Sukses

BRI Liga 1: Arema FC Pilih Javier Roca sebagai Pelatih Baru, Kalahkan 2 Kandidat Lain

Arema FC menunjuk Javier Roca sebagai juru taktik anyar Singo Edan, Selasa (6/9/2022). Manajemen memilihnya setelah mempertimbangkan tiga kandidat.

Liputan6.com, Malang - Arema FC menunjuk Javier Roca sebagai juru taktik anyar Singo Edan, Selasa (6/9/2022). Manajemen memilihnya setelah mempertimbangkan tiga kandidat.

"Pilihan ada tiga, dari beberapa pilihan itu dan setelah berdiskusi dengan petinggi klub, termasuk presiden klub, akhirnya manajemen Arema FC menunjuk Javier Roca sebagai juru taktik selama kompetisi 2022/2023," kata manajer Arema FC Ali Rifki dalam jumpa pers.

Roca menggantikan pelatih sebelumnya asal Portugal, Eduardo Almeida, yang diistirahatkan. Arema FC merasa perlu melakukan penyegaran agar tim mengeluarkan kemampuan terbaik.

Singo Edan saat ini berada di urutan delapan klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023 dengan raihan 11 poin, tertinggal delapan angka dari pemuncak tabel Madura United.

Roca dipilih karena memiliki visi dan misi yang sesuai dengan keinginan manajemen Singo Edan. "Kenapa kita putuskan (dengan cepat), karena kondisi klub yang ditinggal pelatih itu biasanya kurang maksimal," katanya.

Ali menjelaskan, Roca berani menerima tantangan dari suporter Aremania yang meminta Singo Edan tampil sesuai karakter klub.

"Aremania menginginkan permainan yang namanya gaya Malangan, Roca menjawab ia siap, dan itu ada di jiwa dia. Dia menyatakan bisa mewujudkan itu," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Javier Roca

Saat ini manajemen Arema FC belum memikirkan opsi perpanjangan kontrak kepada Roca jika performa tim sesuai harapan. Namun, Roca memiliki sejumlah klausul pada ikatan kerja sama tersebut.

"Kita kontrak dulu selama 10 bulan. Dengan ada klausul tantangan dari kita, ketika ada hasil yang kurang baik secara tiga kali berturut-turut, out tanpa kompensasi," katanya.

Roca merasa bangga diberikan kepercayaan untuk menjadi pelatih Singo Edan. Ia berjanji akan menjawab tantangan yang diberikan oleh manajemen.

Ia mengetahui karakter Aremania yang menginginkan permainan cantik di lapangan hijau, dan bukan sekedar mengantongi kemenangan. Ia berharap para pendukung Aremania bisa memberikan dukungan penuh kepada dirinya dan tim.

"Saya ambil tantangan itu. Saya tahu bagi Aremania tidak hanya cukup memenangkan pertandingan, tapi harus menang dengan gaya Malangan. Apapun yang terjadi saya akan menjawab tantangan itu," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Istirahatkan Almeida

Arema FC sebelumnya membekukan Eduardo Almeida dari jabatan pelatih, Senin (5/9/2022). Manajemen Singo Edan mengambil keputusan setelah mengevaluasi kinerja sosok asal Portugal tersebut.

Manajer Arema FC Ali Rifki menyebut jajaran manajemen menyetujui langkah ini. “Keputusan ini resmi ditegaskan setelah semua jajaran pimpinan dan manajemen Arema FC mengevaluasi kinerja pelatih kepala,” kata Ali pada keterangan resmi.

Manajemen menyampaikan terima kasih atas dedikasi pelatih berusia 44 tahun itu yang mempersembahkan gelar pramusim Piala Presiden 2022.

Arema FC menunjuk Kuncoro sebagai caretaker atau pelatih sementara. Kuncoro dipromosikan setelah sebelumnya berstatus asisten pelatih.

“Sebagai pengganti Almeida, manajemen menunjuk Kuncoro sebagai caretaker untuk meng-handle tim bersama asisten coach yang lain,” katanya.

“Refresh ini penting agar tim kembali pada jalur target yang dicanangkan manajemen yakni setiap laga adalah final dan raih poin maksimal,” ujar Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.