambil kok dari bawah dan dilambungkan dari posisi agak rendah secara cepat.

Drive

Teknik dasar drive dilakukan guna menekan lawan atau memblokir kesempatan lawan untuk mendapatkan kok sehingga lawan tak mendapat kesempatan menyerang dengan pukulan overhead.

Dropshot

Pukulan dropshot dilakukan dengan tujuan menempatakan bola secara cepat dan berada tipis di net sisi lawan. Teknik dropshot dapat dilakukan dari bagian atas dan bawah.

Smash

Smash adalah pukulan yang dilakukan pemain dengan cepat dan sekeras-kerasnya ke arah bawah sisi lawan.

4 dari 4 halaman

Fasilitas Permainan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis memerlukan alat sebagai fasilitas pendukung dalam permainan. Pemain bulu tangkis memerlukan, raket, kok, net dan pakaian saat bermain bulu tangkis. Simak penjelasannya di bawah ini.

Raket

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VIII, Raket yang dimiliki pemain bulu tangkis harus berukuran panjang tak boleh melebihi 68 cm dan kepala raket mempunyai panjang yang tak lebih dari 23 cm.

Untuk permukaan raket yang dipasang senar, tidak diperbolehkan melebihi panjang 28 cm dan lebar 22 cm.

Kok

Shuttlecock atau yang disebut kok harus memiliki 16 lembar bulu yang ditancapkan pada dasar kok atau gabus yang dilapisi kain atau kulit. Kok memiliki berat berkisar diantara 4,74 gram-5,00 gram.

Net

Net atau jaring terbuat dari tali halus dan berwarna gelap dengan lubang berjarak 12-20 mm. Net memiliki panjang sesuai dengan lebar lapangan, yakni 6,10 m dan 76 cm dan bagian atas pita putih selebar 7,5 m.

Tinggi tiang net bulu tangkis adalah 155 cm dan bagian tengah net 1,524 m dari permukaan lantai.

Pakaian

Pakaian yang cocok untuk bermain bulu tangkis adalah baju lengan pendek dan celana pendek. Saat bermain bulu tangkis, pastikan pakaian yang kamu kenakan tidak panas dan gerah agar tidak menghambat pergerakan tubuhmu saat bermain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.