Sukses

Esports: IFeLeague 1 2022 Diikuti Pemain Impor, Ada Mantan Barcelona dan Arsenal

Liga esports eFootball yang diikuti klub BRI Liga 1 ini kini bisa memakai pemain asing. Ada dua klub yang memakai eks pemain Barcelona dan Arsenal.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi esports sepak bola virtual Indonesian Football e-League atau IFeLeague 1 akan menggelar edisi ketiga mulai 3 September 2022. Ada terobosan baru yang diterapkan yakni klub peserta boleh memakai pemain esports asing.

IFeLeague 1 merupakan kompetisi esports game eFootball yang dulunya bernama Pro Evolution Soccer atau PES. Peserta IFeLeague 1 merupakan klub-klub yang mengikuti BRI Liga 1. Pada edisi ketiga ini, IFeLeague 1 kembali hanya diikuti 12 tim.

Klub-klub besar BRI Liga 1 ada yang absen mengikuti kompetisi esports eFootball ini seperti Persija Jakarta, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Tiga klub promosi BRI Liga 1 justru ikutan IFeLeague 1 yakni Dewa United, Rans Nusantara FC dan Persis Solo. Sembilan peserta lain adalah Bali United, Arema FC, Bhayangkara FC, PSS Sleman, Borneo FC, Persik Kediri, Persita Tangerang, PSM Makassar dan PSIS Semarang.

"IFeLeague 1 musim ini tetap akan diikuti 12 tim. Sebenarnya ada 14 tim, namun dua tim terlambat administrasi pendaftarannya," ujar CEO IFeLeague 1 Wiramahesa Putra Sutopo.

Di IFeLeague 1, ada dua pemain asing yang ikut serta yakni Guifera dari Brasil dan Yos Sonneveld (Belanda). Guifera memperkuat Rans, sedangkan Yos membela PSIS Semarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara Dunia

"Kami sebenarnya sudah ingin memakai pemain asing sejak musim lalu tapi terkendala Covdi-19 jadi baru bisa sekarang. Kami menyiapkan daftar pemain asing yang bisa ikutan. Klub-klub yang mau memakai tinggal memilih dari daftar tersebut," lanjut Sutopo.

Pemain asing yang ikut IFeLeague 1 bukan kacangan. Yos misalnya pernah memperkuat tim esports Arsenal di kejuaraan dunia eFootball garapan Konami. Sedangkan Guifera sebelumnya pernah bermain untuk tim esports Barcelona. Guifera juga juara eFootball Pro Championship bersama AS Monaco tahun ini.

Di musim ketiganya, IFeLeague 1 mendapat sponsor baru Nusapay dan Vidio. Pertandingan seru IFeLeague 1 bakal disiarkan oleh Vidio.

3 dari 3 halaman

Hadiah dan Format

IFeLeague 1 musim ini juga menggandeng Federasi Esports Indonesia (PB ESI). Oleh karena itu kompetisi musim ketiga akan mengalami sedikit perubahan mengikuti aturan federasi esports internasional (IESF).

Para pemain tidak lagi memakai patch yang berisi klub-klub Liga Indonesia. Mereka akan bertanding memakai mode Dream Team yang dikumpulkan oleh para pemain sendiri. Jadi nanti pemain yang dikendalikan adalah pemain legend atau pemain aktif luar negeri seperti Kylian Mbappe, Lionel Messi hingga Cristiano Ronaldo.

IFeLeague 1 edisi ketiga ini rencananya akan berlangsung selama 12 minggu dimana minggu terakhir merupakan Grand Final. Total hadiah kompetisi musim ini mencapai Rp 300 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.