Sukses

Sudah Pasrah, Pep Guardiola Izinkan Bernardo Silva Gabung Barcelona?

Manajer Manchester City Pep Guardiola menyebut Bernardo Silva merupakan pemain penting bagi skuad asuhannya. Kendati demikian, ia tak menutup pintu pada potensi kepindahan pesepak bola asal Portugal ke Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta - Juru taktik Manchester City Pep Guardiola mengisyaratkan dirinya tak bakal menghalangi Bernardo Silva jika sang pemain ingin bergabung dengan Barcelona dalam jendela transfer musim panas tahun ini.

Dilansir dari Daily Mail, Silva memang santer dikaitkan dengan kepindahan ke raksasa Catalan sepanjang bursa transfer. Sayangnya, krisis finansial yang dialami membuat Blaugrana kesulitan mengajukan tawaran kepada juara Liga Premier.

Adapun Silva saat ini masih memiliki tiga tahun tersisa dalam kontraknya bersama Manchester City. Ia disebut memainkan peran penting dalam skuad asuhan Guardiola. Kendati demikian, pelatih The Citizens nampaknya tak menutup pintu apabila pemain berusia 28 tahun itu berniat hengkang dari Etihad.

“Dia (Bernardo Silva) adalah pemain kami. Kami ingin dia ada bersama kami karena dia sangat penting. Meski begitu, saya tidak ingin ada pemain yang tidak bahagia (di Manchester City),” ujar Guardiola pasca laga persahabatan kontra Barcelona pada Kamis (25/8/2022), seperti dikutip dari Daily Mail.

“Saya tidak mau dia (Silva) pergi karena dia adalah sosok yang superlatif. Sebagai pesepak bola dan sebagai pribadi, dia adalah salah satu penggawa terbaik yang pernah saya miliki. Dalam kompetisi apapun, dia adalah pemain terbaik,” sambung juru taktik asal Spanyol.

Lebih lanjut, Guardiola tak menutup mata pada ketertarikan anak asuhnya terhadap Barcelona. Sang raksasa La Liga juga masih punya waktu untuk mencapai kesepakatan sebelum jendela transfer musim panas resmi ditutup.

Kendati demikian, eks pelatih Bayern Munchen menegaskan pihaknya kemungkinan harus berburu pemain lagi, jika Bernardo Silva benar-benar memutuskan untuk berpisah dengan The Citizens. Hal itu tak pelak menjadi PR berat buat Guardiola.

“Jika tawaran datang, masih ada tujuh hari tersisa (untuk menyelesaikannya), dan jika Bernardo pergi (dari Etihad), kami harus memasuki bursa transfer lagi dan hal itu tidak mudah,” ujarnya.

“Namun, Bernardo sangat menyukai Barcelona,” imbuh juru taktik berusia 51 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanggapan Xavi

Manajer Barcelona Xavi Hernadez juga sempat dimintai tanggapan soal keterkaitan Bernardo Silva dengan klub asuhannya. Pelatih yang pernah menangani Al Sadd itu mengungkap dirinya memang menaruh hati pada pemain internasional Portugal.

“Siapa yang tidak suka Bernardo Silva? Atau (Erling) Haaland, atau (Kevin) De Bruyne,” celetuk Xavi kepada awak media.

“Silva memiliki kemampuan mengambil keputusan yang hebat, dia melindungi bola dengan sangat baik, dia sangat bagus. Ini semua tergantung pada City, tetapi sekarang tidak ada berita (soal transfer Silva),” pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Jadi Pemain Kunci

Rumor kepindahan Silva ke Barcelona juga sempat memicu respons dari Sergio Aguero. Legenda yang pernah bermain untuk Manchester City dan Blaugrana itu menilai gelandang asal Portugal bakal langsung menjadi pemain kunci jika ia sukses didatangkan ke Barca.

“Kalau dia akhirnya bergabung dengan Barcelona, maka dia bakal menjadi pemain kunci dari pola permainan penguasaan bola Xavi,” kata Aguero, dilansir dari Marca.

“Bernardo adalah pemain hebat. Dia mampu membawa bola dengan baik dan berkorban. Ia juga punya kualitas untuk memberi assist serta mencetak gol. Dia bisa tampil di posisi berbeda,” sambung eks penggawa Timnas Argentina.

4 dari 5 halaman

Tak Yakin

Terlepas dari hal itu, Aguero tak yakin Bernardo Silva bakal benar-benar dilepas oleh Manchester City. Sebabnya, Silva merupakan pilar penting bagi The Citizens. Ia juga memiliki harga yang cukup mahal lantaran masih terikat kesepakatan hingga 2025.

“Saya akan kaget kalau City melepasnya (Bernardo Silva). Dia pemain yang bisa memberi banyak kontribusi di setiap musim. Akan tetapi segalanya masih mungkin,” pungkas Aguero terkait potensi transer Silva.

Sekadar informasi, Silva merupakan salah satu pemain favorit suporter di Etihad. Ia sanggup memainkan 253 pertandingan bersama Manchester City di semua kompetisi, serta mencetak 48 gol dan 50 assist bagi skuad asuhan Guardiola.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.